Operasi militer selalu di lakukan untuk mendukung kemenagan suatu perang,  nah berikut ini ada beberapa oprasi militer terbesar yang pernah di lakukan dalam perang.

1. Operasi Karpet Ajaib
Pada bulan Juni 1945, Amerika Serikat meluncurkan Operasi Karpet Ajaib untuk mengembalikan jutan warga Amerika kembali ke tanah air mereka. Kebanyakan dari mereka belum pernah melihat pesawat terbang sebelumnya.

2. Operasi Badai Gurun
Oprasi ini berlangsung pada tahun 1991, Operasi Desert Storm adalah nama operasi untuk Perang Teluk Persia. Dinamai badai gurun karena oprasi ini di tujukan untuk membuat badai di gurun dengan cara mejatuhkan banyak bom dan peluru yang mengakibatkan badi gurun yang besar.

3. Operasi Bayonet Petir
Operasi ini  berlangsung selama enam belas jam  pada bulan Desember 2003, operasi ini dilakukan untuk merebut senjata atau bahan di desa-desa tertentu di Irak yang bisa menimbulkan ancaman bagi pasukan koalisi selama Perang melawan Terorisme.

4. Operasi Valiant Wali
Operasi ini diluncurkan untuk melumpuhkan  gerilyawan dan persenjataan musuh untuk menjamin keamanan dari tentara yang berperang di Irak.

5. Operasi Urgent Fury
Pada tahun 1983, Amerika Serikat, menyerbu  pulau Grenada karena kudeta militer yang terjadi di negara ini.

6. Operasi Eagle Claw
Operasi Eagle Claw dilakukan untuk mencoba dan menyelamatkan orang Amerika yang ditahan di tengah Krisis a Iran. Delapan helikopter dikirim keluar, dan tidak satupun dari mereka kembali.

7. Operasi Crescent
Pada bulan Oktober dan November 2001,  setelah serangan teroris 9/11, angkatan udara Inggris dan Amerika menyerang Afghanistan berusaha untuk melemahkan Taliban.  Pesawat tempur angkatan udara inggris dan amerika melakukan pengeboman dari udara untuk menghancurkan pasukan taliban di Afganistan.

8. Operasi Spartan Scorpion
Operasi Spartan Scorpion diluncurkan pada bulan Juni 2003 untuk membantu membersihkan pedesaan di Irak dari  pasukan  sisa non-compliant dan kelompok paramiliter yang ingin membahayakan pasukan koalisi.

9. Operasi Overlord
6 Juni 1944 invasi amfibi terbesar sepanjang masa. 160.000 pasukan menyeberangi Selat Inggris untuk mencoba dan mengambil kembaliwilayah yang diduduki Jerman barat.

10. Operasi Rolling Thunder
Operasi militer ini berlangsung dari Maret 1965 sampai November 1968, Operasi Rolling Thunder adalah pemboman udarta terbesar  yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada Vietnam Utara.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar