http://4.bp.blogspot.com/_38O-0FfuZcE/TMhL-45p0YI/AAAAAAAAA4A/16wy2fWat0c/s1600/bau+mulut.jpg
Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Masalah yang kerap terjadi menjadi hambatan dalam pergaulan dan membuat minder.

Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya timbul halitosis atau bau mulut.


Bau mulut juga dapat disebabkan penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernapasan serta ginjal akut. Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak segar di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis karena karang gigi, dan periodontitis.


Sebenarnya bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan. Simak beberapa tips sederhana mencegah bau mulut selama puasa, seperti dikutip dari holisticcare-dentalclinic.


1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dan lidah secara benar. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut.


2. Periksa ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.


3. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.


4. Perbanyak konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.


5. Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.


6. Perbanyak konsumsi air putih minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Ini untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.


7. Asup makanan probiotik seperti yogurt yang memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.

Tips Berbuka Puasa Yang Benar
Tips Berbuka Puasa Yang Benar. Berbuka puasa bukanlah waktu untuk berbalas dendam. Balas dendam setelah seharian tidak makan, bukanlah sesuatu yang dibenarkan.

Karena itu marilah kita ketahui bagaimana sih tips berbuaka puasa yang benar sehingga saat kita pada waktu shalat tarawih, kita tidak memiliki kendala ntuk menjalankannya.


Agar tubuh Anda dan keluarga tetap fit dan sehat saat berpuasa, maka belajarlah cara buka puasa yang baik dan benar. Dengan demikian, puasa kali ini tidak akan terlewatkan karena sakit.

Ada sebagian orang telah melakukan kesalahan saat berbuka puasa. Rasa lapar karena puasa sering dilampiaskan saat berbuka puasa. Padahal berbuka puasa tidak boleh banyak dan tidak terlalu terburu-buru. Cara tersebut salah karena bisa membuat sistem pencernaan terganggu.

Berikut Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar:
  1. Makanan/Minuman manis Setelah selesai berdoa, awalilah dengan memakan atau meminum yang manis. Makanan yang mengandung gula sangat bermanfaat untuk meningkatkan tenaga dan juga mencegah asam lambung. Meskipun dianjurkan, konsumsi secukupnya saja agar makanan lain bisa masuk dalam perut.
  2. Jangan langsung minum air dingin (es) Berbuka dengan minuman yang dingin hanya akan membuat perut yang kosong menjadi kembung. Karena air dingin akan membuat asam lambung meningkat. Disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat.
  3. Istirahat sebentar Setelah meminum takjil (manisan), sebaiknya jangan langsung makan nasi atau yang lainnya. Perut butuh istirahat untuk menyesuaikan diri. Selama waktu istirahat, Anda bisa menjalankan shalat Maghrib terlebih dahulu barulah setelahnya makan nasi dan hidangan lainnya.
  4. Jangan makan terlalu banyak Meski perut terasa lapar, tetap berbukalah dengan cara perlahan dan tidak berlebihan. Makanlah makanan secukupnya agar tidak kekenyangan dan perut bisa lebih santai dalam mencerna makanan. Ini juga akan menghindari rasa kantuk saat shalat Isya. Jika lapar lagi, Anda bisa makan sehabis shalat Tarawih.
  5. Jangan tidur terlalu malam Setelah berbuka puasa dan shalat Tarawih, sebaiknya jangan tidur terlalu malam. Tubuh butuh waktu yang cukup untuk tidur. Apalagi pada dini hari nanti, Anda akan kembali bangun untuk makan sahur.
Itulah Tips cara berbuka puasa yang baik dan benar. Jika ingin tubuh tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan, maka ikutilah cara itu dengan baik. Makanlah secukupnya saat berbuka puasa agar saat menjalankan ibadah, tubuh tidak terasa mengantuk.

Inilah 10 Cara Menjadi Gemuk yang Sehat

Sebelum anda mencoba berbagai tips untuk menggemukkan berat badan anda, tapi anda tidak juga merasa gemuk, sebaiknya baca tulisan ini karena mengandung informasi lengkap tentang bagaimana menggemukkan badan secara sehat.

Mempertahankan berat badan tidak cukup hanya memperhatikan makanan berkalori semata, tapi perlu mencermati kegiatan sehari-hari dan kondisi kesehatan tubuh.

Berikut ini sejumlah kiat dari dr. Belinda Christina, dosen FK Unika Atma Jaya Jakarta, tentang cara sehat menjadi tidak kurus.



Bagaimana wanita yang bertubuh sexy itu sebetulnya? Ya, wanita yang tubuhnya sesuai dengan pola bertumbuhnya. Kita tahu bahwa setiap orang mewarisi pola dan bentuk tubuh dari garis keturunannya. Yang pinggulnya tidak lebar, dada tidak montok atau pinggang kurang ramping, yang berkesan kurang feminin, harus sama mensyukuri dengan yang dikaruniai pola dan bentuk tubuh ideal yang sepenuhnya feminin.

Bentuk tubuh ideal artinya berat harus sesuai dengan tinggi badannya agar tampak serasi dan seimbang. Berat badan ideal untuk mereka yang memiliki tinggi badan 160 cm, adalah 160-100 dan dikurangi lagi 10 persen, yaitu 54 kg. Jika kurang dari berat badan ideal itu, harus dinilai sebagai kurus. Apalagi jika kekurangannya lebih dari 20 persen berat badan idealnya.

Kurus sendiri ada yang sehat,
ada juga yang tergolong tak sehat. Kurus yang sehat berarti memang pola dan bentuk tubuhnya mewarisi sifat yang kurang feminin atau cenderung androgenic atau sedikit komponen gynicnya, atau dapat juga bersifat androgynic perpaduan antara yang feminin dengan yang maskulinnya.

Kurus tergolong tidak sehat jika pola dan bentuk tubuh yang diwarisi seseorang belum mencapai tingkat berat badan yang sesungguhnya bisa dicapainya. Namun karena sesuatu hal, berat badannya belum tercapai penuh. Untuk kasus kekurusan jenis inilah yang dapat diupayakan.


Bagaimana agar tidak tetap kurus dan mencapai berat badan yang seharusnya dapat diraihnya dengan beberapa cara yang sehat berikut ini.


1. MAKAN MEMADAI DAN TERATUR

Makanan merupakan sumber asupan kalori. Seseorang berpeluang mencapai berat badan idealnya jika makanannya memadai dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Rata-rata wanita bekerja membutuhkan 2.000-2.500 kalori setiap harinya. Jika dengan porsi makan selama ini ternyata berat badan terlalu kurus, mungkin porsi makan perlu ditambah.

Makanlah 3 kali sehari. Sarapan pagi penting agar tubuh tidak mengambil lemak cadangan tubuh di bawah kulit. Pilih menu yang cukup mengandung lemak. Kalau perlu boleh ditambah telur setiap pagi dan minum susu sedikitnya sebelum tidur malam. Mungkin juga perlu ekstra makan malam. Lebih banyak ngemil selama perut masih bisa diisi. Kemudian kurangi lagi setelah berat badan ideal tercapai dan pertahankan dengan pola dan susunan menu yang telah berhasil menjaga berat badan yang tetap.


2. MENJADI SEPERTI KUCING

Bagi yang kurang suka daging dan ikan harus belajar agar berubah tabiat seperti selera kucing. Karena tubuh tak cukup hanya dengan berpola makan seperti sapi yang bisa gemuk cukup hanya dengan makan dedaunan saja. Kalau perlu tingkatkan makan soto, sate, dan steak.

3. MAKANAN SELINGAN

Perlu diupayakan agar memperoleh makanan selingan di antara dua waktu. Sedikitnya, dua kali dalam sehari. Kita tahu, lambung mengosongkan diri dalam tiga jam, sehingga setiap 3 jam perlu diisi agar ada makanan yang bisa diserap kalorinya. Dengan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh inilah, tubuh berpeluang untuk menjadi tidak kurus. Pilih jenis makanan selingan yang manis-manis.

4. BIASAKAN TIDUR SIANG

Tidak semua wanita pekerja dimungkinkan untuk dapat kesempatan tidur siang. Jika memungkinkan, tidur siang sangat membantu. Selain relaksasi, tubuh memanfaatan kalorinya untuk disimpan menjadi lemak cadangan tubuh di bawah kulit yang membentuk kontur tubuh feminin itu. Sekurang-kurangnya memanfaatkan waktu istirahat siang dengan duduk berselonjor.

Sedapatnya tidak sampai begadang dan tidur malam sekurang-kurangnya 8 jam tanpa obat tidur atau cara lain. Jika ada gangguan tidur dadakan ,atasi segera.


5. KURANGI AKTIVITAS FISIK YANG TIDAK PERLU

Gerak badan tetap perlu. Namun tetap perlu membatasi kegiatan fisik berarti tubuh akan membakar lebih banyak kalori yang sebetulnya dapat disimpan menjadi lemak. Kalau tidak perlu mondar-mandir di dalam ruangan kantor atau di dalam rumah, ya, tidak usah dilakukan saja. Tatalah sedemikian rupa agar pemakaian kalori tubuh menjadi seefisien mungkin.

6. SEMBUHKAN PENYAKIT YANG BERAKIBAT KEKURUSAN

Kita tahu ada beberapa penyakit dan gangguan yang dapat membuat tubuh menjadi kurus. Antara lain, TBC, kelenjar gondok, kencing manis, anoreksia, gangguan penyerapan usus atau malabrorbsi, dan kanker.

Pada kasus demikian, kalori terbuang atau kemampuan makan berkurang. Tiada cara yang lebih jitu daripada menyembuhkan penyakit yang menyebabkan kurusnya seseorang. Termasuk baru sembuh dari penyakit berat, pasca-operasi, dan trauma kecelakaan.


7. SELESAIKAN MASALAH YANG ADA

Kebiasaan membiarkan masalah menggantung dapat mengganggu metabolisme tubuh. Keasaman lambung bertambah, selera makan berkurang, begitu pula dengan kurang tidur. Akibatnya, beberapa sistem dalam tubuh dapat terganggu karenanya. Memelihara masalah dapat beerlanjut menjadi penyakit atau gangguan tubuh lainnya yang menambah cepat proses kekurusan tubuh.

8. JAUHKAN HIDUP DARI STRES FISIK DAN PSIKIS BERLEBIHAN

Tidak semua stres bisa kita hindari. Tapi jenis stres yang berat, yang sudah mengganggu keseimbangan faali, tubuh harus kita jauhi. Kerja keras tanpa jeda dan membiarkan diri kita memikul beban kerja dan tanggung jawab yang melebihi kapasitas dan kompetensi, buruk akibatnya. Tubuh kekurangan asupan kalori dan kalori yang sudah sangat kurang ditunggangi pula oleh beratnya pikiran setiap hari.

9. CUKUP MINUM DAN KURANGI PENGELUARAN CAIRAN TUBUH YANG TAK PERLU

Berkeringat berlebihan mengurangi cairan tubuh, apalagi jika asupan minum kurang. Maka perlu tambahan ekstra minum setelah diare dan atasi gejala berkeringat yang berlebihan. Penguapan cairan tubuh dan pengeluaran keringat dapat dikurangi dengan menciptakan ruangan bekerja berudara sejuk. Air Condition (AC) mutlak perlu untuk tidak membuang percuma cairan tubuh.

10. MUNGKIN DIPERLUKAN VITAMIN DAN PERANGSANG NAFSU MAKAN

Vitamin tambahan
tidak berarti emnambah nafsu makan. Vitamin hanya memperlancar mesin tubuh agar optimal memanfaatkan zat makanan yang diterimanya. Namun bagi orang yang terganggu selera makannya, selain butuh vitamin, perlu juga obat perangsang nafsu makan. Tanpa bantuan ini asupan porsi makannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, alih-alih untuk bisa menjadikannya bertambah gemuk.


20 Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan

  1. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa the penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa ramadan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperanan bagi peningkatan kesehatan manusia.
  2. Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pebuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah rterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.
  3. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi. Saat puasa terjadi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.
  4. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya.
  5. Sedang di antara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.
  6. Termasuk manfaat puasa adalah mematahkan nafsu. Karena berlebihan, balk dalam makan maupun minum serta menggauli isteri, bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.
  7. Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
  8. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi pengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL. LDL merupakan model lipoprotein yang meberika pengaruh stumulatif bagi respon imunitas tubuh.
  9. Pada pelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan seragan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  10. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
  11. Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh ke dua testis.
  12. Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.
  13. Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihi sebelumnya.
  14. Bahkan seorang peneliti di Moskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk sizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi resiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi
  15. Pikiran kita yang melambat ketika lapar, ternyata menjadi lebih tajam. Secara instingtif, bukti ilmiah ini bisa diterima terkait dengan fakta bahwa dalam banyak hal, masalah lapar adalah masalah kelanjutan hidup. Jadi wajar saja, jika rasa lapar membuat pikiran semakin tajam dan kreatif. Sekelompok mahasiswa di University of Chicago diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai “remarkable”.
  16. Termasuk manfaat puasa adalah mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa, maka dia aman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. Karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjadikan puasa sebagai benteng untuk menghalangi nafsu syahwat nikah, sehingga beliau memerintah orang yang belum mampu menikah dengan berpuasa
  17. Seorang ilmuwan di bidang kejiwaan yang bernama Dr. Ehret menyatakan bahwa untuk hasil yang lebih dari sekedar manfaat fisik, yaitu agar mendapatkan manfaat mental dari aktivitas berpuasa, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari.
  18. Ilmuwan psikiater lainnya yaitu Dr. E.A. Moras, mengatakan bahwa seorang pasien wanitanya telah menderita sakit mental selama lebih dari delapan bulan. Wanita itu telah berobat kesana-kemari termasuk ke para ahli saraf dengan hasil kurang memuaskan. Ia memintanya untuk berpuasa. Wanita itu mengalami perbaikan kondisi mental, dan bahkan dinyatakan sembuh setelah berpuasa selama lima minggu. Di dalam otak kita, ada sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini.
  19. Sebuah tulisan penelitian yang dilakukan Dr. Ratey, seorang psikiaters dari Harvard, mengungkapkan bahwa pengaturan dan pembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak. Dr. Ratey melakukan penelitian terhadap mereka yang berpuasa dan memantau otak mereka dengan alat yang disebut “functional Magnetic Resonance Imaging” (fMRI). Hasil pemantauan itu menyimpulkan bahwa setiap individu obyek menunjukkan aktivitas “motor cortex” yang meningkat secara konsisten dan signifikan.
  20. Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama Mark Mattson, Ph.D., seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet yang tepat seperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson. Hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.

1. Jus Buah

Begitu banyak orang yang percaya bahwa jus buah sangat sehat, sehingga mereka menggantikan konsumsi buah utuh mereka dengan jus buah. Memang benar bahwa jus buah mengandung banyak vitamin, tetapi kebanyakan jus buah akan ditambahkan dengan gula ekstra, selain itu jus buah juga akan disaring sehingga bulir buah yang kaya akan serat akan terbuang dengan percuma. Padahal serat juga sangat penting bagi kelancaran proses pencernaan. Jadi saran saya kepada anda, mulai sekarang tinggalkan segala bentuk jus buah dan beralihlah mengkonsumsi buah utuh sebagai gantinya.
2. Kacang Tanah


Kacang-kacangan umumnya sehat. Sebagian besar mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan banyak lagi yang baik bagi tubuh anda. Namun kacang tanah bungkusan yang anda beli di supermarket mungkin tidak sebagus kacang jenis lainnya. Mayoritas kacang tanah kemasan dijual sebagai makanan ringan telah ditambahi dengan garam, dan sering melalui proses pemanggangan yang menyebabkan kacang tanah dilapisi dengan lemak yang tidak sehat. Agar anda tetap dapat mendapatkan manfaat dari konsumsi kacang tanah, sebaiknya anda hanya mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas. Atau jika anda benar-benar gemar mengkonsumsi kacang tanah, sebaiknya anda mengolah sendiri kacang tanah anda dengan cara direbus tanpa ditambahkan garam.

3. Kecap


Tidak seperti kebanyakan produk olahan kedelai lainnya, kecap tidak mengandung antioksidan yang dikenal sebagai isoflavon. Selain itu, kecap mengandung jumlah yang sangat tinggi akan garam. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa seringkali ada bahan kimia yang diketahui meningkatkan risiko kanker jenis tertentu, sering ditemukan dalam kecap. Bagi anda yang gemar berwisata kuliner, sebaiknya jangan sembarangan memakai kecap yang disediakan oleh penjual makanan. Pastikan kecap yang anda gunakan adalah kecap yang berkualitas dan telah memenuhi persyaratan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika perlu, bawa kecap anda sendiri ketika anda akan makan di luar.

4. Keju Olahan


Keju olahan (yang sebenarnya tidak memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai keju), mengandung garam dalam konsentrasi yang sangat tinggi. Beberapa sumber juga menunjukkan bahwa keju olahan rata-rata anda dapatkan pada burger cepat saji yang mengandung garam dalam jumlah tinggi juga sehingga anda dapat jauh melewati asupan garam harian yang direkomendasikan.

5. Diet Soda


Anda mungkin tahu bahwa soda adalah minuman yang tidak sehat, tapi mungkin anda akan ragu jika ditanya soal diet soda. Ada yang mengatakan bahwa diet soda lebih buruk dari soda biasa karena diet soda menggunakan pemanis buatan untuk menggantikan gula. Beberapa pemanis buatan, seperti Aspartam, telah diyakini meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa diet soda masih dapat memberikan kenaikan berat badan yang cukup besar. Karena diet soda sebenarnya dapat merangsang nafsu makan.

6. Saus Tomat


Meskipun mengandung antioksidan lycopene, saus tomat juga mengandung banyak gula (setinggi karbohidrat 26%, menurut Wikipedia), dan juga banyak garam. Sebagian besar saus tomat yang kita makan juga diproses secara non-organik, sehingga kadar lycopene jauh lebih rendah dari tomat yang digunakan.

7. Sup


Ketika anda makan sup, anda juga akan memakan atau meminum apapun yang anda tambahkan ke dalam sup seperti garam dan penyedap rasa. Garam sering diabaikan sebagai faktor risiko dalam makanan. Padahal garam sebenarnya adalah penyumbang utama penyakit jantung. Kelebihan garam yang dikonsumsi harus dikeluarkan dari tubuh, ginjal lah yang melakukan pekerjaan berat ini. Tekanan darah akan meningkatkan seiring banyaknya garam yang anda konsumsi, dan seperti kita ketahui, tekanan darah tinggi tidak baik untuk jantung anda.

10 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa

Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baliq. Tidaklah mudah menjalankan puasa untuk pertama kali, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya jika kita dapat mengajarkan puasa pada anak sejak dini. Berikut beberapa tips mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan.


1. Konsep Ramadhan
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah jelaskan padanya soal konsep Ramadan. Dengan memberikan penjelasan tersebut, mereka bisa merasakan semangat Ramadan. Anak-anak biasanya belajar dan memahami semangat Ramadan ini dari orangtua mereka, kakek dan nenek, kakak atau anggota keluarga lainnya yang lebih tua. Saat anak sudah menyadari pentingnya puasa, dia secara otomatis akan belajar menghargai dan siap menjalaninya.

2. Sabar

Sangat penting untuk Anda dan anggota keluarga lainnya tidak menunjukkan rasa lapar dan haus saat berpuasa di depan anak-anak. Tunjukkan pada anak kalau puasa itu harus dijalani dengan kesabaran dan tidak banyak mengeluh.

3. Puasa Bertahap

Untuk anak-anak yang baru menjalani puasa untuk pertamakalinya, Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa hingga pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya secara perlahan, anak akan bisa berpuasa hingga waktu yang lebih lama.

4. Semangat

Usahakan Anda tidak lupa untuk selalu memberinya semangat agar terus berpuasa. Misalnya saja dengan mengatakan, "Kamu pasti bisa, tinggal dua jam lagi." Mengajak anak menyiapkan makanan untuknya berbuka puasa juga bisa jadi salah satu untuk menyemangatinya.

5. Hadiah

Memberikan hadiah setelah ia bisa menjalankan puasa sesuai kesepakatan yang sudah dibuat Anda dengan anak, tidak ada salahnya dilakukan, sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya itu. Agar lebih termotivasi, Anda bisa menjanjikan memberikan hadiah tersebut saat Lebaran.

6. Sahur yang Bergizi

Anda harus memastikan anak, makan yang cukup saat sahur. Menu makanan sahur dibuat sesuai dengan kesukaan anak, tentunya dengan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup. Ini untuk merangsang anak agar mau makan sahur.

7. Menu Favorit

Buatkan anak menu kesukaannya untuk makanan sahur dan buka puasa. Tanyakan padanya apa yang dia ingin makan saat sahur dan buka.


8. Jauhkan Godaan
Jauhkan makanan-makanan yang bisa menggodanya, seperti cokelat atau es krim. Sembunyikan dulu makanan tersebut darinya. Usahakan juga agar anak tetap 'sibuk' selama puasa agar dia tidak terlalu ingat akan rasa lapar dan hausnya. Misalnya saja Anda bisa mengajak anak untuk membaca buku bersama, bermain game atau menonton film favoritnya.

Namun jangan juga mendorong anak melakukan permainan yang bisa membuatnya haus. Misalnya berlari-larian atau bermain di bawah terik matahari. Untuk anak-anak yang masih pemula, aktivitas tersebut bisa membuat mereka batal puasa.


9. Jangan Marah

Jika anak ternyata berbohong atau tidak kuat berpuasa sesuai kesepakatan yang sudah dibuat, jangan langsung memarahinya. Anak akan berbohong karena dia tidak mau mengecewakan orangtuanya.

10. Kompetisi

Strategi lainnya agar anak semangat berpuasa adalah dengan membuat kompetisi sehat antar anak. Cara ini efektif jika anak memang memiliki teman sepermainan (teman di rumah atau sepupu yang seumuran) yang juga berpuasa dan tarawih.