Seni bela diri telah berkembang menjadi banyak jenis, dimulai dari seni bergulat, menyerang hingga menggunakan senjata telah digunakan di beberapa jenis seni bela diri, dan di antara seni-seni bela diri tersebut, ada beberapa yang memang mematikan. Berikut 10 seni bela diri paling mematikan dari belahan dunia.

Taekwondo

Anda pernah melihat pertandingan Taekwondo? Jika iya, Anda pasti menyadari bahwa parsitipannya menggunakan pelindung di kepala dan tubuhnya. Walaupun sekarang ini sering dipertimbangkan sebagai seni bela diri olahraga, jika para partisipannya tidak menggunakan pelindung maka serangannya dapat menyebabkan seseorang koma atau bahkan meninggal. Seni bela diri ini menekankan penggunaan tendangan dari posisi berdiri, dengan menggunakan kaki yang lebih panjang daripada tangan. Pada tahun 1989, Taekwondo pernah masuk sebagai seni bela diri paling terkenal di dunia.

Keysi Fighting Method

Jika Anda pernah menonton film Batman oleh Chris Nolan, Anda berarti pernah melihat seni bela diri ini. Seni bela diri yang dikembangkan oleh Justo Dieguez dan Andy Norman berdasar atas pengalaman perkelahian jalanan, seni bela diri ini dikatakan dapat melindungi diri dari 10-20 yang menyerang secara bersamaan. Merupakan seni bela diri campuran yang menggabungkan elemen gulat dari Jiu Jitsu dan Aikido, serta Jiu Jitsu Brazil, pertahanan dan serangan jarak dekat Whing Chun dan beberapa teknik Jeet Kune Do. Keysi Method mengajarkan para praktisinya untuk mengawasi semua objek sekitar untuk kemungkinannya sebagai senjata dan memperbolehkan mereka untuk melindungi diri dari penyerang dalam jumlah banyak. Keysi Method hampir tidak memiliki serangan menggunakan kaki karena bertujuan untuk berkelahi jarak dekat dengan menggunakan semua bagian tubuh sebagai senjata, khususnya siku. Bentuk dasarnya adalah tangan yang memegang kepala dan siku yang agak naik untuk melindungi kepala, leher dan dada. Lalu menggunakan sikunya untuk menyerang.

Karate

Dikembangkan di Okinawa, Jepang. Karate mungkin merupakan salah satu seni bela diri menyerang yang paling dikenal. Berfokus pada penggunaan meninju, menendang, serangan siku dan lutut serta serangan menggunakan dasar telapak tangan. Beberapa sebab mengapa Karate masuk sebagai seni bela diri mematikan walaupun ia adalah seni bela diri yang sering muncul dalam cabang olahraga, adalah karena sejarah dan tekniknya. Salah satu sejarah paling terkenal dari Karate adalah mengenai Mas Oyama, master karate yang berhasil membunuh 3 banteng menggunakan tangan kosong. Hal ini tentu menunjukkan bahwa karate dapat digunakan untuk membunuh dan dengan salah satu tekniknya yang menendang ke arah pangkal paha atau selangkangan, tentu sangatlah berbahaya.

Wing Chun

Disebut-sebut sebagai salah satu seni bela diri paling berimbang (balanced). Wing Chun adalah seni bela diri yang diajarkan oleh Yip Man ke Bruce Lee. Karena sejarah dan keseimbangannya, seni bela diri ini sering digunakan sebagai dasar seni bela diri lain, yang juga merupakan salah satu dasar dari seni bela diri paling mematikan, yakni Krav Maga. Menggabungkan keahlian menyerang dan gulat, serta berfokus pada perkelahian jarak dekat yang memperbolehkan praktisinya untuk menyerang dan bertahan secara bersamaan. Seni bela diri ini juga memperbolehkan si praktisi untuk mempersingkat jarak antara ia dan musuhnya secepat mungkin. Seni bela diri ini juga cocok digunakan untuk bertarung dnegan banyak musuh seperti pada film Ip Man.

Aikido

Merupakan seni bela diri yang unik karena memiliki filosofi atau prinsip bahwa jika seseorang menyerang maka itu berarti ia membuat pertahanannya melemah, tetapi jika Anda sebagai seseorang yang bertahan tidak menyerang, maka itu berarti pertahanan Anda tidak akan pernah melemah. Menggabungkan seni bela diri pedang (kenjitsu), tombak (sojitsu) dan Jiu Jitsu, dan dipertimbangkan sebagai seni bela diri paling mematikan di dunia. Ide dari seni bela diri ini adalah mengetahui pergerakan musuh dan menggunakan tenaga dari serangannya untuk dibalikkan kembali ke si musuh. Penyebab mengapa seni bela diri ini disebut sebagai salah satu seni bela diri paling mematikan adalah karena ia berusaha mengontrol persendian musuhnya yang berarti juga dapat mematahkan persendian tersebut.

Kali / Eskrima

Kali, Escrima, atau Arnis merupakan seni bela diri yang sama dan berasal dari Filipina yang biasanya menggunakan senjata seperti tongkat, pisau dan pedang. Tetapi lebih sering terlihat menggunakan tongkat. Walaupun biasanya menggunakan senjata, seni bela diri ini juga mengajarkan teknik menendang, menyerang dan gulat. Uniknya, seni bela diri Kali/Eskrima ini pada saat menggunakan tongkat dapat juga diimplementasikan saat tidak menggunakan tongkat dengan postur dan implementasi yang serupa. Mungkin ini disebabkan oleh filosofinya yang mengatakan kurangnya senjata tidak harus menghalangi si praktisi (eskrimador) dan kemampuannya untuk mencelakakan orang. Sekarang ini, Kali/Eskrima juga diajarkan di militer dan pasukan pertahanan Filipina, dan beberapa di militer US.

Jujutsu / Jiu Jitsu

Muncul dalam berbagai nama seperti Jujitsu, Jiu Jitsu atau Jujutsu. Dengan elemen-elemen gulat, serangan keras, colok mata, mencekek, gigit, mengunci sendi dan berfokus menjatuhkan musuh di titik tengah gravitasinya. Alasan mengapa seni bela diri ini mematikan selain menjatuhkan musuh dengan sangat cepat adalah karena ada seni bela diri perkembangannya yang dikenal dengan Brazilian Jiu Jitsu. Begitu musuh telah jatuh, maka yang ditekankan seni bela Brazilian Jiu Jitsu adalah mematahkan sendi dan anggota tubuhnya. Selain itu, jujutsu juga dapat menekan tubuh musuh yang jatuh dengan lutut ke dada, yang kemudian menyerang mukanya dengan siku atau tinju.

Muay Thai

Mungkin Anda sering mendengar bahwa Muay Thai merupakan seni bela diri yang mematikan, sebenarnya hal itu salah, walaupun separuh benar. Sebenarnya seni bela diri yang mematikan adalah seni bela diri Muay Thai Kuno yang dikenal dengan nama Muay Thai Chaya. Muay Thai Chaya digunakan pada zaman dulu pada masa perang yang bertujuan untuk menjatuhkan musuh dengan membuatnya lumpuh atau mati. Hal ini dikarenakan Muay Thai Chaya berusaha untuk menyerang titik vital musuh dengan tenaga yang luar biasa. Sering disebut sebagai "Seni 8 anggota tubuh", yang merujuk ke sepasang kaki, tangan, siku dan lutut dan berasal dari Thailand. Dari sejarahnya, maka dapat dikatakan bahwa Muay Thai adalah seni bela diri yang pada awalnya diciptakan benar-benar untuk membunuh. Akan tetapi, sekarang ini para praktisi telah menghilangkan beberapa teknik yang mematikan dari Muay Thai dan mengubahnya ke arah olahraga.

Jeet Kune Do (JKD)

Sering disandingkan dengan Krav Maga sebagai seni bela diri paling mematikan di dunia, diciptakan oleh Bruce Lee yang menginginkan sebuah bela diri yang benar-benar cepat, ia menyebutnya sebagai sebuah "bentuk tanpa bentuk" atau "seni bela diri tanpa bela diri." Oleh karena itu, Jeet Kune Do menggunakan pergerakan seminimal mungkin dengan dampak dan kecepatan maksimum. Keunikan dari Jeet Kune Do adalah filosofinya yang memiliki konsep intersepsi dengan menyerang musuh selagi ia ingin menyerang. Orang-orang yang mendalami Krav Maga dan Jeet Kune Do mengatakan bahwa JKD lebih mengarah ke seni bela diri sedangkan Krav Maga tidak memiliki konsep itu dan benar-benar untuk perkehalian jalanan.

Krav Maga

Merupakan seni bela diri yang berasal dari Israel dengan tujuan untuk mempertahankan diri dalam perkehalian jalanan. Sering dipertimbangkan sebagai seni bela diri paling efisien dan brutal yang merupakan gabungan dari Tinju, Muay Thai, Jiu Jitsu, Wing Chun dan Gulat. Dikembangkan sebagai bagian dari kebutuhan dunia sekarang ini, yang melibatkan perkehalian jalanan. Krav Maga memiliki tujuan untuk mengakhiri suatu perkehalian secepat mungkin dengan menyerang titik terlemah tubuh musuh. Dengan Wing Chun sebagai dasar perlindungan terhadap senjata, teknik gulat dari Judo dan Jiu Jitsu untuk menjatuhkan musuh dengan cepat, dan Muay Thai untuk menyerang titik lemah musuh. Berdasarkan gabungan teknik bela diri inilah Krav Maga sering disebut sebagai teknik bela diri paling mematikan dan berbahaya.

Peringkat dalam daftar ini bukanlah peringkat sebenarnya. Karena dalam seni bela diri, seberapa mematikan seni bela diri tersebut tergantung atas orang yang menggunakannya. Bahkan, memukul biasa-pun dapat mematikan jika digunakan secara salah dan diarahkan ke daerah yang vital.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Jamkho Says:
  2. terimakasih informasinya gan ..

     

Poskan Komentar