Cara Sukses Memulai Bisnis Modal Kecil
Beberapa diantara kita pasti banyak yang mempunyai kelebihan uang serta kelebihan waktu. Dan akan lebih bermanfaat apabila kelebihan tersebut dapat dijadikan sesuatu yang produktif. Misalnya dengan memulai bisnis kecil. Lalu bagaimana cara memulai usaha modal kecil. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk sukses membuka usaha kecil

Mulailah dari hobby atau kesenangan. Pilihlah bisnis yang mendekati dengan kesenangan atau kemampuan. Kemampuan itu adalah modal yang pertama. Cari potensi apa saja yang dikuasai dan mampu dikerjakan dengan baik. Kemampuan ini akan berkembang dan dengan berjalannya waktu akan tahu seluk-beluknya. Setiap usaha punya kerumitan dan masalahnya sendiri.
Mengukur peluang dari usaha baru yang akan dibuat. Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Setelah mengidentifikasi adanya kebutuhan, barulah ada pasar yang potensial.
Carilah modal atau partner. Jika tidak punya modal sendiri, maka perlu menjalin kerjasama dengan orang lain. Disarankan berhati-hatilah dalam masalah administrasi keuangannya, karena banyak kasus penipuan. Banyak partner yang curang atau nakal.
Makin terlibat langsung, makin baik. Setelah usaha cukup anak buah, Anda bisa mulai mendelegasikan wewenang pada bawahan. Usaha kecil pada awalnya harus ditangani sendiri. Karena sistem administrasi dan organisasinya belum mapan, mudah terjadi penyimpangan jika langsung diserahkan pada orang lain.
Pertimbangkan lokasi dan tata letak dengan baik. Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah lokasinya. Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksi bisnis modal kecil tersebut.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

     

Poskan Komentar