Tiga Hal Penting saat Dililit Utang
SUATU ketika Anda terlilit hutang cukup banyak sehingga membuat Anda kesulitan mengatur mana yang seharusnya menjadi prioritas. Seperti yang dikutip dari helium.com, hal-hal berikut dapat Anda lakukan di saat utang yang harus segera dibayar, namun kebutuhan lain tetap terpenuhi.

1. Mendahulukan jumlah utang yang paling tinggi : prinsip untuk menyelesaikan hal-hal yang mudah terlebih dahulu, sebaiknya jangan Anda terapkan dalam masalah utang piutang. Lebih mendahulukan membayar utang yang jumlahnya lebih kecil hanya akan membuat Anda lega sesaat. Padahal utang dengan jumlah yang lebih besar terus membayangi dengan bunga yang kian menumpuk.

2. Meminta bantuan orang terdekat : keluarga atau teman merupakan orang terdekat dalam kehidupan. Untuk hal yang satu ini tidak ada salahnya untuk meminjam uang untuk melunasi utang Anda di orang lain. Meski terkesan seperti gali lubang tutup lubang, namun ini merupakan langkah terbaik.

3. Meskipun konsultan keuangan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan. Akan tetapi dalam keadaan darurat seperti ini jangan sampai biaya jasa konsultan keuangan malah semakin memberatkan kebutuhan keuangan Anda. Untuk hal itu ada baiknya Anda berdiskusi dengan keluarga untuk langkah selanjutnya. (*/OL-06)


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar