Inilah 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia - Forbes Indonesia merilis 10 perusahaan Indonesia berkinerja terbaik dengan penjualan di atas 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 8,6 triliun). Selain itu, majalah ini juga mengeluarkan daftar 40 perusahaan yang berkinerja paling baik dengan penjualan di bawah 1 miliar dollar AS. Kedua daftar tersebut, menurut Forbes Indonesia, mencerminkan 50 perusahaan publik terbaik di Indonesia.

”Tidak seperti daftar lain, kami memperhatikan banyak faktor, antara lain, pendapatan dan pertumbuhan penjualan jangka panjang, kemudian metrik seperti tata kelola perusahaan dan likuiditas. Dengan demikian, kedua daftar tersebut benar-benar menghasilkan the best of the best karena perusahaan yang masuk harus benar-benar mempunyai semua aspek yang terbaik,” ungkap Chief Editorial Advisor Forbes Indonesia Justin Doebele dalam rilis yang diterima Kompas.com.
Ia menyebutkan, dengan bertambah banyaknya jumlah kelas menengah di Indonesia, menjadi pasar yang besar bagi produk-produk consumer goods. ”Sehingga tidak mengherankan jika perusahaan-perusahaan yang fokus di ritel mengalahkan perusahaan lain,” ujarnya.
Di puncak daftar Top Ten tersebut adalah Sinar Mas Multiartha yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan keuangan di Grup Sinar Mas. Meningkatnya permintaan di sektor asuransi dan layanan keuangan telah mendorong pendapatan Sinar Mas Multiartha tumbuh lima kali lipat dalam lima tahun terakhir menjadi Rp 14 triliun pada 2010, sementara laba bersih juga tumbuh lebih cepat.
Presiden Direktur Sinar Mas Multiartha Doddy Susanto menghubungkan fakta tersebut dengan 90 persen dari bisnis perusahaan itu adalah ritel serta strategi yang menempatkan perusahaan di pasar yang tepat pada waktu yang tepat.
Adapun untuk 40 perusahaan dengan penjualan di bawah 1 miliar dollar AS, Multistrada Arah Sarana menempati posisi pertama. Perusahaan pembuat ban ini diuntungkan oleh booming-nya penjualan mobil dan meningkatnya penjualan di pasar internasional.

Berikut 10 Perusahaan Terbaik di Indonesia:

1. Sinar Mas Multiartha
2. Charoen Pokphand Indonesia
3. Japfa Comfeed Indonesia
4. Adaro Energy
5. Gajah Tunggal
6. Indomobil Sukses Internasional
7. AKR Corporindo
8. Bank Rakyat Indonesia
9. Semen Gresik
10. Indocement


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar