10. DORA THE EXPLORER

Si Dora, Boots, dan teman-temannya ini memang sangat populer saat Nickelodeon pindah ke Global TV beberapa tahun yang lalu. Kehadirannya selalu ditunggu, dan sempat menduduki peringkat teratas program animasi tv terfavorit, walaupun langsung digeser oleh Spongebob.

9. Avatar: The Legend of Aang

Ini dia, satu-satunya kartun Nickelodeon yang mampu sekali menumbangkan SpongeBob sebagai Best Cartoon dalam ajang Kids Choice Award. Cerita tentang Aang dan teman-temannya ini sangat unik, tentang Aang yang berusaha menjadi Avatar dan menyeimbangkan dunia setelah terlambat (?) 100 tahun. Meskipun ceritanya sangat pendek, namun kehadirannya yang kurang dari 4 tahun ini sangat populer.

8. Scooby Doo

Kisah satu geng antara Shaggy, Scooby, Thelma, Freddy dan Daphne ini sangat melegenda. Telah mengudara di TV dunia sejak tahun 1950-an, dan diIndonesia sendiri kartun ini sangat digemari karena kisahnya yang misterius dan endingnya yang kadang tidak terduga.

7. Detektif Conan
Anime yang diangkat dari manga dengan nama yang sama ini terbukti sangat digemari di Indonesia, bahkan menurut Google, foto-foto Conan dalam versi TV saja sudah di-download milyaran kali. Versi TV nya sendiri di Indonesia juga sangat digemari, meskipun penayangan anime ini kadang ada kadang tidak.

6. Crayon Sinchan
Anime super kocak ini sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Terbukti, kartun ini adalah kartun tertua kedua di Indonesia (setelah Doraemon) yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia sampai saat ini. Kisah Sinchan dan teman-teman serta keluarganya ini terbukti sangat menghibur, dan dapat ditonton oleh siapa saja.

5. Naruto
Ini dia! Anime yang baru beberapa tahun ditayangkan diTV namun mendapatkan reaksi yang luar biasa. Walaupun sering diulang berkali-kali, namun Naruto masih menjadi anime terfavorit diseluruh Indonesia saat ini, dan kedua secara keseluruhan film kartun (setelah SpongeBob Squarepants). Kisah Naruto dan teman-temannya ini diceritakan sangat unik, makanya menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

4. Upin dan Ipin
Walaupun baru ditayangkan mulai tahun 2007, tapi Upin dan Ipin mendapatkan reaksi yang luar biasa di Indonesia. Meskipun kartun ini teknologinya tidak secanggih kartun lainnya, namun dialek Malaysia yang sangat kental dari duo kakak beradik ini sangat populer. Semua merchandise nya laku keras, mulai dari film, poster, mainan, sampai ringtone nya! Meski kadang ceritanya agak mengada-ada, namun humor "berhasil" menghidupkan cerita kartun yang satu ini.

3. Tom and Jerry
Siapa yang tidak kenal Tom and Jerry? Ya! Ceritanya seputar kedua teman tikus dan kucing kita, yang setiap hari kerjaannya hanya saling kejar dan saling serang. Setelah dipublikasikan tahun 1940, reaksi kartun ini luar biasa diseluruh dunia. Meskipun jalan ceritanya kadang agak "mengerikan" karena berbagai macam kegiatan "membunuh" ada disini, namun terbukti bahwa kartun ini menjadi kesukaan semua umur. Dari anak-anak, remaja, orang tua, sampai manula, semuanya sangat menyukai Tom and Jerry.

2. Doraemon
Ini dia! Anime yang paling "berhasil" diseluruh Indonesia. Animo masyarakat sangat bagus walau dari dulu kartun ini selalu diputar berulang-ulang. Walaupun tidak ada ending, namun kartun ini "sanggup" untuk "menahan kita" dari kegiatan lain saat melihatnya di TV. Tidak percaya? Silakan dibuktikan. Doraemon adalah anime/kartun yang paling lama ditayangkan di TV Indonesia, sejak tahun 1980-an. Namun, pada akhirnya, Doraemon harus "pasrah" berada diurutan kedua.

1. SPONGEBOB SQUAREPANTS
Ya! Inilah kartun terfavorit di Indonesia saat ini. Hampir semua responden menyatakan menyukai dan sangat menyukai animasi ini. Cerita seputar Spongebob, Patrick, Sandy, Squidward dan teman-temannya ini sangatlah populer diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Animasinya yang sangat rapih dan amanatnya yang bagus, dapat tersusun rapi dalam suatu kartun dengan durasi rata-rata 10 menit. Humor yang disajikan kartun ini berbeda dengan kartun lain, dan juga kartun ini selalu memenangkan Favorite/Best Cartoon dalam ajang Kids Choice Award, walau pernah satu kali digulingkan oleh Avatar. Meskipun pada season 5 kartun ini mendapatkan rating yang buruk karena adanya unsur gay dan ceritanya yang tidak sebaik dulu, kartun ini mulai bangkit dan tetap menjadi kesukaan penduduk Indonesia.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar