Alam raya; hutan, lautan, padang pasir, gunung es merupakan lingkungan liar yang mewariskan kekayaan hayati dan non hayatinya kepada manusia untuk dipelajari. Seiring dengang berkembangnya ilmu-pengetahuan dan teknologi, beberapa fakta yang zaman sebelumnya belum terungkap, seiring berjalannya waktu pun terungkap. Seperti misteri dan fakta pada hewan yang hidup di muka bumi ini. Berikut kami merangkum 5 fakta hewan yang mengejutkan


1. Armadillo yang Menyebarkan Kusta/Lepra
 

 Kusta atau lepra merupakan penyakit yang manusia terdahulu menyebutnya sebagai penyakit kutukan, khususnya di kawasan Asia dan Eropa. Sementara di Amerika Serikat dikabarkan hanya terjadi 150 hingga 250 kasus lepra setiap tahunnya. Penyebarannya pun dapat dipastikan akibat adanya migrasi manusia dari berbagai dunia ke Amerika Serika . Namun sebuah fakta mengejutkan bahwa penyakit lepra di Amerika Serikat sebagian disebarkan oleh hewan khas Amerika Tengah dan Selatan, Armadilo. Di beberapa masyarakat Amerika, Armadilo merupakan hidangan yang lezat. Di Louisiana dan Texas, armadilo dijadikan sebagai tambahan dalam pizza dan hidangan cepat saji lainnya.

2. Buaya yang Menyebabkan Pesawat Meledak

Buaya merupakan salah satu reptil tertua di muka bumi, secara fisik tubuhnya masih memperlihatkan penampilannya di jutaan tahun lalu. Di beberapa wilaya di dunia, buaya pun dianggap sebagai biang kerok atas kematian manusia. Buaya pun tak segan segan melahap hewan buas lainnya yang ceroboh di perairan, seperti singa yang sedang minum misalnya. Namun fakta yang mengejutkan terjadi Republik Demokratik Kongo pada 2010 lalu, ketika sebuah pesawat meledak akibat seekor buaya menyelundup masuk ke dalam kabin penumpang.

Peristiwa masuknya buaya ke dalam pesawat terjadi di Kota Kinshasa, ketika seekor buaya yang berkeliaran di Bandara Bandundu masuk ke dalam kabin pesawat. Semula baik awak pesawat maupun penumpang tidak menyadari keberadan seekor buaya. Namun ketika mereka mengetahuinya kepanikan pun terjadi hingga mengakibatkan pesawat kecil ini hilang kendali. Karena pilot dan co-pilot tidak bisa menyeimbangkan dan mengatasi keadaan, pesawat pun menabrak sebuah rumah. Peristiwa ini mengakibatkan 19 penumpang dengan awak pesawatnya meninggal dunia.

3. Panda Raksasa Jual Mahal?

Panda raksasa merupakan salah satu hewan lucu yang menjadi ikon negara Republik Rakyat China. Dan karena panda raksasa hanya terdapat di wilayah China, maka pemerintah China sangat melindungi keberadaannya. Suatu waktu ketika pemerintah China menghadiahkan panda ke Amerika Serikat dan Inggris, sebagai simbol diplomasi. Ironisnya, tersiar kabar bahwa meski mematok panda raksasa dengan harga jutaan dolar per ekor (sejak 1984), pemerintah China tidak merawat dengan baik. Padahal banyak kebun binatang di dunia yang menginginkan kehadiran panda raksasa imut ini.

Dikabarkan saat ini terdapat 1.500 hingga 3.000 ekor panda yang terdapat di alam liar, sementara setiap kebun binatang di China hanya memiliki beberapa pasang saja. Dan ancaman kepunahan tetap mengancam keberadaan panda raksasa akibat habitat dan sumber makanan mereka hilang akibat eksploitasi.
 

4. Joki Robot di Punggung Unta

Meskipun banyak yang prihatin dan simpati, namun lomba adu cepat unta merupakan tradisi yang sangat dijaga oleh masyarakat Timur Tengah. Namun fakta mengejutkan terungkap ketika sosok robot menggantikan peran manusia untuk menjadi joki di dalam lomba balap unta tersebut. Robot tersebut berperan layaknya joki, ia memegang tali kendali dan cemeti (pecut), gerakannya dikendalikan oleh sang pemilik unta di luar lintasan. Dan ada pula yang robotnya mampu memberikan kejutan listrik ke tubuh unta agar berlari lebih cepat.

5. Rusa Haus Darah

Di dataran tinggi Inggris, tepatnya di Pulau Rum Skotlandia, dikabarkan hidup kawanan rusa peminum darah. Terungkapfakta mengejutkan bahkan merupakan mimpi buruk bagi 20 orang yang menghuni Pulau Rum, mereka menyaksikan para rusa kulit merah menikmati makanannya berupa bangkai burung dan membunuh bayi-bayi burung laut. Semula masyarakat Pulau Rum tidak mencurigai hewan berkaki empat yang diduga herbivora ini. Namun mereka terkejut ketika mendapati rusa sedang mengunyah ayam-ayam mereka.

Diduga perilaku unik ini diakibatkan oleh habisnya persediaan makanan yang mengandung kalsium, sehingga rusa berkulit merah tersebut beralih menjadi karnivora dan meminum darah unggas. Fenomena dan fakta mengejutkan ini masih diteliti oleh para ilmuwan.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Indrajit Says:
  2. fakta2 yang sangat mengejutkan sekali ya gan ..

     
  3. wsc biolo Says:
  4. terimakasih informasunya gan..

     

Poskan Komentar