Belakangan ini, pembentukan dan gerakan komunitas kian marak. Mulai yang berbasis hobi, olahraga, hingga profesi. Namun tahukah Anda, ada sejumlah komunitas di Indonesia yang selain sudah berdiri sejak lama, kegiatan mereka juga benar-benar beda. Siapa saja mereka? Berikut 5 komunitas unik di Indonesia:


1.       Jogja Endang Club (Jogjakarta, 2004)
 


Komunitas ini didirikan oleh Endang Syahbenol. Bermula ketika ia membuka buku tamu di sebuah hajatan, ia menemukan banyak sekali orang yang bernama Endang. Maka, melalui rubrik “Surat Pembaca KR”, ia mengajak para pemilik nama Endang untuk berkumpul. Setelah itu ratusan Endang menghubunginya lewat telepon. Keuntungan menjadi anggota perkumpulan ini salah satunya, para Endang yang berprofesi sebagai pedagang memberi diskon harga kepada Endang lainnya, seperti pedagang material, tukang jahit, tukang obat, jasa notaris atau jasa dokter.


2.       Komunitas Hong (Bandung, 2003)




Komunitas ini bertekad melestarikan mainan dan permainan rakyat. Komunitas ini terdiri dari 150 anggota yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat. Tingkatan usia dari mulai usia 6 tahun sampai usia 90 tahun. Komunitas ini memiliki tempat berkumpul bernama Kampung kolecer yaitu tempat untuk membuat mainan dan bermain permainan rakyat yang ada di Kabupaten Subang.


3.       Komunitas Nebeng.Com (Jakarta, 2005)

 


Komunitas ini bertujuan untuk menghemat ongkos, hemat BBM, mengurangi kemacetan, dan mengurangi polusi kendaraan di sekitar Jabotabek. Anggotanya mayoritas pegawai yang terdiri dari para pemberi tebengan dan penebeng. Para anggota dapat nebeng saat pergi dan pulang kerja. Selain itu, komunitas ini juga mengadakan tebengan ketika masa mudik lebaran tiba.


4.       Komunitas Jejak Petjinan (Surabaya, 2010)

 


Komunitas Jejak Petjinan adalah kumpulan orang-orang yang ingin menelusuri jejak Tionghoa di Indonesia, baik yang masih ada, ataupun yang sudah terkubur oleh jaman. Gerakan ini dimulai dengan sebuah kegiatan wisata budaya dan sejarah yang dinamakan Melantjong Petjinan Soerabaia (MPS).


5.  Komunitas Aleut! (Bandung, 2006)

 

Aleut dalam bahasa sunda berarti “jalan beriringan”, komunitas yang mengapresiasi sejarah, wisata dan lingkungan kota Bandung. Didirikan oleh beberapa mahasiswa Universitas Padjadjaran pada tahun 2006, komunitas ini berdiri atas dasar kesamaan minat mempelajari sejarah kota Bandung dan mencoba mengemasnya agar menarik. Beberapa kegiatannya yaitu mengunjungi objek sejarah, menonton film bersejarah, dan makan-makan sekaligus diskusi.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Unik juga komunitas komunitas tersebut

     
  2. Obat Kuat Says:
  3. Selamat Datang di Obat Pembesar Penis | Obat Kuat Pria | Alat Bantu Sex
    Klik Aja Di Bawah Ini
    Pemesanan: 087733776655
    http://obatkuat-57.com/
    Jual Obat Pembesar Penis Vigrx Plus
    Alat Bantu Sex Pria Dan Wanita
    Rajanya Obat Kuat Sex
    Obat Perangsang Wanita, Obat Gairah Wanita
    Obat Pembesar Payudara Monyok, Payudara Kencang
    Alat Pembesar Payudara Montok
    Alat Pembesar Penis
    Alat Sex Pria Boneka Moderen
    Obat Pengental Sperma
    Minyak Pembesar Penis, Obat Pemanjang Penis
    Obat Hernia Paling Ampuh
    Obat Pelangsing Badan, Melangsingkan Tubuh
    Obat Perapet Vagina
    Obat Peninggi Badan, Meninggikan Bada
    Obat Pembesar Pantat, Pembesar Bokong
    Obat Pemerah Bibir, Pemerah Puting
    Obat Pemutih Wajah Alami Tensung Cream
    Obat Penggemuk Badan
    Obat Penghilang Tatto Permanen Herbal Alami
    Kondom Antik Pria
    Rajanya Obat Kuat Pria
    Alat Bantu Sex Wanita Antik
    Alat Bantu Sex Pria
    Obat Kuat Herbal
    Vimax Obat Pembesar Alat Vital
    Cara Memutihkan Selangkangan dan Ketiak


    Obat Pelangsing Badan Fatloss Jimpness Beauty
    Selaput Dara Perawan Buatan


     
  4. Jamal Ismail Says:
  5. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini JAMAL ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI MAULANA IBRAHIM yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI MAULANA Ibrahi di 0823-85950389 Untuk yg di luar indon telefon di +62823-85950389, Atau KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.






    Penarikan Uang Ghaib Oleh KIAY MAULANA IBRAHIM
    1.UANG SUKARNO TERLIPAT SENDIRI
    2.MUSTIKA BESI ANTI KULIT/CUKUR
    3.MUSTIKA MANUSIA ANTI KULIT/CUKUR
    4.MUSTIKA MERAH DELIMA ANTI KULIT/CUKUR
    5.MUSTIKA KERIS BERDIRI ANTI KULIT/CUKUR ATAU MUSTIKA APA SAJA YG PENTIG PUNYA KEKUATAN/KE AMPUHAN,JIKA BERMINAT KLIK DISINI ATAU HUB:AKI MAULANA IBRAHIM TLP.0823-85950389 TRIMA KASIH

     
  6. Jamkho Says:
  7. wihh komunitas2 yang sangat unik sekali gan , thanks infonya ..

     

Poskan Komentar