Banyak cara untuk membuat tubuh tetap sehat. Jadwal yang padat terkadang membuat kita sulit untuk memperhatikan kesehatan. Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah menjadi sehat yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih semenit, dan bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang dilansir melalui Rodale.


1. Peregangan Lutut
Jika Anda duduk di kursi kantor sepanjang hari bisa mengakibatkan nyeri lutut. Nyeri lutut terjadi karena sendi lutut tak mendapat cairan pelumas. Coba lakukan pompa quad, selama 10 detik yang membuat tulang rawan Anda mengeluarkan cairan sehingga sendi lutut mendapatkan nutrisi agar tetap sehat. Caranya, duduklah di kursi dan luruskan kaki, sehingga tumit Anda bersandar pada lantai. Sekarang, kencangkan otot paha di atas lutut. Tahan kontraksi selama 2 detik kemudian lepaskan. Ulangi lima kali untuk mendorong pelumas ke dalam sendi lutut.

2. Sikat Gigi Tanpa Odol
Sebelum menyikat gigi dengan pasta gigi, sikatlah gigi Anda dengan sikat gigi kering dan lakukan selama 30 detik. Menyikat gigi tanpa pasta gigi membantu mengurangi karang gigi hingga 60 persen dan juga menurunkan risiko gusi berdarah hingga 50 persen. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dan kering ke bagian atas bawah dan dalam gigi. Bilas dan kemudian sikatlah gigi dengan pasta gigi.

3. Taburi Kayu Manis
Bagi Anda penggemar kopi, cobalah taburi bubuk kayu manis ke dalam cangkir kopi sebelum meminumnya. Rempah-rempah ini kaya antioksidan, dimana penelitian menunjukkan kayu manis dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan stres.

4. Latih Telinga Anda
Ternyata musik mampu melatih sistem pendengaran Anda tetap bekerja prima meskipun Anda sudah berusia 90 tahun. Caranya, Anda harus turunkan volume musik (volume masih dapat mendengarkan musik dan masih melakukan percakapan normal) dan hanya mendengarkan sejenis musik. Latihan ini akan membantu Anda mengembangkan kemampuan bunyi.

5. Kesehatan Kulit
Lepaskan sepatu dan kaos kaki Anda, kemudian periksa kaki Anda. Kaki Anda rentan terkena melonoma (jenis kanker kulit) yang terjadi pada daerah tubuh yang tidak terkena cukup sinar matahari. Perhatikan 3 daerah utama, seperti bagian tapak kaki, antara jari kaki, dan di sekitar atau di bawah kuku jari kaki. Periksa sekali sebulan untuk melihat perubahan dalam ukuran, warna dan ketebalan kulit.

6. Cukup Minum
Otak Anda mengandung 80 persen air. Bila Anda tidak cukup minum, maka bakal menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan penurunan kemampuan syaraf otak sehingga tidak bekerja dengan baik. Jadi Anda disarankan meminum air putih sedekitnya 8 gelas per hari.

7. Piring Kecil, Perut Kecil
Anda bisa mengurangi jumlah makanan yang dimakan dengan menggunakan piring yang berukuran lebih kecil saat makan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang diprogramkan menggunakan piring kecil, seperti piring khusus dessert atau piring salad, ternyata cukup membantu mereka menurunkan berat badan.

8. Teh Asam
Lemon biasanya digunakan sebagai campuran didalam teh. Memeras irisan lemon kedalam teh hangat atau dingin memang membuat segar. Menurut penelitian dalam journal Food Chemistry, kadar asam dari perasan lemon dapat meningkatkan konsentrasi antioksidan dalam teh hijau hingga 20 persen.

9. Katakan 'Moo' Pada Rokok

Orang mencoba keluar dari kebiasaan merokok, dapat menahan kecanduan tersebut dengan minum segelas susu. Dalam survey terbaru perokok dari Duke University, hampir 20 persen responden setuju jika susu membuat rasa rokok buruk. "Pada akhirnya, otak Anda dapat menghubungkan rasa susu dengan dorongan untuk mengurangi merokok," ujar kepala penelitian, Joseph McClernon, PhD.

10. Vitamin G
Vitamin G -Gratitude (bersyukur)- ternyata mengambil peranan penting dalam kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa 90 persen orang yang selalu bersyukur membuat orang lebih bahagia dan lebih dari 75 persen responden mengatakan bersyukur mampu mengurangi stres, depresi dan memberikan mereka energi lebih. Mulailah menjadikan bersyukur sebagai aktivitas harian Anda, minimal 30 detik untuk berdoa, sebagai ucapan terima kasih atas kesehatan, keluarga, makanan dan karir Anda.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar