Insomnia bukan lagi menjadi istilah yang asing. banyak orang mengalami insomnia atau susuah tidur. walauoun badan sudah terasa lelah namun keinginan untuk tidur dan mengantuk masih saja tak datang. hal ini membuat kita merasa jengkel karena keesokan harinya kita tentu saja harus bekerja lagi dan kurang tidur. selain hal tersebut, hal ini juga mempengaruhi kesehatan kita. karena jika sering terlambat tidur maka kesehatan kulit serta kekurangan darah pasti akan menyerang berikut cara yang bisa anda ikuti jika ingin cepat tidur pada malam hari.

1. Mandi
Mandi sebelum tidur sangat baik untuk tidur Anda. Isi bak mandi dengan garam atau minyak lavender, hal ini bisa membuat otot-otot lebih rileks sehingga tidur bisa lebih lelap.

2. Hindari kafein
Minuman yang mengadung kafein, terutama jika dikonsumsi pada sore atau malam menjelang tidur sebaiknya dihindari. Kafein termasuk dalam stimulan yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan semangat.

3. Jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur
Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa. Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Anda relaks menjelang waktu tidur Anda. Itu akan sangat membantu agar Anda cepat tidur.

4. Olahraga di pagi hari.
Beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga di sore hari. Jika Anda termasuk dalam kelompok ini sebaiknya lakukan maksimal 3 jam sebelum tidur. Olahraga akan meningkatkan aliran darah sehingga membuat Anda sulit beristirahat. Bila memungkinkan, lakukan olahraga pada pagi hari.

5 . Membaca buku
Ambilah buku kesayangan Anda, dan bacalah. Buku membuat Anda berpikir tenang dan mempercepat proses agar Anda cepat tidur dengan nyenyak. Namun perlu diperhatikan juga pemilihan bukunya. Jangan membaca buku yang terlalu seru (buku tentang action atau detektif) sehingga membuat otak Anda berkerja yang menjadikan Anda susah tidur.

6. Mendengarkan musik.
Musik memang membuat tubuh lebih rileks, mamun katakan tidak untuk musik bergenre rock atau pun hiphop. Dengarkan musik pelan dan berirama ritmik yang akan membantu Anda tertidur.

7. Hindari tidur siang Agar lebih cepat tertidur di malam hari, hindari tidur siang.
Namun jika Anda merasa perlu tidur siang, tidurlah hanya untuk 15 menit. Tidur siang lebih lama dapat membuat lebih sulit terpejam di malam hari.

8. Gunakan aromaterapi
Gunakan aromaterapi untuk mengurangi stres dan membuat tubuh lebih rileks. Campurkan minyak lavender sebagai pewangi di kamar Anda atau pasanglah lilin aromatik untuk meningkatkan kualitas tidur.

9. Atur napas
Dengan menarik napas dalam dan mengaturnya, Anda dapat terbiasa dan sama dengan saat Anda telah tidur nyenyak.

10. Buang kecemasan
Cemas berlebihan pada sesuatu atau hal yang tidak bisa kita kontrol adalah hal yang percuma. Salah satu yang bisa membantu Anda mengurai pikiran yang kusut adalah menuliskan satu persatu berbagai hal yang membebani pikiran.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Ace Maxs Says:
  2. terima kasih telah berbagi

     
  3. Indrajit Says:
  4. terimakasih tipsnya gan , bisa membantu saya saat tidak bisa tidur cepat ..

     
  5. Unknown Says:
  6. Tq saya akan coba . Saya trmasuk penderita insomnia akut selama 8 tahun

     
  7. Unknown Says:
  8. Tq saya akan coba . Saya trmasuk penderita insomnia akut selama 8 tahun

     
  9. Unknown Says:
  10. Tq saya akan coba . Saya trmasuk penderita insomnia akut selama 8 tahun

     

Posting Komentar