Inilah Usia Ideal Punya Momongan
 
Jika anda sudah menikah dan belum memiliki anak, pertanyaan kapan memiliki anak barangkali kerap terdengar. Namun, pertanyaan yang muncul kemudian, apakah usia anda sudah siap untuk memiliki anak?

Sosiolog di Universitas of Texas, John Mirowsky, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (3/12), menyebut usia di akhir remaja atau 20-an awal merupakan usia terbaik secara biologis.

Di usia tersebut, sel telur masih segar dan organ serta sistem reproduksi dalam puncak masa muda. Wanita di dalam usia 20-an juga berkecenderungan kecil memiliki penyakit kronis yang beresiko pada bayi.

Meski demikian, hamil dalam usia sangat muda tidak berjalan dengan baik di kondisi sosial modern sekarang, dimana wanita sudah memiliki karier yang baik. Jika kehamilan terjadi terlalu cepat, kesulitan dalam aspek sosial kemungkinan terjadi. 
Kehamilan di usia 20 ke bawah, Mirowsky menuliskan saat ini lebih terjadi di luar pernikahan dan sangat tergantung pada level pendidikan.

Usia untuk memiliki anak secara biologis saat ini sudah terlampaui, lalu di usia berapa wanita ideal untuk memiliki anak secara sosial?

Mirowsky menuliskan berdasarkan studi di California, usia ideal untuk melahirkan pertama kali dengan kelahiran cacat minim adalah di usia 26 tahun. Dalam studi lain yang mengukur kesehatan bayi dari aspek kecenderungan kematian bayi, usia ideal adalah 32 tahun.

Usia ideal juga bisa didefinisikan dari kesehatan ibu. Dari data survei menggunakan telepon yang melibatkan wanita berusia 45-95 tahun, Mirowsky menemukan mereka yang merasa tubuhnya fit dan energik di usia pertengahan dan memutuskan memiliki anak di usia rata-rata 29 tahun. Sementara, mereka merasa memiliki kesehatan terbaik untuk punya anak, rata-rata menjawab di usia 30 tahun.

Adapun, mereka akan lebih sedikit merasakan sakit dan penyakit kronis, rata-rata menjawab di usia 34 tahun. Dari data itu disimpulkan, usia optimum untuk memiliki anak pertama kali yang diukur dari kemampuan fisik jangka panjang adalah di usia 31 tahun.

Sementara itu, jika usia ideal untuk memiliki anak didefinisikan sebagai usia harapan hidup terpanjang bagi sang ibu, usia optimum justru lebih tua lagi. Mirowsky mewawancarai 1.890 ibu dan bertanya tentang kondisi kesehatan. Setelah diklarifikasi dengan data kematian ibu dan tingkat pendidikan, disimpulkan bahwa usia ideal untuk memiliki anak pertama kali adalah 34 tahun.

Tekanan sosial yang menunda keputusan untuk memiliki anak, Mirowksy menuliskan, ternyata memiliki keuntungan yang lebih baik daripada memiliki anak di usia ketika organ-organ secara biologis masih muda.
Jika dalam usia 20-an, anda masih berpikir tentang pendidikan, karir, dan rumah tangga, maka ketika berpikir tentang usia ideal untuk memiliki anak, Mirowsky menyarankan: anda dapat secara rasional memikirkan tentang kesehatan yang optimal, dengan menunda memiliki bayi hingga usia 30-an.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. andi Says:
  2. tahun depan aku berencana untuk menikah, aku dan calon istriku umurnya sama gan, sama2 22 tahun. kalau tahun depan menikah umurku berarti 23 dan istri aku bilang dia ingin punya anak saat umur 24 atau 25 tahun, mungkin sedeng kali ya?

     

Poskan Komentar