UNION OF SOVIET SOCIALIST REPUBLICS

Uni Soviet adalah negara yang berada di seluruh wilayah utara benua Asia (gede banget ya gan)
Sejarah Uni Soviet dimulai dari Revolusi Russia yang dipimpin oleh Vladmir Lennin pada tahun 1917.
Setelah wafatnya Vladmir Lennin di tahun 1924, pemimpin baru yg bernama Joseph Stallin mengambil alih kekuasaan.
Pada tahun 1941 Nazi Jerman menginvasi Uni Soviet, padahal diantara Jerman dan Uni Soviet sudah menandatangani perjanjian damai kedua negara pada tahun 1939.
Setelah 4 tahun berperang, akhirnya Uni Soviet memenangkan perang dengan mengepung kota Berlin, disaat itu juga Hitler bunuh diri di bunkernya, dan menanglah Uni Soviet melawan Jerman
Kemenangan Uni Soviet menyebabkan negara ini menjadi negara adikuasa saingan Amerika pada saat Perang Dunia berakhir, dan terpecah pada Desember 1991 menjadi negara-negara kecil (cuma Russia doang yang gede)
Lebih lengkapnya, liat disini yah

Setelah Desember tahun 1991, Uni Soviet terpecah menjadi banyak negara.
Diantaranya yaitu Russia, Georgia, Ukraina, Moldova, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kyrgiztan, Tajikistan, Estonia, Latva, dan Lithuania.
Ane akan jelaskan 4 negara dulu ya gan, sisanya ntar di update secara bertahap, gapapa kan??
RUSSIA

Siapa sih yang gak kenal ama negara ini? kalo kita buka peta dunia, liat negara paling luas di seluruh belahan utara Asia, ya disitu Russia.
Russia memiliki ibukota yang bernama Moskow (pasti udah pada tau ya?)
Negara ini berbatasan dengan negara bekas Uni Soviet di sekelilingnya, kecuali di timur, Russia berbatasan dengan Jepang, eh Russia juga berbatasan dengan China dan Mongolia.
Negara Russia memiliki luas yang fantastis, yaitu sekitar 17.075.400 km2, luas banget kan gan?
Lebih jelasnya, silakan main kesini ya
GEORGIA

Negara ini sedikit orang yang tau, letaknya dimana coba? yep, Georgia terletak tepat di "jembatan" antara Eropa dan Asia.
Negara ini memiliki ibukota yang bernama Tbilisi.
Negara ini berbatasan dengan Turki, Armenia, Russia, Azerbaijan, dan lainnya (males nyebutin satu-satu, capek)
Negara Georgia memiliki luas yang lumayan lah, sekitar 69,700 km2, gak kecil banget lah ya?
Mau lebih jelas? klik ini coba
UKRAINA

Negara ini nempel sama "kakaknya", abang Russia. Letaknya yaitu di tengah daratan Eropa Timur.
Negara Ukraina ibukotanya yaitu Kiev.
Ukraina berbatasan dengan Belarus, Polandia, Slovakia, Hungaria, Rumania, dan lainnya (banyak gan, sumpeh)
Negara ini luasnya sekitar 603,628 km2, diliat di peta sih agak besar luasnya.
Klik disini untuk kejelasannya.
MOLDOVA

Wajrot, sempit juga luas teritori negaranya ya gan? kalo dibanding ama Singapura lebih gede mana? gak tau ane
Moldova memiliki ibukota yang bernama Chisinau (keren namanya ya?)
Moldova berbatasan dengan Ukraina dan Rumania, jadi negara ini diantara kedua negara itu gan.
Moldova luasnya sekitar 33,846 km2, agak kecil dibandingkan negara lainnya yah gan??


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar