Jawa Pos Sisihkan Koran-Koran Besar Dunia Resmi Raih World Young Reader Newspaper of the Year 2011





PARIS – Harian Jawa Pos resmi menjadi peraih penghargaan tertinggi Newspaper of the Year, World Young Reader Prize 2011. Pengumuman resminya dirilis Asosiasi Penerbit Dunia, WAN-IFRA, di Paris, Prancis, Jumat malam lalu (19/8, Sabtu dini hari WIB).

Dalam pengumuman resmi itu, WAN-IFRA (World Association of Newspapers and News Publishers) menyebutkan daftar pemenang dalam berbagai kategori. Sejumlah harian paling kondang di dunia, seperti Yomiuri Shimbun (Jepang), Chicago Tribune, dan Wall Street Journal (Amerika Serikat), termasuk dalam barisan yang disisihkan Jawa Pos untuk meraih penghargaan tertinggi.

World Young Reader Prize 2011 merupakan penghargaan tahunan yang diselenggarakan WAN-IFRA, yang beranggota lebih dari 18 ribu penerbitan di 120 negara. Penghargaan diberikan dalam berbagai kategori, untuk menghargai inovasi-inovasi yang dilakukan koran dalam menggandeng pembaca muda.

Dalam ajang 2011 ini, Jawa Pos meraih Top Prize (penghargaan utama) untuk kategori Enduring Excellence (konsistensi dalam menghasilkan karya superior). Penghargaan diraih berkat program DetEksi, sebuah departemen dan halaman khusus anak muda yang aktif sejak Februari 2000.

Tim juri lantas menobatkan Jawa Pos sebagai pemenang secara keseluruhan, meraih gelar Newspaper of the Year. ’’Jawa Pos telah menunjukkan kerja luar biasa. Memiliki program yang substansial, yang dijalani bertahun-tahun, dan punya komitmen sukses dalam menggandeng anak muda, baik lewat halaman koran maupun kegiatan off-print,’’ begitu tulis pesan dari tim juri dalam rilis resmi WAN-IFRA.

Pesan itu sebelumnya disampaikan dalam pemberitahuan awal kepada Jawa Pos, akhir Juli lalu.

Lebih lanjut, juri menilai lembaran DetEksi –yang terbit setiap hari di Jawa Pos– sebagai sesuatu yang ’’lebih’’ dari sekadar halaman anak muda biasa. ’’DetEksi merupakan sebuah strategi komplet untuk menemukan, menggandeng, dan mempertahankan pembaca muda. Dan, yang paling penting, DetEksi berhasil melakukan semua itu,’’ tegas tim juri.

Menurut Dr Aralynn McMane, executive director Young Readership Development WAN-IFRA, Jawa Pos meraih kemenangan secara mutlak. ’’Terus terang, tim juri membuat keputusan dengan sangat mudah,’’ ungkap McMane, yang juga menjadi salah satu juri, bersama pakar-pakar pembaca muda dunia dan pemenang-pemenang terdahulu.

Para juri tahun ini, antara lain, Lynne Cahill (harian The West Australian, Australia); Altair Nobre (Zero Hora, Brazil); Wendy Tribaldos (La Prensa, Panama); Grzgorz Piechota (Gazeta Wyborcza, Polandia); dan Lisa Blakeway (EISH, Afrika Selatan).

Selain itu, ada Christopher K. Sopher, pendiri Younger Thinking dari Amerika Serikat; Cristiane Parente, executive newspaper in education coordinator untuk ANJ (Asosiasi Koran Brazil); serta Angela Ravazzolo dan Mariana Muller, dua spesialis anak muda dari koran Zero Hora Brazil.

Diskusi penentuan pemenang diselenggarakan di kantor pusat Zero Hora, pemenang ajang ini pada 2009, di Porto Alegre, Brazil. Tahun lalu, gelar Newspaper of the Year diraih harian Metro asal Polandia.

Dari daftar lengkap pemenang, Jawa Pos bukanlah satu-satunya koran asal Indonesia yang mendapat penghargaan. Harian Kompas ikut meraih Jury Commendations (pujian juri) di kategori Public Service.

Pengumuman resmi ini akan dilanjutkan dengan acara penyerahan penghargaan yang dilakukan di Wina, Austria, 12 Oktober mendatang. Yaitu, saat diselenggarakannya World Newspaper Congress dan World Editors Forum.

Azrul Ananda, direktur Jawa Pos, mengaku semakin senang setelah dirilisnya pengumuman resmi dari WAN-IFRA. Apalagi setelah mengetahui daftar pesaing yang ikut ajang ini berasal dari seluruh dunia.

’’Rasanya masih sulit memercayai kesuksesan ini. Sebuah koran dari Surabaya bersaing dengan koran-koran raksasa dunia seperti Yomiuri Shimbun koran Jepang yang tirasnya di atas sepuluh juta eksemplar dan Wall Street Journal. Penghargaan ini membuktikan bahwa siapa pun bisa meraih sukses tertinggi dengan kerja keras, inovasi, dan konsistensi,’’ ucapnya. ’’Semoga penghargaan ini bisa menyemangati koran-koran lain di Indonesia. Kalau Jawa Pos bisa, yang lain pasti juga bisa,’’ tegas Azrul. (iro)
sumber: jpnn.com

Indonesian paper takes top prize in 2011 young reader awards

The Jawa Pos newspaper of Indonesia has been awarded the 2011 World Young Reader Newspaper of the Year award in the annual competition organized by the World Association of Newspapers and News Publishing (WAN-IFRA).

Jawa Post also won top prize for enduring excellence in the awards, which are part of WAN-IFRA’s annual World Young Reader Prize competition honoring innovative newspapers that have devised the best project or activity to attract young readers.

“Jawa Pos has done an outstanding job with an enduring, substantial, successful commitment to engaging young people on and off the printed page,” the jury said. “Its daily three-page DetEksi effort is more than a standard newspaper youth section. It’s a complete strategy for finding, engaging, and retaining young readers. Most importantly, it has worked”


Support for the prizes comes from Norske Skog, the Norway-based global paper producer, as part of its partnership in WAN-IFRA’s Newspapers in Education Development Project.
• OTHER TOP WINNERS WERE :

BRAND – The Hindu (India) for “Aviva book wall” campaign

EDITORIAL – Wall Street Journal (USA) for its investigation into how companies secretly track children online

MAKING THE NEWS – Diário de Notícias & Jornal de Notícias (Portugal) for Media Lab journlaism learning center

NEWSPAPERS IN EDUCATION– Gazeta do Povo (Brazil) for research supporting “Read & Think (Ler e Pensar)”

NATASA PRIZE FOR PRINTING PLANTS – Sinag Publishing and Printing Services (Philippines) its journalism training seminars.

PUBLIC SERVICE – Glåmdalen (Norway) for its Politisk Pepper election project


THE JURY


Previous World Young Reader Prize winners on the jury included: Lynne Cahill of The West Australian (Australia), Altair Nobre of Zero Hora (Brazil), Wendy Tribaldos of La Prensa (Panama), Grzgorz Piechota of Gazeta Wyborcza (Poland) and Lisa Blakeway of EISH (South Africa). They were joined by Aralynn McMane, WAN-IFRA executive director of young readership development, and four guest judges: Christopher K. Sopher, founder of Younger Thinking (USA); Cristiane Parente, executive NIE coordiantor for ANJ, the Brazilian Newspaper Association, and two youth specialists from Zero Hora newspaper, Ângela Ravazzolo and Mariana Müller. Zero Hora hosted deliberations at its headquarters in Porto Alegre, Brazil. Vote totals discounted those of judges for entries from their own countries.
sumber: WAN IFRA
Spoiler for beberapa kontestan lainnya:

Spoiler for bapak dan anak:


Spoiler for ucapan sambutan dari para tokoh.01:

sumber: Harian Jawa Pos 24 agustus 2011

Spoiler for ucapan sambutan dari para tokoh.02:

sumber: Harian Jawa Pos 24 agustus 2011

1.Luvaglio
image Luvaglio


Spoiler for image Luvaglio:



Luvaglio pencipta barang barang mewah yang berdomisili di UK telah menciptakan laptop pertama bernilai jutaan dolar. Rincian lengkap tentang spesifikasi laptop belum dirilis pada saat ini, tetapi diketahui bahwa ia memasukkan 17 “lebar layar LED yang dirancang khusus anti-glare coating reflektif untuk gambar yang jelas dan terang. 128GB Solid State Disk dan slot loading Blue-Ray drive. Ada sebuah perangkat pembersih layar yang terintegrasi dan berlian berwarna sangat langka yang juga berfungsi sebagai tombol power ketika ditempatkan ke dalam laptop, dan juga bertindak sebagai identifikasi keamanan.


2.Orkin’s Rolltop
image Orkin’s Rolltop

Spoiler for image Orkin’s Rolltop:


Orkin’s Rolltop yang pasti akan menjadi salah satu item dalam daftar ‘must-have’ dari pencinta gadget. Bahkan jika itu hanyalah sebuah konsep pada titik penerbitan. Mengapa kita katakan demikian? “Notebook” ini hadir dengan layar LED yang fleksibel yang juga menangani multitouch bagi mereka yang tergila-gila dengan iPhone. Ketika sepenuhnya dibuka, Notebook ini akan menjadi sebuah 17 ” flatscreen. Tetapi juga dapat dilipat menjadi 13″ tablet jika diperlukan. Tidak tahu apakah notebook ini akan didukung fitur nirkabel atau tidak.


3.Thinkpad
image Thinkpad

Spoiler for image Thinkpad:


Ketika IBM menyerahkan semua divisi laptop mereka ke Lenovo, banyak takut bahwa desain Thinkpad klasik akan kehilangan arah, tetapi dengan desain peningkatan ini sebagian besar orang akan terkesan oleh konsep laptop ini.


4.Ergonomic
image Ergonomic

Spoiler for image Ergonomic:


Manis yang luar biasa dari laptop ini tidak hanya bahwa keyboard ‘terpecah’ untuk memberikan ruang lebih pengguna komputer untuk menyesuaikan tangan mereka, tetapi bahwa ia memiliki LCD kedua tersembunyi di bawahnya. Sebuah ide yang fantastis. Layar kedua bekerja dengan layar pertama – yang memberi pengguna fitur “drag and send” untuk membuka jendela atau program. dapat Bertindak secara independen sebagai input berbasis stylus untuk mencatat, membuat sketsa, dan hal-hal lain yang pengguna yaitu dapat lakukan untuk menulis ke dalam antarmuka. Hal ini membuat EDSSKN yang luar biasa tidak hanya bermanfaat bagi penulis dan pengolah kata, tapi seniman dan desainer juga


5. Girly Laptop
image GirlyLaptop
Spoiler for image GirlyLaptop:



Beberapa gadis menginginkan perhatian ekstra tidak hanya dari laki laki tetapi juga dari gadget dan bahkan laptop yang terlihat keren, seperti konsep HP ini dibuat khusus untuk perempuan. Setiap salah satu dari desain oleh Nikita Buyanov memiliki set sendiri yang spesifik yang akan memanjakan khusus dan mengakui bahwa seorang gadis mempunyai banyak keinginan bergaya; mereka terlihat berkelas, gaya, trendi dan bahkan menyediakan produktivitas tambahan untuk kepribadian Anda. Sayangnya, ini belum benar-benar diproduksi. Tetapi jika cukup banyak akan menunjukkan minat, mungkin tahun depan akan HP menyediakan model feminin yang berbeda pandangan yang dibuat hanya untuk wanita.


6.Dual screen
image DualScreen

Spoiler for image DualScreen:


Dual Touch Screen Laptop dari Canova ini adalah desain notebook yang sangat sangat kreatif. Fitur notebook ini adalah dual display dengan layar sentuh yang sensitif, buku gambar, musik skor, kertas grafik, pena elektronik dan perangkat keras khusus untuk kelancaran fungsi. Sayangnya, ini hanya dijual di Italia dan Australia.


7. Dj Laptop
image DjLaptop

Spoiler for image DjLaptop:



Fujitsu’s DJ Laptop, seperti yang disebut, memiliki layar LCD 20-inch utama dengan mudah dilipat tertutup untuk mengaktifkan fungsi turntable, yang dapat diakses melalui layar sentuh yang sensitif di bagian luar. Laptop ini memungkinkan Anda menelusuri semua trek favorit Anda sama seperti pada vinylturntable.


8.Emergency Button
image EmergencyButton

Spoiler for image EmergencyButton:


NEC telah bekerja sama dengan Takara untuk menciptakan laptop yang disetujui ilmuwan gila-mesin, yang dimana semua token stiker, label, dan bahkan wallpaper yang membuat perangkat ini sangat mirip dengan yang terlihat di laboratorium film Duke Nukem. Notebooknya adalah G-type L LaVie laptop, layar 15.4-inch. Mengapit di samping adalah tombol yang sangat diperlukan yaitu”Tombol Darurat”, yang akan men-shutdown mesin saat penyusupan yang tak terduga. Diluncurkan pada 2006, dibuat hanya 300 unit dan sangat rahasia. Type-no1 dibuat dengan biaya hingga ¥ 174.510 ($ 1.476).


9. Compenion
image Compenion

Spoiler for image Compenion:


Felix Schmidberger mendesain sebuah laptop untuk tahun 2015 dengan layar sentuh OLED. Komputer itu sendiri memiliki OLED touchscreen, di mana Anda dapat langsung mengoperasikannya. Sangat mirip dengan UMPC atau PDA. Seluruh layar adalah slider, karena dapat dipindahkan ke depan untuk membuka touchscreen OLED kedua di bawah, di mana Anda dapat memiliki keyboard atau bekerja kontrol, mirip dengan setup dengan 2 monitor. Ini jadi juara karena keportable-annya yang lebih daripada yang lain


1. Neutrinos

Neutrinos ini bermuatan listrik netral, partikel yang hampir tidak bermassa ini bisa melewati konduktor tanpa rintangan. Mungkin beberapa sudah melewati tubuhmu waktu kamu baca artikel ini. Partikel ‘hantu’ ini diproduksi di bagian dalam pembakaran bintang hidup seperti pada ledakan supernova pada bintang mati. Dan dideteksi oleh detektor yang diembed di bawah tanah, permukaan bawah laut, ataupun gumpalan es.

2. Galactic Canibalisme

Seperti si Sumanto, galaksi bisa loh ‘memakan’ galaksi lain dan berevolusi sepanjang waktu. Tetangga galaksi kita aja, si Andromeda tuh, sekarang lagi makan satelit-satelitnya. Lebih dari selusin kumpulan bintang berhamburan di Andromeda, kosmis tersisa sebagai makanan penutup. Gambar di atas dari simulasi Andromeda dan galaksi kita bertabrakan, meskipun itu bisa terjadi kira-kira 3 juta tahun lagi.

3. Quasar

Cahaya terang yang bersinar dari ujung alam semesta yang bisa kita lihat dan mengingatkan ilmuwan tentang kelahiran alam semesta. Quasar melepaskan energi lebih dari ratusan kombinasi galaksi. Kesepakatan umumnya, quasars adalah black hole yang besar sekali di jantung galaksi yang sangat jauh.

4. Mini Black Holes

Jika teori gravitasi radikal baru “braneworld” benar, maka serpihan yang berserakan di tata surya kita bisa jadi adalah black hole kecil, masing-masing seukuran inti atom. Tidak seperti saudaranya yang besar, ini adalah sisa Big bang dan memberi pengaruh ruang dan waktu secara berbeda karena asosiasi yang lebih dekat dengan dimensi kelima.

5. Gravity Wave

Adalah distorsi di struktur ruang dan waktu menurut teori relativitas umum Einstein. Gelombang ini dipancarkan dengan kecepatan cahaya, tapi sangat lemah sehingga ilmuwan berharap untuk mendeteksi hanya yang dicipatakan selama peristiwa kosmis yang kolosal, misal penggabungan black hole.

6. Exoplanets

Sampai kira kira tahun 1990-an, planet yang dikenal adalah planet yang ada di tata surya kita. Ahli astronomi telah mengidentifikasi lebih dari 190 ekstrasolar planet (juni 2006). Mereka memulai dari yang sangat besar yang massanya sebanding dengan bintang sampai ke yang kecil sekali sebesar batu. Pencarian bumi kedua sampai kini belum berhasil, tapi mereka percaya dengan teknologi yang lebih canggih pada akhirnya akan mengungkap dunia yang mirip dengan bumi kita.

7. Dark Mater

Ilmuwan berfikir inilah penyusun materi yang ada di alam semesta, tapi tidak bisa dilihat ataupun dideteksi menggunakan teknologi yang ada sekarang.

8. Cosmic Microwave Background

Dikenal dengan CMB, radiasi ini adalah sisa dari Big Bang. Pertama dideteksi 1960an sebagai noise yang muncul dari segala arah di luar agkasa. Dianggap sebagai bukti terbaik peristiwa Big Bang. Saat ini ukuran yang tepat dengan proyek WMAP menempatkan CMB temperatur pada -270 derajat Celsius.

9. Antimatter

Ini nih yang diributin di novelnya Dan Brown Angel Demon, seperti superman alter-ego, Bizzaro, partikel penyusun materi normal juga memiliki versi kebalikan. Misal, elektron memiliki aliran negatif, antimeternya, positron, aliran positif. Materi dan anti materi saling meniadakan saat mereka bertubrukan dan massanya diubah menjadi energi murni dengan persamaan Einstein E=mc2. Beberapa spacecraft di masa menatang didesign dengan engine anti-materi.

10. Vacuum Energy

Fisika quantum mengatakan bahwa bertentangan dengan tampilan, ruang hampa adalah bubbling brewnya partikel sub atom yang diciptakan dan dihancurkan secara konstan. Partikel yang melayang memberikan setiap sentimeter kubik ruang dengan energi tertentu yang menurut teori relativitas umum menghasilkan tenaga anti-gravitasi yang mendorong ruang untuk mengembang, Cuma yang sampai sekarang tidak bisa dijawab, darimana asal akselerasi kecepatan itu berasal.