Setelah ujian nasional berakhir dan siswa-siswi SMA menerima pengumuman kelulusan dari sekolah, bagi sebagian besar siswa terkadang mengalami dilema atau kebingungan saat harus menentukan jurusan kuliah sebelum menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Bagi siswa yang sudah memiliki keinginan dan tujuan jauh-jauh hari untuk memasuki perguruan tinggi atau jurusan tertentu  yang sesuai dengan minat dan bakat, mungkin tidak akan banyak menemui kendala.

Kebingungan memilih jurusan kuliah ini muncul pada saat akan mengikuti SNMPTN. Memang, tidaklah mudah dalam menembus test SNMPTN. Diperlukan persiapan yang matang dan tidak bisa instant.
 
Berikut adalah tips memilih jurusan kuliah:
 
1. Tanya diri sendiri, jurusan apa yang kita sukai. Dengan memilih jurusan berdasarkan minat dan keinginan sendiri, diharapkan kita akan lebih enjoy dalam menjalani pendidikan di perguruan tinggi nanti.

Namun jika kita masih bingung, coba lihat lebih dalam lagi tentang hal apa yang kita sukai. Contohnya jika kita menyukai atau memiliki hobi memasak, pilihlah jurusan tata boga. Jika anda menyukai matematika, pilihlah jurusan matematika.

2. Jangan penah mengikuti jejak orang lain, jadilah diri sendiri, karena sifat ikut-ikutan tidak akan bertahan lama yang akan membuat kita putus di tengah jalan. Kita harus tahu, bahwa bakat dan minat setiap orang itu berbeda.

3. Sebelum benar-benar memilih jurusan kuliah khususnya perguruan tinggi swasta, pelajari dulu latar belakang institusinya, sudah terakreditasi atau belum. Lihat juga apakah lulusan perguruan tinggi disana menjanjikan atau tidak untuk masa depan kita.

4. Cara informasi melalui para kerabat kita yang pernah kuliah, tanya mereka semua hal yang menyangkut tentang masa kuliah tesebut, serta tanyakan apa saja yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih serta mempersiapkan hal-hal yang harus ada

5. Lihat keuangan keluarga kita, jangan memaksakan keadaan, pilihlah jurusan atau perguruan yang terjangkau oleh keuanga keluarga kita

6. Jangan menyerah pada keadaan, gali terus informasi, banyak bertanya pada yang telah berpengalaman, pasti kita menemukan jalan yang akan membawa mimpi kita menjadi kenyataan.

Semoga beberapa tips jitu memilih jurusan kuliah ini dapat membantu pembaca sekalian khususnya siswa-siswi SMA yang hendak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. sangat sangat bermanafat sekali gan artikel ini,, untuk mereka yang akan melanjutkan studinya ,,janganlupa tips ini

     
  2. Benar itu gan ,,harus benar-benar teliti akan memilih jurusan dan univ yang akan kita pilih sebagai tempat mencari ilmu,jangn sampai menyesal dikemudian waktu

     
  3. iya tuh gan,,memilih jurusan kuliah harus dngan pilihan hati sendiri jangan sampai ikut"an sama orang lain,,contohnya saya yang mengikuti saran orang lain memilih jurusan ini,, malah prospek jurusannya buruk dengan apa yang diharapkan

     
  4. yess,,,saya setuju gan,, soalnya saya pernah mengalaminya..
    milih jrusan karena paksaan ortu, bukan sukses yang terjadi malah jadi penyesalan...

     

Poskan Komentar