Sering sakit perut, batuk, pilek, diare, bahkan pernah terkapar akibat tifoid? Coba cek, jangan-jangan Anda termasuk orang yang malas mencuci tangan dengan sabun.

Suka atau tidak, kuman penyebab penyakit ada di sekitar kita. Tanpa sadar, kuman-kuman itu berpindah dari benda-benda yang kita sentuh ke tangan. Kemudian, kuman-kuman itu masuk ke dalam tubuh ketika tangan yang terkontaminasi itu memegang makanan atau menyentuh mulut.

Penularan mikro organisme di lingkungan melalui tangan dapat terjadi dengan berbagai cara. Percikan dari udara serta kontak tangan dengan orang lain juga menyebabkan terjadinya pertukaran kuman atau virus.

Kuman penyakit dapat bertahan di tangan selama beberapa menit setelah kontaminasi terjadi

Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit.

"Kebiasaan cuci tangan mampu mengurangi konsentrasi kuman maupun virus pada telapak tangan," kata Profesor Umar Fahmi Ahmadi, staf pengajar pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dalam sebuah kesempatan.

Ia menjelaskan, kuman yang ada di tangan manusia terdiri dari dua jenis, yakni kuman yang memang hidup di situ (transenden), serta kuman yang diperoleh dari lingkungan (transien). Kuman penyakit dapat bertahan di tangan selama beberapa menit setelah kontaminasi terjadi. "Bila tangan dibasuh dengan air dan sabun, maka kuman yang tersisa hanya yang sifatnya tidak menimbulkan penyakit," katanya.

Penelitian menunjukkan mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah penyakit yang menyebabkan kematian jutaan anak setiap tahunnya, yakni diare dan infeksi saluran pernapasan akut. Dua penyakit ini dilaporkan membunuh 4 juta anak setiap tahun di negara-negara berkembang.

Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menyebutkan diare masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia. Angka morbiditas diare di Indonesia mencapai 423 per 1.000 penduduk. Di lain pihak Profil Kesehatan Indonesia 2008 menunjukkan prevalensi tifoid di Indonesia masih cukup tinggi, yaitu 1,6 persen atau sektiar 600 ribu - 1,5 juta kasus setiap tahunnya dan menempati urutan 15 dari penyakit yang menyebabkan kematian di Indonesia.

Pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang bermula dari faktor kebersihan tangan ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memperbaiki perilaku sehari-hari. Dengan memeliharan kebiasaan mencuci dan membersihkan tangan, kita dapat menghindari tertular kuman penyakit dari luar, sekaligus mencegah penularan dari diri kita kepada orang lain.

Cegah 10 penyakit
Cuci tangan telah terbukti mampu mencegah lebih dari 10 jenis penyakit fecal-oral (lewat tangan ke mulut), seperti kolera, tifus, infeksi saluran pernapasan, flu burung, cacingan, influenza, dan masih banyak lagi. Bila kegiatan mencuci tangan dengan sabun ini dibiasakan, kematian 1 juta anak bisa dicegah. Negara juga bisa menghemat Rp 33 miliar setiap tahun bila cuci tangan masyarakat dibiasakan.

Mencuci tangan dengan sabun sebenarnya termasuk dalam salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dicanangkan Kementrian Kesehatan sejak beberapa tahun silam. Namun, hingga saat ini tampaknya belum banyak masyarakat yang mempraktikkannya secara tepat dan benar.

Faktanya, masyarakat hanya mencuci tangan jika tangannya terlihat kotor. Mereka juga lebih suka mencuci tangan hanya dengan air. Sabun dipakai jika tangan berbau tidak enak, itu pun masih diakali dengan materi lain yang aromanya bisa menggantikan bau di tangan.

"Dalam jari-jari tangan yang terlihat bersih, sebenarnya terdapat ratusan telur cacing, kuman dan virus di area permukaan kulit tangan dan di sela-sela kuku," kata dr.Handrawan Nadesul, penulis beberapa buku kesehatan ini.

Selain air yang mengalir dan sabun, menurut Handrawan diperlukan pula sistematika dalam mencuci tangan agar tak ada bagian yang bebas kuman. Sejumlah bukti ilmiah juga membenarkan hanya cuci tangan yang benar yang mampu membatalkan penularan penyakit.

"Bersihkan seluruh bagian pergelangan tangan, punggung tangan serta di sela jari dan kuku dengan sabun selama 20 detik. Lalu basuh dengan air kemudian keringkan dengan tisu atau alat pengering lain yang bersih," paparnya.

Selain teknik mencuci tangan, menurut Handarawan yang tak kalah penting adalah waktu-waktu kritis mencuci tangan, yakni sebelum makan, sesudah ke toilet atau menceboki anak, serta sebelum menyentuh makanan. Praktik ini mampu menurunkan hampir separuh kasus diare dan seperempat ISPA.

Itu sebabnya pemerintah bersama dengan swasta berupaya menyebarkan kebiasaan sehat ini pada seluruh keluarga di Indonesia. Kemitraan untuk mensukseskan agenda tersebut setiap tahunnya diperingati dalam acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Lebih dari itu, semakin luas dan tumbuhnya budaya PHBS ini di masyarakat diharapkan akan turut mendukung upaya mewujudkan Indonesia lebih sehat yang bermuara pada pencapaian MDG's keempat, yaitu mengurangi angka kematian anak.



Presiden Pertama Indonesia banyak mempunyai kata-kata yang memotivasi dan membangkitkankan semangat saat melakukan pidato. Beberapa kata-kata adalah sebagai berikut.

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)

“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno)

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno)

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

“Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan” (Bung Karno)

“Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali “. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno)

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

“Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno)

“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

“Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)

“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

" Aku sangat mencintai keluargaku, Aku juga sangat mencintai rakyatku, Tapi seandainya aku harus memilih salah asatu diantara kedua itu, maka aku akan memilih rakyatku " (Bung Karno)

Ini dadaku, mana dadamu?
Kalau Malaysia mau konfrontasi ekonomi
Kita hadapi dengan konfrontasi ekonomi
Kalau Malaysia mau konfrontasi politik
Kita hadapi dengan konfrontasi politik
Kalau Malaysia mau konfrontasi militer
Kita hadapi dengan konfrontasi militer
(Bung Karno)

"Kalau kata-kata tidak dapat menyehatken jiwa yang keblinger, apa boleh buat; turunlah senjata berbicara dengan bahasa yang lebih kuat" (Bung Karno)

Siapa kekuatan yang mampu menghancurkan Israel? Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan: “Akan muncul dari Khurasan (Afghanistan) bendera-bendera hitam, maka tidak ada seorang pun yang mampu mencegahnya, sehingga bendera-bendera itu ditancapkan di Eliya (al-Quds)“. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Nu’aim bin Hammad). Kehancuran Israel berarti kiamat telah dekat, sehingga banyak orang mempertahankan eksistensi Negara Israel tersebut, namun janji Allah dan Rasul-Nya pasti akan terlaksana



“Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin memerangi bangsa Yahudi, sampai-sampai orang Yahudi berlindung di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon tadi akan berbicara; Wahai orang Islam, hai hamba Allah! di belakangku ada orang-orang Yahudi, kemarilah, bunuhlah dia, kecuali pohon Ghorqod, sebab ia itu sungguh pohonnya Yahudi”. (HR. Ahmad)

“Kalian akan memerangi orang-orang Yahudi sehingga seorang diantara mereka bersembunyi di balik batu. Maka batu itu berkata, “Wahai hamba Allah, inilah si Yahudi di belakangku, maka bunuhlah ia”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (2767), dan Muslim dalam Shahih-nya (2922)].

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Dalam hadits ini terdapat tanda-tanda dekatnya hari kiamat, berupa berbicaranya benda-benda mati, pohon, dan batu. Lahiriahnya hadits ini (menunjukkan) bahwa benda-benda itu berbicara secara hakikat”.[Fathul Bari (6/610)]. Wallahu a’lam.



orang yg membawa bendera hitam akan muncul dari timur Khurasan, benarkah mereka Thaliban dan Al-Qaeda ?
Kemunculan salah satu tandhim askari kaum militan fundamental di wilayah Khurasan (Afghanistan, Iraq dll) yang dikenal dengan Thaliban dan Al-Qaeda memunculkan pertanyaan, benarkah mereka adalah calon Ashhabu Rayati Suud yang dijanjikan? Pasalnya, kelompok ini adalah satu-satunya kaum militan muslim yang paling ditakuti oleh barat karena kehebatan tempur mereka, juga karena cita-cita mereka yang radikal; mendirikan negara Islam dari ujung Asia Tenggara hingga barat Maroko. Mereka adalah muslim fundamental yang paling kuat melaksanakan hukum Islam sebagaimana yang pernah berlaku di Madinah pada masa Rasulullah saw. Merekalah satu-satunya kelompok yang paling mendekati gambaran kehidupan Rasulullah saw dan para sahabatnya; beriman, hijrah, perang, mendirikan daulah Islam, melaksanakan semua kewajiban tanpa terkecuali, mendapat boikot dan kecaman internasional, mendapat ujian paling berat dan menyatakan keimanannya, dikepung oleh pasukan ahzab dan banyak lagi sejarah kehidupan generasi assabiqunal awwalun yang hari ini tergambar dalam realitas hidup mereka.

Beberapa analis pemerhati hadits-hadits fitnah menduga; bahwa merekalah yang lebih layak untuk menyandang gelar kehormatan itu sesuai dengan beratnya ujian keimanan yang mereka hadapi.

Dalm hal ini, terlepas dari tepat atau melesetnya dugaan-dugaan tersebut, ada hal lain yang lebih penting untuk dipahami oleh seorang muslim berkaitan dengan dua kelompok fundamental ini. Setiap muslim hendaknya berhati-hati untuk tidak menjatuhkan vonis tertentu pada kelompok-kelompok yang secara lahir memiliki stigma dan citra negatif dari musuh-musuh Islam –bahkan dari kalangan umat Islam sendiri- bahwa hal itu bukan berarti keadaan mereka adalah sebagaimana tuduhan itu. Merupakan sunnatullah bahwa musuh-musuh Islam dari bangsa barat memiliki dendam dan kebencian kepada setiap muslim yang memegang teguh agama mereka. Dalam hal ini, kelompok Thaliban dan Al-Qaeda yang sangat komitmen menegakkan semua bentuk syari’at Islam dalam masyarakatnya sangat wajar bila dibenci oleh bangsa Barat. Termasuk sebagian kaum muslimin yang termakan oleh isu dan propaganda bangsa barat tentang “kekejian dan kejahatan” Thaliban terhadap manusia.

Tanpa bermaksud memastikan apakah Thaliban merupakan termasuk kelompok Ashhabu Rayatis Suud, yang pasti bahwa memberikan tuduhan jahat dan keji yang belum tentu demikian kenyataannya merupakan kejahatan tersendiri. Sementara mendoakan mereka, mengharapkan mereka untuk membela umat Islam, mengusir musuh-musuh Islam dan menegakkan syari’at di muka bumi merupakan sikap yang baik.

Namun demikian – terlepas bahwa Thaliban dan Al-Qaeda memiliki ciri-ciri yang banyak keserupaannya dengan kelompok Ashabu Rayati Suud – yang jelas memastikan secara haqqul yakin bahwa mereka adalah Ashabu Rayati Suud termasuk sikap tergesa-gesa. Namun, mudah-mudahan tidak salah jika kita berharap, semoga mereka itulah kelompok yang dimaksudkan. Amiin.
Wallahu a’lam bish shawab.

[1]. HR. Muslim: Kitabul Imarah no. 3544 dan Tirmidzi: Kitabul Fitan no. 2155
[2]. HR. Muslim: Kitabul Imarah no. 3550.
[3]. HR. Abu Daud: Kitab al-Jihad no. 2125, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 1959.
[4]. Sunan Ibnu Majah, Kitabul Fitan Bab Khurujil Mahdi 2: 1467: Mustadrak Al-Hakim 4: 463-464. Dan dia berkata, “Ini adalah hadits shahih menurut syarat Syaikhain.” (An-Nihayah fit Firan 1:29 dengan tahqiq DR. Thana Zaini).
[5]. Pada situs Saudipolitics.com, 1 Januari 2004, Tony Khater, THE UNITED STATES AS UNWANTED BROKER IN ROYAL SECESSION; IT WANTS BANDAR BIN SULTAN AS CROWN PRINCE”

Peta Khurasan:



kalau dilihat di peta modern apakah benar Khurasan = Afghanistan ???

wallahu'alamu bishowab

cat.
Persia = Iran (sekarang)
Sijistan = Pakistan (sekarang)
Sindh = India (sekarang)


Berikut ini adalah daftar artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain:

1. Batik dari Jawa oleh Adidas
2. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
3. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
4. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia
5. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
6. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia
7. Sambal Bajak dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Belanda
8. Sambal Petai dari Riau oleh Oknum WN Belanda
9. Sambal Nanas dari Riau oleh Oknum WN Belanda
10. Tempe dari Jawa oleh Beberapa Perusahaan Asing
11. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
12. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
13. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
14. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia
15. Alat Musik Gamelan dari Jawa oleh Pemerintah Malaysia
16. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
17. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
18. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
19. Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
20. Kursi Taman Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Perancis
21. Pigura Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Inggris
22. Motif Batik Parang dari Yogyakarta oleh Pemerintah Malaysia
23. Desain Kerajinan Perak Desak Suwarti dari Bali oleh Oknum WN Amerika
24. Produk Berbahan Rempah-rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia oleh Shiseido Co Ltd
25. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia
26. Kopi Gayo dari Aceh oleh perusahaan multinasional (MNC) Belanda
27. Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan oleh perusahaan Jepang
28. Musik Indang Sungai Garinggiang dari Sumatera Barat oleh Malaysia
29. Kain Ulos oleh Malaysia
30. Alat Musik Angklung oleh Pemerintah Malaysia
31. Lagu Jali-Jali oleh Pemerintah Malaysia
32. Wayang Kulit oleh Malaysia
33. Keris oleh Malingsiya
34. Tari Pendet dari Bali oleh Pemerintah Malaysia.


http://1.bp.blogspot.com/_lWcwDAeo5wg/SCzrwhHwLqI/AAAAAAAAAAU/KVRXekSFrfM/s320/Bukit-Magnet1.JPG

FENOMENA alam tak kunjung habis di Madinah dan Mekah. Kini, Jabal (Gunung) Magnet menjadi fenomenal dan banyak dibicarakan jemaah umrah.Kelebihannya, mampu mendorong kendaraan dengan kecepatan 120 km per jam dengan posisi persneling netral.

Namanya memang tak setenar dengan tempat bersejarah lainnya yang ada di kota suci Medinah dan Mekah, seperti Jabal Uhud, Baqi’ Jabal Rahmah, dan lainnya. Tapi, belakangan ini, Jabal Magnet mengundang jemaah Arab maupun umrah untuk datang merasakan kelebihannya.

Seorang Wartawan mencoba menelusuri gunung ini dengan merental taksi. Tarif untuk ke tempat ini tergantung dari nego dengan sopir. Biasanya 100 hingga 400 riyal. Lokasinya memang cukup lumayan dari Kota Medinah, sekitar 40 km menuju arah Kota Tabuk. Jabal Magnet berada di luar daerah haram, sehingga bebas dikunjungi warga nonmuslim.

Jika dilihat secara kasat mata, sebetulnya tidak jauh beda dengan daerah lainnya, yakni berupa bukit-bukit batu gersang seperti yang banyak mengelilingi Kota Medinah. Hanya ketika kendaraan sampai di jalan raya di antara perbukitan tersebut, baru akan merasakan ada suatu keanehan.

Sebab jalan sepanjang sekitar 4 km di kawasan perbukitan ini diyakini memiliki daya dorong. Mobil akan berjalan dengan kecepatan tinggi menjauhi Jabal Magnet, meskipun persneling mobil dalam posisi netral.

Hal itu dirasakan penulis bersama dua jemaah lainnya, Nursan dan Rusli Rasyid. Saat taksi yang kami tumpangi menuju arah selatan, Jawahir, 42, sopir taksi asal Kerawang, Jawa Barat ini mengaku kendaraan menjadi sangat berat meskipun medan jalan tidak begitu menanjak.

Makin lama bahkan ia terpaksa memindahkan persneling mobil ke posisi satu, karena kesulitan bergerak hingga kecepatannya hanya 15 hingga 20 km per jam. Padahal, dengan kondisi jalan yang tidak terlalu menanjak, seharusnya dengan persneling dua, taksi masih kuat.

Dengan laju yang berat itu, Jawahir yakin ada pengaruh magnet yang menahan gerakan mobil. Sebaliknya, ketika mobil berbalik arah menuju Medinah, sopir yang sudah enam tahun tinggal di kota ini mengaku taksinya melaju dengan kecepatan tinggi, meskipun persneling dalam posisi netral. Kian lama kecepatan kendaraan makin tinggi. Bahkan, baru sekitar 3 km, kecepatan taksi ini sudah menunjukkan angka 120 km per jam.

Karena penasaran, penulis maupun Nursan, jemaah dari Maros itu bergantian menyetir kendaraan tersebut. “Ternyata benar, ini suatu keajaiban. Masa dalam posisi netral, kecepatan mobil bisa sampai 120 km per jam. Ini pasti ada daya dorong dari gunung tersebut,” tunjuk Nursan ke arah gunung di sekitar jalan tersebut.

Rusli Rasyid juga tak mau ketinggalan. Mantan pembalap drag race di Makassar ini, mengaku banyak tahu tentang kecepatan kendaraan. Saat mobil tersebut disetir ke arah Kota Tabuk, yaitu arah ke Jabal Magnt, dia hanya mampu menginjak gas sampai kecepatan 50 km per jam. “Ini saya injak sudah full, bunyi lagi di bagian bawah.

Berarti kita tidak bisa paksa,” ujarnya. Saat persneling dikembalikan ke posisi netral, perlahan-lahan mobil tersebut berhenti. Sebaliknya, saat Rusli mencoba ke arah Medinah dengan posisi persneling netral, jarum kilometer mobil malah memutar sampai ke titik 120 km per jam.

Memang medan jalan menuju Kota Medinah agak menurun, namun dengan kondisi demikian tidak wajar akselerasi mobil begitu cepat. Bahkan, sebetulnya laju kendaraan bisa lebih tinggi lagi, tapi Nursan maupun Rusli tidak berani lalu mengeremnya karena tidak mampu mengendalikannya.

Tidak ada batasan yang jelas, mulai dari mana jalan yang memiliki daya magnet itu. Tapi jika dirasakan, pengaruh magnet itu mulai bila kendaraan melaju dari bendungan air yang letaknya tak jauh dari putaran hingga bukit menjelang belokan ke Medinah. Setelah sekitar melaju lima km, kecepatan mobil mulai berkurang sedikit demi sedikit, padahal jalan masih menurun. Akhirnya, mobil memiliki kecepatan lambat saat berada di depan bendungan air.

Hal yang sama dirasakan ketika Koordinator Kopertis Wilayah IX Prof Aminuddin Salle yang juga menyambangi tempat ini. Ia mengaku membayar taksi sampai 400 riyal hanya karena penasaran ingin mengetahui tempat yang unik itu. “Saya hanya pernah dengar, makanya kesempatan ini saya manfaatkan untuk merasakan daya dorong dari gunung magnet itu. Ternyata betul. Subhanallah,” ujar Aminuddin Salle.

Belum diketahui secara jelas apa hubungan antara magnet dengan laju kendaraan. Sampai saat ini juga belum ada penelitian tentang daya dorong magnet itu oleh dari ahli. “Tidak ada penelitian. Ini juga sekadar informasi dari mulut ke mulut hingga banyak orang yang tertarik main ke sini,” cerita Jawahir.

Namun, dari sejumlah informasi yang berkembang di Medinah, menyebutkan, dulunya Jabal Magnet ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang Arab Baduy. Saat itu si Arab ini menghentikan mobilnya karena ingin buang air kecil. Namun karena sudah kebelet, ia mematikan mesin mobil, tapi tidak memasang rem tangan.

Ketika sedang enak-enaknya pipis, ia kaget bukan kepalang, mobilnya berjalan sendiri dan makin lama makin kencang. “Ia berusaha mengejar, tapi tentu saja tidak berhasil. Dan menurut kisahnya, mobilnya tersebut baru berhenti setelah melenceng ke tumpukan pasir di samping jalan,” ungkap Jawahir.





Lingkaran yang terdapat di dalam peta tersebut adalah garis melingkar yang ditarik dari puncak merapi dengan jarak:

Garis Merah : 5km
Garis Merah : 10km
Garis Kuning : 15km
Garis Biru : 20km


Menurut Anda, bagaimana sih cara mengatasi panas pada laptop.? Apakah cukup dengan memakai cooling pad saja? Ternyata masih banyak lagi cara yang lebih efektif! Apa saja tips jitu untuk mengatasi panas pada laptop kesayangan Anda?

1. Gunakan cooling pad
cara ini paling umum, tp pemakaian cooling pad kurang berpengaruh. cooling pad yg paling murah paling hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C

2. Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu
biasanya klo laptop udh lama dipake, maka debu akan numpuk di kipas & heatsink. debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar, jadi cpu ente akan spt di gurun pasir. hehe ..

3 Ganti thermal paste CPU
stelah bersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus. klo ente ganti thermal paste tp heatsink berdebu atau kipas tidak berjalan normal, gak bakal efek.

4. Suhu Ruangan
suhu ruangan sangat berpengaruh thd panas laptop. Bagusnya sih nyalain laptop di tengah antartica kali ya..wkwkwk. Nah, karena ane pake laptop di ruangan non-AC, jadi ane ga bisa terlalu banyak berharap dari sini.

5. Undervolting
Nah, cara yg ini langsung mengurangi panas di CPU sndiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan smua point di atas huehehehe

Apa sih Undervolt itu?? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock. Undervolting tidak sama dengan underclocking zzz

Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot2 menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.

Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). Tp klo udh dpt voltase stabilnya.

Yang terakhir, gunakan tools HWMonitor untuk memonitor tegangan dan suhu laptop


1. Gletser Mencair Lebih Cepat Dari Yang Diperkirakan
Ketika abad ke-21 dimulai, para ilmuwan yang mempelajari iklim bumi memprediksi bahwa Ice-Caps raksasa di Greenland dan Antartika akan mencair perlahan-lahan di sekitar pinggiran dan tertinggal di balik pemanasan global secara keseluruhan iklim.
Tapi dekade ini adalah dekade yang terpanas sepanjang catatan sejarah perikliman, membuktikan ada model iklim yang salah.
Gletser telah mencair lebih cepat dari yang diharapkan dan peneliti telah mencari tahu mengapa hal ini bisa terjadi.
The Uptick pencairan es belum terbatas pada Kutub Utara dan Antartika. Gletser Eropa sekarang dianggap memasuki masa dekade terakhir mereka.
Salju Kilimanjaro yang terkenal dan lintang rendah gunung bisa hilang sepenuhnya. Tebal laut es abadi di Arktik menghilang dengan cepat, yang kemungkinan akan membawa musim panas es bebas ke Samudra Arktik.
Ada konsekuensi global untuk pencairan ini. Air laut yang pasang akan membuat kota lebih dan pulau rentan terhadap bencana seperti banjir yang hampir menghancurkan New Orleans.Gunung gletser di seluruh dunia membawa air segar bermilyar-milyar liter. Dengan cara apapun Anda memikirkan masalah itu, Bumi dengan es kurang akan menjadi sebuah planet yang kurang ramah.


2. Genom Manusia Berhasil Dipetakan
Genom manusia melingkar di dalam setiap sel manusia duduk 23 molekul yang jika dibatalkan dan akhir ditempatkan ke ujung, akan terbentang sekitar tiga meter. Mereka merupakan molekul, yang lebih dikenal sebagai kromosom, berisi semua instruksi yang diperlukan untuk membangun seluruh bagian tubuh manusia.
Butuh waktu lebih dari 10 tahun dan kerjasama internasional ilmuwan untuk memetakan genom ini, tapi tahun 2000 melihat draft kasar genom manusia keseluruhan, diikuti dengan versi yang selesai pada tahun 2003.
The Human Genome Project yang didanai publik dan pesaing pribadi, Celera Genomics, merupakan salah satu upaya ilmiah terbesar dalam sejarah, salah satu yang terungkap dalam detail yang intim tentang apa sajakah yang membentuk manusia secara keseluruhan.
Dengan informasi dari peta genom individu, para ilmuwan dapat mengungkap petunjuk baru tentang segala sesuatu dari bau badan seseorang untuk penyakit mental.
Sejak decoding genom manusia, puluhan spesies lain memiliki genom mereka sequencing, termasuk babi, anjing, lebah, nyamuk, ikan kembung, simpanse, ragi, jagung, dan beras. Dengan ditemukannya pemetaan ini, para ilmuwan dapat dan akan menemukan cara baru untuk menyembuhkan penyakit atau meningkatkan hasil panen.


3. Permukaan Mars Memberikan Tanda Air
Pada tahun 2008, astronot NASA, Mars Phoenix mendarat di Planet Merah (Mars) untuk mengkonfirmasi keberadaan air dan mencari tanda-tanda senyawa organik.

Delapan tahun sebelumnya, Mars Global Surveyor melihat apa yang tampak seperti selokan diukir ke samping dengan mengalirkan air. Baru-baru ini, Mars Exploration Rovers telah menemukan mineral yang juga menunjukkan keberadaan air kuno. Tetapi bukti air modern itu sulit dipahami.
Kemudian Phoenix, mendarat di tanah dekat Kutub Utara, dan melakukan beberapa penggalian untuk sampel yang akan digunakan untuk menganalisis. Selama menggali, kamera onboard melihat serbuk putih di tanah yang baru digali. Dalam gambar terlihat perbandingan pada saat ditemukan dengan keesokan harinya, bubuk perlahan-lahan lenyap. Setelah analisis secara intens, bubuk putih dipastikan sebagai es air.
Penemuan ini tidak hanya mengkonfirmasi keberadaan air di Planet Merah, dengan harapan bahwa beberapa jenis kehidupan mikroba mungkin menggunakan pasokan air untuk bertahan hidup.


4. Sel induk Ditemukan di Sumber Baru
Pada tahun 2001, Presiden George W. Bush memotong dana federal untuk ilmuwan yang bekerja dengan sel batang embrio – ditemukan di sebuah bola, kecil berongga dari sekitar 70-100 sel manusia yang bisa menjadi apa pun dalam tubuh manusia – karena masalah etika.
sel batang embrio adalah salah satu kemajuan medis yang paling menjanjikan di tahun itu, dengan potensi untuk menyembuhkan penyakit dari diabetes untuk kanker kelainan genetik, dan banyak lagi.
Pada tahun 2007, para ilmuwan dari Kyoto University dan University of Wisconsin-Madison, bekerja terpisah, pada dasarnya berbalik jam untuk sel-sel kulit orang dewasa, yang memungkinkan sel-sel matang, yang diprogram untuk menjadi kulit, untuk bertindak seperti sel-sel batang embrio. Sel-sel dewasa menjadi sel pluripoten, atau sel yang bisa berakhir menjadi hampir semua jenis lain dari sel.
Sel-sel dewasa pluripoten menyelesaikan dua masalah besar. keprihatinan etis dan pembatasan keuangan dapat dihindari, dan dokter akhirnya bisa menggunakan sel-sel dengan DNA sendiri seseorang untuk tumbuh organ pengganti yang pasien akan kecil kemungkinannya untuk menolak.


5.Manusia Bergabung Dengan Mesin (Cyborg)
Cyborg menjadi kenyataan. Dalam dekade terakhir, banyak kemajuan telah dibuat dengan orang mengendalikan kaki robot dan komputer dengan pikiran mereka.
Pada tahun 2000, para peneliti di Duke University Medical Center menanam elektroda di otak monyet dan kemudian melatih mereka untuk meraih makanan menggunakan lengan robot. Seperti neurochip bisa satu hari mengembalikan fungsi motorik pada pasien lumpuh.
Sebuah tim dari MIT Media Lab Eropa mengembangkan metode non-invasif untuk mengangkat gelombang otak dan pada tahun 2004, digunakan sinyal yang untuk pertama kalinya untuk mengontrol gerakan karakter permainan video.
Anggota badan Robotic dioperasikan dengan sinyal saraf debutnya pada tahun 2001 di Institut Rehabilitasi Chicago. Di sana, Jesse Sullivan, sebuah diamputasi ganda, menggunakan metode untuk mengontrol kedua lengan robot-nya.

Dan pada tahun 2009, diamputasi Pierpaolo Petruzziello belajar untuk mengendalikan tangan biomekanis terhubung ke saraf tangannya dengan kabel adil dan elektroda. Petruzziello menjadi orang pertama yang membuat gerakan kompleks – jari menggeliat, tinju, menyambar benda – dengan anggota badan robot, dengan hanya menggunakan pikirannya.


6. Planet Alien Dapat Dilihat Secara Langsung
Planet-planet asing pertama – disebut exoplanets – sedang terdeteksi pada awal 1990-an, tetapi tidak secara langsung. Pada tahun 2000, astronom mendeteksi segenggam dengan mencari bintang “goyangan,” atau peredupan sedikit bintang sebagai planet ekstrasurya lewat di depannya. Hari ini kita telah mengetahui sekitar 400 exoplanets.
Pada tahun 2008, para astronom menggunakan Teleskop luar angkasa Hubble dan Keck inframerah dan observatorium Gemini di Hawaii mengumumkan bahwa mereka telah “melihat” exoplanets mengorbit bintang-bintang jauh. Kedua observatorium telah mengambil gambar dari dunia asing.
Pengamatan Keck adalah deteksi inframerah dari tiga exoplanets mengorbit bintang HR8799 disebut, 150 tahun cahaya dari Bumi. Hubble melihat satu planet besar mengorbit bintang Fomalhaut, 25 tahun cahaya dari Bumi.
Penemuan ini menimbulkan pertanyaan mendalam: Berapa lama harus menunggu hingga kita melihat sebuah dunia mirip Bumi dengan peradaban luar angkasa melihat kembali pada kita?


7. Nenek Moyang Simpanse Terbaru Telah Ditemukan
Pada tahun 2002, para peneliti di Chad utara menggali 6 – untuk tengkorak 7-juta-tahun berusia Sahelanthropus tchadensis – dikenal sebagai Toumai. Hanya tulang tengkorak telah ditemukan, sehingga tidak dikonfirmasi apakah Toumai berjalan tegak dengan dua kaki. Tapi Toumai lain tetap membuat kasus yang kuat bahwa hal itu sangat meluas garis keturunan keluarga manusia.
Kemudian datang Ardi. Pada tahun 2009, kerangka yang hampir lengkap dari ramidus Ardipithecus, alias “Ardi,” di Ethiopia timur laut menabrak “Lucy” terkenal sebagai kerangka, awal paling lengkap dari sebuah nenek moyang manusia yang pernah ditemukan.
The Ardi 4.4-juta-tahun bisa berjalan dengan dua kaki, tetapi juga pohon pemanjat-terampil. Giginya membuat ia mampu memakan berbagai jenis makanan. Dan ilmuwan berteori bahwa pria dan wanita mungkin telah berpasangan saat ini, secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup, karena perempuan bisa meningkatkan orangtua mereka sementara laki-laki menyediakan makanan.
Jika studi terbukti benar, Ardi menandai terdekat kita datang untuk menemukan nenek moyang terakhir dari simpanse.


8. Eksistensi Benda Gelap Dibuktikan Keberadaannya
Pada musim panas tahun 2006, para astronom membuat pengumuman yang membantu manusia memahami kosmos sedikit lebih baik: Mereka memiliki bukti langsung mengkonfirmasi keberadaan materi gelap – walaupun mereka masih tidak dapat mengatakan apa sebenarnya barang tersebut.
Bukti belum pernah terjadi sebelumnya berasal dari inti gas dan bintang melemparkan ke atas sehingga menghancurkan antara dua kelompok besar galaksi di Cluster Bullet.
Sampai saat itu, keberadaan materi gelap itu disimpulkan oleh fakta bahwa galaksi hanya memiliki seperlima dari hal yang terlihat yang diperlukan untuk menciptakan gravitasi yang membuat mereka utuh. Jadi sisanya harus terlihat oleh teleskop: Itu hal gaib adalah “gelap.”

Pengamatan dari Bullet Cluster, secara resmi dikenal sebagai cluster galaksi 1E0657-56, tidak menjelaskan apa materi gelap. Mereka itu, bagaimanapun, memberi petunjuk peneliti bahwa partikel materi gelap bertindak dengan cara tertentu, yang penelitian masa depan dapat membangun.


9. Jaringan Dug Dari Tulang T-Rex
Pada tahun 2005, Maria Higby Schweitzer dan rekan-rekannya dilaporkan dalam Ilmu penemuan apa yang tampak seperti jaringan lunak – pembuluh darah, sel-sel matriks dan tulang – tulang paha fosil di dalam daging seekor T-Rex kecil.
Sejak itu, tulang T-Rex telah mengungkapkan asam amino yang mirip dengan ayam modern, peternakan yang berhubungan antara dinosaurus dan burung.
Penemuan Schweitzer berasal dalam satu dekade mendapatkan petunjuk yang menakjubkan lainnya tentang bagian-bagian lunak dinosaurus.
Pada tahun 2004, salah satu dari beberapa mumi dinosaurus yang pernah ditemukan – sebuah menakjubkan terpelihara hadrosaur 66-juta-tahun dengan utuh, kulit kebanyakan mineralisasi – digali dari sebuah peternakan di North Dakota.
Kemudian, pada bulan Juni 2009, peneliti mengumumkan mereka telah molekul terisolasi yang berhubungan dengan jaringan kulit lunak dari hadrosaur itu.


10. Pluto Eris Rocks Yang Berukuran Sebesar Tata Surya
Pada bulan Januari 2005, Mike Brown dan timnya di Observatorium Palomar, California menemukan 136199 Eris, sebuah badan kecil yang 27 persen lebih besar dari Pluto. Pluto Eris telah hadir dan menjadi badan 9 terbesar diketahui mengorbit matahari.
Pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) memutuskan bahwa kemungkinan menemukan mayat berbatu lebih kecil di luar tata surya begitu tinggi bahwa definisi “planet” perlu dipertimbangkan kembali. Hasil akhir: Pluto telah direklasifikasi sebagai planet kerdil. Pluto mengakuisisi “penanda planet minor” di depan namanya: “134340 Pluto.”
2005 penemuan Mike Brown dari Eris adalah pemicu yang mengubah wajah tata surya kita, mendefinisikan planet Pluto dan menambahkan sebuah keluarga yang berkembang planet kerdil.



Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya dia berbisnis. Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang Pintar. Walhasil Bosnya orang pintar adalah orang bodoh.
Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah. Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.
Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mendapatkan kerja.
Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.
Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato, maka dia suruh orang pintar untuk membuatnya.
Orang Bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH). oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.
Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan, sementara itu orang pintar percaya. Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh. Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.
Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu di dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar, walhasil orang orang pintar menjadi staffnya orang bodoh.
Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit. Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

Modifikasi Taxi tertinggi, dengan body model paling umum

Perlu mendapatkan melintasi kota benar-benar cepat? Maka ini adalah taksi yang sempurna untuk Anda. Sebuah Lamborghini Murcielago dengan mesin 6,5 liter di bawah tenda, mengeluarkan 633 bhp sehingga Anda dapat pergi dari 0 hingga 60 mph dalam 3,4 detik untuk berhenti di lampu merah.

Porsche Cayenne - taksi di Moskow.

Ini terlihat seperti taksi gangster

Lihatlah ini olahraga Enzo Ferrari, desain taksi baru Arab. The hypercar $ 850,000 terlihat di Muscat, Oman, dan juga tampaknya telah dihitamkan-out lampu belakang. catatan: menurut Ferrarichat.com, ini photoshopped, tapi cukup keren juga.


Taksi Yang besar, pintu bisa dipertukarkan disemprot bawah. Sebuah ramp-in dibangun memungkinkan kursi roda atau skuter roll langsung masuk.
Taksi standard memiliki mesin pembakaran internal yang dapat dikonversi untuk berjalan pada gas alam dan memegang tangki extralarge dalam bagasi, sehingga driver tidak perlu membuang waktu mengisi selama shift mereka.

Bagai Mana dengan taksi yang ini?

Hybrid Technologies menunjukkan dari konsep L-PT Cruiser Yellow Cab. L singkatan lithium, seperti dalam paket baterai lithium ion yang akan memberikan mobil kisaran 120 mil dan kecepatan tertinggi 80 mph.

Coco taksi, taksi tiga roda ini digunakan di Havana Kuba. Tidak lengkap rasanya jika anda ke kuba tidak menggunakan taxi tiga roda ini.

Menendang - Kicking!

Hubungan menendang dengan menambah tinggi yaitu… Menendang membantu pertumbuhan pada tulang kering pada kaki dan tulang paha. Mungkin dari semua latihan, menendang adalah yang paling melelahkan yang dapat menambah tinggi badan anda.

Tahu van Damme atau Bruce Lee?

Jika anda memperhatikan kakinya dengan seksama… mungkin seksama yang paling seksama…. mereka mempunyai kaki yang panjangnya melebihi dari biasanya. Mengapa?

Itu disebabkan mereka menendang lebih banyak… . Ada lagi… kalau anda perhatikan juga pada kick boxer di Thailand, anda akan mendapati mereka mempunyai kaki yang sangat panjang. Hampir semua kick boxer mempunyai kaki yang lebih panjang satu atau dua inchi dari biasanya (1 inchi = 2,54 cm jadi hampir 5 cm). Bagaimana melakukan menendang?

Kicking dilakukan seperti biasa, namun untuk menambah tinggi, kicking dilakukan dengan tidak melawan arah gravitasi bumi. Menendang ke arah bawah disarankan.

Tips:

Cari tempat yang stabil atau datar. Atau di anak tangga, sehingga terdapat ketinggian berbeda untuk menendang ke arah bawah.

Cari pegangan atau pilar atau tiang/kolom sebagai pegangan saat menendang dengan berdiri. Mungkin juga anda membutuhkan kantong untuk ditendangi (kicking bag). Tapi ini tidak harus kok. Tempat yang sirkulasi udaranya bagus.

Lakukan pemanasan 15-20 menit untuk mempersiapkan kaki anda dengan mengangkat kaki selama 5 menit. Pemanasan ini akan mengendurkan otot kaki anda.

Setelah merasa cukup ‘panas’, mulailah rutinitas berikut:

Tiap hari anda harus menendang sebanyak 1000 kali untuk tiap-tiap kaki. Jadi 1000 kali untuk kaki kanan dan 1000 kali juga untuk kaki kiri (saran sebenarnya 2000 kali untuk tiap kaki). Adil kan? Sisakan waktu setengah jam (30 menit) untuk latihan di pagi hari dan setengah jam juga untuk di malam hari. Disarankan melakukan 10 repetisi pada kaki kanan dan disusul 10 repetisi pada kaki kiri, setelah itu istirahat selama 30 detik setiap 100 tendangan.

Jadi polanya: 10 kanan-10 kiri-10 kanan-10 kiri dst sampai 2000 kali.

Anda akan secara mudah melakukan kertakan cepat dan pertahankan untuk menjaga kaki anda di atas lantai. Jangan hanya menggerakkan tulang kering anda saja….. namun saat menendang, biarkan kaki bawah anda bergerak dan cobalah untuk ‘memperpanjang’ tulang paha anda. Rasakanlah seolah-olah kaki anda bertambah panjang. Alasan yang menyebabkan agar anda memanjangkan tulang paha adalah 1000 tendangan akan mengakibatkan stress yang luar biasa pada sendi di kaki…. kita tidak mau itu terjadi.

Mengapa harus menendang?

Nah, inilah point pentingnya. Menendang akan menghasilkan microfracture (retak mikro) pada tulang. Namun, upaya tubuh untuk selalu memperbaiki sel yang rusak selalu terjadi. Dan inilah yang terjadi! Tubuh anda berusaha untuk memperbaiki tulang yang retak, tetapi sangat kecil (=mikro). Tubuh melakukan pengisian tulang pada tulang yang retak tersebut dan akhirnya adalah penambahan panjang tulang yang permanen. Tetapi dengan syarat dilakukan dengan ketentuan tadi.

Dan pada akhirnya akan menghasilkan penambahan tinggi badan yang permanen. Latihan lanjutan untuk menendang dapat anda temukan di “How To Grow Taller (excersise) Journal.” Dengan pembahasan lebih mendalam dan gerakan-gerakan menendang tertentu yang sesuai dengan prinsip-prinsip Dr. Wollf.


Meraih Atap

Meraih atap merupakan salah satu jenis stretching yang dilakukan untuk menambah tinggi melalui tulang belakang. Stretching biasanya memang untuk tulang belakang dan menendang ditujukan untuk menambah tinggi melalui tungkai/kaki.

Bagaimana melakukannya?

Angkatlah kedua tangan anda ke atas. Lebih baik berdiri di dekat tembok atau kalau anda bisa juga tidak di dekat tembok. Cobalah meraih atap setinggi-tingginya… jari tangan anda yang anda bisa apabila anda tidak bersandar pada tembok. Bayangkan seolah-olah tangan anda begitu panjang sehingga bisa menyentuh atap Anda juga dapat berdiri dengan jari kaki anda (Jawa = jinjit). Atau… jika anda bersandar pada tembok, menghadaplah ke tembok. Angkat kedua tangan anda. Cobalah sentuhlah tembok yang paling teratas. Jika anda bisa, usahakan sentuh lebih atas lagi, sampai batas maksimal yang anda bisa. Anda bisa berdiri dengan jari kaki anda (Jawa = jinjit) agar bisa meraih tempat yang lebih tinggi.

Bagi yang bersandar pada tembok, usahakan untuk menahan sentuhan jari-jari anda pada posisi setinggi mungkin selama 10 hitungan.

Lakukan selama 10 kali. Dan jika anda berdiri tanpa bersandar pada tembok, cobalah untuk menahan posisi itu dengan berjinjit (berdiri dengan jari kaki). Rasakan bahwa tulang belakang anda merenggang dan otot-otot anda juga merenggang. Hal ini akan memberikan dorongan visual dan psikis untuk menambah tinggi badan. Pada tiap-tiap latihan anda dapat berhenti sejenak untuk mengambil napas. Usahakan napas anda agar tetap santai.

Mengapa harus meraih atap?

Ruas tulang belakang manusia menjadi pendek karena gaya gravitasi. Tahukah anda kalau manusia berada di luar angkasa, mereka bertambah tinggi? Ya, dan itu benar, di angkasa tidak terdapat gaya gravitasi/sedikit sekali sehingga tulang belakang tidak mampat karena tertekan gaya tarik ke bawah… Sebab di sana tidak bisa dibedakan mana bawah mana atas, karena tidak ada gravitasi.


No.10 – Singapura
Setiap tahun di Bulan Juli, negara kota ini mengadakan Singapore Food Festival, yang akan menyajikan berbagai makanan lezat ala asia, termasuk ciri khas Singapura: Kepiting Saus Pedas. Silahkan mampir ke Clarke Quay atau Boat Quay yang merupakan tempat bersarangnya berbagai restoran dan kunjungi juga Chinatown Food Street dan Lau Pat Sat Festival Market untuk makanan lokal terbaik!
Restoran top di Singapura antara lain adalah One Rochesterm dan Lei Garden, dengan hidangan utama scallop dalam saus kacang hitam dan hiu panggangnya yang siap menanti anda!

No.9 – Edinburgh, Skotlandia


Bukan hanya karena adanya 3 restoran yang mendapat tiga bintang Michelin (Martin Wishart, Number One, dan The Kitchin), tapi juga karena Edinburgh adalah tempat bercampurnya berbagai budaya. Di mana-mana selalu ada pub yang ramah menanti, dan disetiap sudut kota selalu ada festival yang menanti anda. Dan yang paling seru adalah Taste of Edinburgh Festival, di mana anda akan menjumpai segala macam makanan Skotlandia dan semua minuman khas Skotlandia.

Ibukota Skotlandia ini memang surga bagi penggemar makanan, karena pasar, produsen makanan, rumah-rumah teh, pub dan hotel yang ada hampir semuanya berstandar tinggi

No.8 – Bologna, Italia


Urusan kuliner memang Bologna adalah kota yang sangat mengesankan. Kota yang terletak di dearah yang disebut La Grassa (yang artinya adalah lemak), merupakan janji tersendiri bahwa makanan yang ada akan sangat kaya cita rasa.


Daging babi (yang sayangnya haram) merupakan menu utama di kota ini, tapi tentunya yang paling terkenal di kota ini adalah produk daging awetan, seperti mortadella, cotechino dan prosciutto (yang tidak semuanya berbahan babi) dan juga berbagai pasta seperti tortellini, tagliatelli, paglia e fieno, dan juga parmigiano reggiano.


Untuk makanan klasik orang Italia, anda dapat jumpai di Al Pappagallo, dan untuk tortellini, dapat anda kunjungi Da Bertino. Sedangkan untuk merasakan kekayaan kuliner Italia, saatnya anda kunjungi pasar Via Clavature, yang menyajikan kekayaan kuliner Italia di depan Anda.

No.7 – Las Vegas, Nevada, Amerika


Las Vegas, memang terkenal dengan berbagai hal glamor dan judi, tapi tentunya, juga merupakan tempat yang akan menarik bagi anda yang ingin merasakan hidup mewah. Berbagai chef kelas dunia menganggap kota judi ini sebagai rumah kedua mereka: Gordon Ramsay, Mario Batali, Thomas Keller, dan Emeril Lagasse membuka cabang restoran terbaik mereka di kota ini. Guy Savoy (dengan daging sapi mudah panggang saus mentega), Commander’s Palave (French toast ala New Orleans), Firefly untuk tapas ala Spanyol, dan juga Joel Robuchon yang berhasil meraih tiga bintang Michelin.


Pasar bahan makanan yang ada di Las Vegas, merupakan tempat sempurna untuk mencari bahan makanan berkelas.

No.6 – Ludlow, England


Kota yang sangat kecil ini (penduduknya hanya 10.000 orang), tapi memiliki jumlah restoran terbanyak (di luar London) yang mendapat penghargaan bintang Michelin. Jadi, bisa dibayangkan, Anda tidak harus antri untuk merasakan sajian kelas dunia di kota kecil ini. Bahkan siapa tahu, rumah di ujung jalan hotel anda adalah rumah salah satu chef kelas dunia.

No.5 – Palermo, Italia


Budaya kuliner Sisilia tercermin dengan sempurna dalam makanan khas kota Palermo. Ketika di kota ini, anda akan menikmati sayuran, ikan dan butiran gandum dengan berbagai rasa khas Mediterania dan Timur Tengah.


Palermo menawarkan makanan terbaik dari Sisilia, yang dapat anda temui di Il Mulinazzo dan Osteria Altri Tempi, yang menyajikan rasa klasik khas Sisilia seperti Vampaciucia c’Anciova, sajian pasta dengan tomat, anchovies dan anggur. Tentunya Focacce tidak boleh ketinggalan, roti yang digoreng dalam minyak sapi, dengan isi limpa dan paru-paru sapi. atau Arancini dengan anggur dan daging sapi terbaik.


Jika Anda sempat jalan-jalan (di tengah berbagai menu makanan yang tampak tidak ada habisnya), coba kunjungi Ballaro Market, yang akan membuat anda terpesona dengan berbagai bahan makanan segar khas Sisilia

No.4 – Gothenburg, Swedia


Mungkin Anda akan terkejut dengan jumlah restoran yang mendapat jumlah bintang Michelin di Swedia, tapi kenyataanya, Gothenburg memiliki lima restoran dengan anugerah bintang bergengsi untuk dunia kuliner ini: 28+, Basement, Fond, Sjömagasinet, dan Kock & Vin.


Kota terbesar di Swedia ini memang sangat memanjakan para penduduk dan pengunjungnya. Chef terbaik di dunia rata-rata tinggal di kota ini, dan seafood merupakan andalan dari kota dengan penduduk 500.000 orang ini.

No.3 – Luxembourg


Negara kecil yang tidak lebih dari 500.000 penduduk ini memiliki selusin restoran dengan anugerah bintang Michelin. Ibukota Luxembourg, Luxembourg City, yang hanya ditinggali 75.000 orang, memiliki beberapa restoran dengan 3 bintang Michelin. Negara yang mendapat pengaruh budaya kuliner dari Prancis, Belgia dan Jerman ini kaya sekali dengan ikan segar terbaik dan juga berbagai kreasi cake dan pastry yang siap menanti kedatangan anda

No.2 – Mougins, France


Kota kecil di selatan Prancis ini terkenal karena suhu yang pas untuk urusan perut. Penduduk yang hanya 16.000 orang, juga akan membuat kota kecil ini terasa sangat nyaman, apalagi kota kecil ini ternyata memiliki 50 restoran! Dengan sederet nama chef kelas dunia yang membuka restoran di kota kecil ini, tidak ada salahnya anda tinggal sejenak dan merasakan budaya perut kelas dunia!

No.1 – San Sebastian, Spanyol


Daerah Basque, Spanyol, merupakan daerah yang terkenal akan tapas, makanan kecil ala Spanyol dengan rasa yang luar biasa dan keunikan serta citarasa seksi khas Spanyol. San Sebastian, yang terletak di daerah Basque, merupakan kota yang disebut sebagai ‘Pusat Budaya Tapas’


Di kota San Sebastian ini, ada minimal 3 restoran yang mendapat anugerah 3 bintang Michelon. Berbagai restoran di pelabuhan San Sebastian siap menyediakan seafood dengan berbagai gaya yang anda mau, gaya Chinese, Prencis, Italia, Jerman, atau Basque (bukan Spanyol, Basque!!)

1. Hiu Macan

Hewan buas satu ini akan memakan apapun yang ada di depannya, mulai dari sepatu, piringan hingga pecahan perlengkapan perang pernah ditemukan di perutnya. Kadang kala juga dia menggigit sesuatu yang mustahil dia bisa kunyah. Kerakusan hiu macan ini bahkan telah dimulai sebelum mereka terlahir ke dunia bawah laut. Di dalam perut ibunya, mereka saling lahap satu sama lain.

2. Babi

Hewan ini sangat rakus, walaupun perutnya sangat kecil. Satu fakta tentang babi ini, hewan ini suka tidur di atas kotorannya sendiri, sehingga badannya penuh dengan kotorannya.

3. Burung pemakan bangkai

Burung satu ini merupakan karnivora tingkat satu. Makanan mereka adalah daging, hanya daging dan cuma daging walaupun daging itu terhidang "setengah matang" maupun udah membusuk. Mereka akan melahap bangkai binatang sebanyak mungkin, secepat mungkin, sampai-sampai berat mereka menjadi 20 % lebih berat setelah makan.

4. Tasmanian Devil

Hewan asli Australia ini dapat melahap makanan sebanyak 40% berat tubuhnya hanya dalam tempo 30 menit. Mungkin terdengar biasa aja, tapi mari kita bandingkan dengan manusia, maka itu sama saja dengan kita melahap 216 hamburger dalam tempo yang sama.

5. Kelelawar Vampir

Hewan "imut" ini besarnya hanya seperti jempol orang dewasa, tapi gigi tajamnya bisa menyobek pembuluh darah dan menghisap darah kita, sebanyak 5 sendok teh sekali gigit. Hewan ini sebelum menyedot darah, dia akan "mengencingi" korbannya terlebih dahulu.

6. Ular Piton

Hewan tak berkaki ini bisa menelan makanan yang bahkan lebih besar daripada kepalanya sendiri. Karena memiliki sistem pencernaan yang lamban, maka piton membutuhkan waktu yang lama untuk makan lagi, kira-kira dalam beberapa hari bahkan bulan.

7. Kodok Mulut Lebar Argentina

Juga dikenal sebagai kodok bertanduk, Argentinean wide-mouthed frog ini sangat tidak gentar maupun takut saat menyambangi makanannya. Hewan ini makan apa aja seperti tikus, kadal kecil dan ular. Bahkan saking rakusnya, perutnya bisa robek karena kekenyangan.

8. Burung Kolibri

Hewan ini membutuhkan makanan setiap 10 menit sekali. Dengan sayap yang berkepak sebanyak 200 kali tiap menit dan jantung yang berdetak 1200 kali tiap menitnya, kolibri akan membakar 14.000 kalori, sama dengan kalori yang dibutuhkan manusia untuk berlari marathon.

9. Paus Biru

Dengan berat 200 ton dan panjang 100 kaki, paus biru bukan hanya hewan terbesar di planet bumi, mungkin hewan terbesar yang pernah ada. Makanannya adalah krill (invertebrata kecil mirip udang yang panjangnya 1 inchi), sebanyak 40 juta krill per hari.

10. Ulat

Ulat ini mungkin yang terkecil di antara 10 hewan lainnya. Dia dikenal sebagai "eating machine". Selama menjadi ulat, dia akan memakan dedaunan dengan amat sangat rakus. Membesar 1000 kali hanya dalam 2 bulan. Persiapan sebelum "berinkarnasi" menjadi kupu-kupu yang indah.