Cara Jogging Yang Benar [ www.BlogApaAja.com ]

Barangkali lari menjadi olahraga favorit Anda.Olaharaga termurah ini memberikan berbagai manfaat untuk untuk kesehatan. Tapi,berlari juga punya aturan sendiri. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami cederasewaktu melakukan dan selesai berolahraga.

Beberapa tips berlari yang benar dan perluAnda ketahui adalah:
  • Usahakan tubuh selalu tegak. Postur badanmembungkuk membuat beberapa bagian otot tubuh kurang aktif, seperti punggung,yang menimbulkan risiko cedera.
  • Sewaktu menapakkan kaki, sebaiknya bertumpupada tumit dan berlanjut ke arah jari kaki. Hindari menapakkan dengan seluruhtelapak kaki secara bersamaan. Sebab, hentakannya membuat gelombang kejut ketulang kering, lutut, dan punggung. Efeknya, anda bisa cedera.
  • Penuhi cairan tubuh Anda sebelum, selama, dansetelah berlari. Minumlah air dengan suhu kamar 30 menit sebelum melakukan lariagar otot tidak kram. Jika Anda berlari lebih dari 30 menit, mungkin perluuntuk mengonsumsi minuman berenergi. Dan, usahakan perut tidak kosong darimakanan sebelum lari.

  • Bernafaslah dengan hidung. Bernafas denganmulut membuat dehidrasi lebih cepat.
  • Sebaiknya beristirahat saat mengalami cedera.Kalau Anda merasakan nyeri otot di bagian tubuh mana pun, sebaiknya istirahatdan berhenti berlari agar cedera tidak makin parah.
  • Jangan sembarangan menggunakan sepatu untukberlari. Usahakan hanya mengenakan sepatu yang dirancang khusus untuk lari.Sebab, sepatu yang salah bisa mengakibatkan cedera lutut.
  • Pemanasan perlu Anda lakukan agar otot Andatidak terlalu kaget dengan perubahan gerakan yang ekstrim. Langkah berolahragalari bisa dengan pemanasan, diikuti peregangan, berlari, pendinginan, danperegangan lagi.
Berhentilah merokok. Rokok membuat kapasitasparu-paru menyerap oksigen berkurang. Kerja jantung dan paru-paru cukup beratkalau tetap merokok.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. terimaksih informasinya gan,,sangat bermanfaat sekali..

     

Posting Komentar