Saat ini sepeda motor merupakan sarana transportasi yang paling banyak digunakan dalam masyarakat. Sepeda motor selama ini merupakan solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transportasi, dan hampir setiap rumah tangga mempunyai sepeda motor.
http://4.bp.blogspot.com/_3BclDj-uQhs/TMuv-Ziv87I/AAAAAAAAAPM/QT3ugHpyxWU/s1600/cwek+by+andro.jpg
Walaupun harga sepeda motor tidaklah murah, tetapi banyak instansi perkreditan yang menyediakan jasa agar masyarakat bisa mempunyai sepeda motor. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita membeli sepeda motor, agar kita tidak menyesal setelah membeli sepeda motor tersebut.
  1. Tentukan sesuai kebutuhan
  2. Pilihlah sepeda motor sesuai dengan kebutuhan saat ini, jika kebutuhan Anda adalah untuk keluarga maka pilihlah sepeda motor yang mempunyai kapasitas membawa barang lebih banyak, atau pilihlah sepeda motor dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar.
  3. Cari referensi sebanyak mungkin
  4. Dengan mengetahui sebanyak mungkin type sepeda motor yang akan kita beli, akan meminimalisir kekecewaan setelah pembelian. Anda bisa mendapatkan referensi dari brosur, iklan, media televisi, internet dan lain-lain.
  5. Perhatikan mekanisme “After Sales Service”
  6. Perhatikan pula “purna jual” sepeda motor Anda kelak, mungkin sudah menjadi pertimbangan bagi banyak pengguna kendaraan motor sebelum membeli. Layanan seperti servis gratis dan pemberian hadiah atau merchandise juga perlu diperhatikan guna mendapat manfaat yang lebih setelah membeli sepeda motor.
  7. Terdapat banyak Bengkel resmi untuk sepeda motor yang kita beli
  8. Servis harus dilakukan secara berkala dan teratur, maka dari itu sepeda motor yang akan Anda beli harus mempunyai banyak bengkel resmi. Setidaknya setiap daerah terdapat bengkel resmi.
  9. Ketersediaan suku cadang dan harga yang terjangkau
  10. Suku cadang yang orisinil selain mempunyai kualitas yang terjamin, juga pasti cocok dengan sepeda motor Anda. Anda tidak akan rugi ketika menggunakan suku cadang original. Tapi dilihat dari segi harga memang agak mahal daripada suku cadang yang KW1 atau KW2.
  11. Pastikan garansi pabrik berjalan sesuai semestinya
  12. Garansi dalam membeli sepeda motor adalah jaminan yang diberikan pabrik ketika sepeda motor kita mengalami kerusakan dalam kurun waktu tertentu. Layanan garansi ini memberikan kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi seorang konsumen, jadi perhatikanlah secara seksama untuk masalah garansi.
  13. Uji produk secara langsung
  14. Lakukan test drive secara langsung sebelum membeli sepeda motor, untuk mengetahui seberapa nyaman Anda dalam mengendarainya. Tapi tidak semua dealer yang memberi kesempatan untuk melakukan test drive, paling tidak Anda sudah pernah mengendarai sepeda motor yang akan anda beli mungkin Anda meminjam sepeda motor teman terlebih dahulu.
  15. Sesuaikan dengan keuangan Anda
  16. Setelah semuanya sudah dipelajari dan Anda merasa cocok, maka tinggal satu tahap lagi Anda untuk mendapatkan sepeda motor yaitu keuangan Anda. Sesuaikan sepeda motor yang akan Anda beli dengan kemampuan keuangan Anda.
Anda telah mempunyai sepeda motor baru, dan yang harus dilakukan selanjutnya adalah merawatnya. Silahkan membaca artikel Saya selanjutnya tentang merawat sepeda motor.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. kebetulan gan nieh . . .saya mau beli si kuda besi
    thaks gan atas infonya!!

     
  2. monty Says:
  3. kalau tips bwt kredit ada gak gan . . .he. .he!!

     

Posting Komentar