Berikut adalah 10 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia, kota-kota yang paling ramah lingkungan di Dunia ini merupakan kota-kota yang terbaik dalam hal menjaga lingkungannya lebih baik dan membuat kota menjadi selalu hijau dan asri serta dapat menurunkan tingkat polusi dan tentunya sangat nyaman untuk dihuni.

1. Reykjavik (Iceland)

Islandia adalah negara terhijau di dunia. Kota Reykjavik telah menyatakan keinginannya untuk menjadi kota terbersih di Eropa dan telah mengambil langkah yang sangat mengesankan untuk mencapai hal itu. Saat ini, kota Reykjavik dijalankan sepenuhnya pada sistem yang sangat ramah lingkungan, termasuk menggunakan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan pembangkit listrik tenaga air untuk mencukupi pasokan listriknya, sedangkan sistem transportasi di kota ini seluruhnya menggunakan bahan bakar hidrogen.

2. Malmo (Sweden)

Sungguh menakjubkan melihat bagaimana kota ini sangat ramah lingkungan. Selain karena kota Malmo merupakan kota terbesar di Swedia. Kota ini benar-benar menawarkan konsep yang sangat ramah lingkungan di setiap sudut kota.

3. Copenhagen (Denmark)

Copenhagen adalah kota dimana warga-warganya sangat menyadari isu lingkungan dan mereka lebih memilih menggunakan motor daripada mobil. Itulah salah satu alasan jelas mengapa Copenhagen menjadi salah satu kota terhijau di dunia.

4. Vancouver (Canada)

Tidak seperti kota-kota lain di Amerika Utara, Vancouver telah melakukan banyak hal dalam rangka untuk menuju kota yang ramah lingkungan. 90% dari energi tersebut berasal dari sumber yang dapat diperbaharui, seperti angin, gelombang air laut pasang surut, matahari dan energi gelombang, selain itu kota ini juga telah mengembangkan rencana untuk 100 tahun ke depan untuk tetap menjaga keasrian dan keramah lingkungannya, walaupun kota ini sebenarnya sudah memiliki lebih dari 200 taman.

5. Bahia de Caraquez (Ecuador)

Bahia de Caraquez adalah surga bagi para wisatawan. Kota ini mengalami kerusakan parah karena bencana alam di era 90-an dan setelah itu pemerintah daerah dan LSM memutuskan untuk membuat kota yang ramah lingkungan. Mereka mengembangkan sejumlah program untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengendalikan erosi, mereka juga memulai program pengomposan sampah organik dari pasar dan rumah tangga. Selain itu kota ini juga mendukung penuh pertanian secara organik.

6. Sydney (Australia)

Sydney adalah kota yang memprakarsai "EARTH HOUR" beberapa waktu lalu, Sidney pula lah yang menjadi kota pertama yang melakukan program tersebut. Kota Sidney juga telah mengembangkan program pengolahan limbah makanan secara efisien, sehingga jelas mengapa Sydney menjadi salah satu kota terhijau di dunia.

Tautan7. Bogota (Colombia)

Kota yang secara luas dikenal karena tingkat kejahatan yang tinggi, menjadi hijau sejak pemerintahan dipegang oleh walikota Enrique Penalosa. Dia berhasil merekonstruksi semua trotoar untuk pejalan kaki, selain itu dia juga menciptakan sistem bus transit yang efisien dan merevitalisasi lebih dari 1200 ruang hijau kota. Walikota juga menaikkan pajak Bahan Bakar Minyak untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan juga memulai Car Free Day.

8. Curitiba (Brazil)

Jika 99% dari warga di Curitiba senang dengan kota mereka, maka mereka layak menerimanya. Beberapa alasan adalah fakta bahwa lebih dari 70% dari orang di sana bergantung pada transportasi umum yang sangat efisien. Curitiba adalah model kota yang luar biasa untuk kota metropolitan dengan konsep yang ramah lingkungan.

9. London (England)

Pemerintah kota London menjalankan Rencana Aksi Perubahan Iklim yang membuat kota itu menjadi kota terhijau didunia. Mengurangi emisi CO2 sebesar 60% dan menghasilkan 25% dari energi lokal dalam 20 tahun mendatang, selain itu pemerintah kota London juga memberikan insentif yang cukup menggiurkan khusus kepada warganya jika mereka menerapkan konsep yang ramah lingkungan.

10. Portland, Oregon (USA)

Mungkin anda akan terkejut bahwa kota ini tadinya merupakan kota dengan polusi paling tinggi di Amerika, namun kota ini adalah yang pertama pertama kali menerapkan konsep ramah lingkungan dengan cara membangun bangunan ramah lingkungan (Green Building). Pemerintah daerah juga berusaha keras untuk mengurangi jumlah warganya yang menggunakan mobil dengan cara membangun jalur sepeda dan jalur trem.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar