Selain perbanyak makan wortel, ada beberapa hal yang harus dilakukan supaya mata kita tetap sehat. Seperti yang dikutip memantau.blogspot.com dari wolipop.detik.com, ada 7 tips mudah yang bisa dilakukan setiap orang dalam menjaga kesehatan indera penglihatan ini.
1. Diet yang Seimbang
Ternyata diet ada hubungannya dengan kesehatan mata, jadi saat melakukan program diet dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dengan sayuran dan buah-buahan. Selalu pilih makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata manusia. Selain itu, memakan ikan salmon juga dapat memberikan efek yang sangat baik.
2. Hindari Kebiasaan Hidup Buruk
Cara ini sebenarnya berlaku untuk menjaga kesehatan seluruh badan yaitu menghindari minumanng ya beralkohol dan menghilangkan kebiasaan merokok. Para ilmuwan mengatakan, merokok dapat membuat mata katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), serta kerusakan saraf pada mata. Dan terlalu banyak minum alkohol dapat membuat reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata.
3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.
4. Senam Mata
Bagaimana cara melakukan senamnya? gampang kok. Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.
5. Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga
Kemungkinan penyakit mata bisa muncul karena faktor keturunan. Maka daripada itu, mengetahui sejarah mata dalam keluarga anda sendiri adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahuinya, kita sebagai anak dapat mencegah agar penyakit mata turunan dengan mengkonsultasikannya pada dokter.
6. Pakai Pelindung Mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.
7. Istirahat yang Cukup
Sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. oke gan ni tipsnya, kebetulan seharian saya suka menghabiskan waktu didepan komputer, kadang juga ada rasa perih kalo terlalu lama melihat layar monitor. thx deh sudah share menjaga kesehatan mata.

     
  2. thank's bnget ya sob atas artikel nya,,

     
  3. artikelnya okeh banget ni,,,,

     
  4. sip gan akan di cobain fola hidup sehat..

     
  5. info yang baik sekali gan!!!
    kebetulan pekerjaan saya sangat erat hubungannya dengan kesehatan mata!!!

     
  6. apa yang harus kita lakukan ketika mata kita sudah sampai pada titik lelah gan???

     
  7. karena aku bekerja seharian menghadap komputer sudah tentu informasi ini akan sangat berguna sekali..hee

     
  8. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

     

Poskan Komentar