Jika perjalanan pulang-pergi kerja tiap hari anda penuh dengan kemacetan, ribut di jalan dan pengemudi yang tidak bertanggung jawab, bukan hanya anda yang begitu. Begitu banyak mobil sehingga jalan tidak cukup untuk mengakomodir semua kendaraan itu. Berikut adalah tips yang pasti berhasil ini akan membantu anda meredakan rasa cemas anda dan akan membuat anda menempuh perjalanan dengan jauh lebih sehat.

jalanan macet

  • Jangan tergesa-gesa, Buat perencanaan. Mungkin tidak ada hal yang lebih menegangkan lagi selain tidak memiliki waktu yang cukup untuk sampai di tempat tujuan anda, jadi buatlah sebuah rencana. “Luangkan beberapa menit pada malam hari untuk menyiapkan rencana anda keesokan harinya,” kata Terri Kennedy. PHD.MBA, presiden dari Power Living Enterprises dan anggota jajaran direksi dari Yoga Alliance. “Cara ini dapat membuat hari anda terkendali.” Rencanakan apa yang akan anda pakai malam sebelumnya, siapkan didalam tas dan bawahlah semua yang anda perlukan—telepon seluler, kunci, dokumen, barang yang harus dibawa, agar tidak ada yang tertinggal.
  • Rileks-kan tubuh anda. Rasakan tubuh anda dari bagian kepala hingga ujung kaki untuk menemukan titik-titik tegang anda, yang kemungkinan adalah bagian pundak, leher, kepala ataupun punggung anda. Dan istirahatkan atau pijat ringan bagian tubuh itu, kata Leslie Mendoza Temple .MD, dokter pemimpin Program Ilmu Pengobatan Intergratif di Fakultas Kesehatan Universitas NorthShore. Cara ini akan membantu anda meredakan rasa tegang anda.
  • Melakukan latihan pernafasan. Kurangi rasa stres anda dengan memperlambat pernapasan anda. Cobalah ambil nafas dengan perlahan-lahan dengan hidung anda dan kemudian hembuskan. Perlahan-lahan kuatkan fase hembusan nafas anda agar lebih lama dari fase penarikan nafas anda, kata dr. Mendoza. Tambahkan rasio anda dari 1:2 ke 1:3 dan kemudian menjadi 1: 4. “Cara ini dapat menurunkan detak jantung anda segera, “ katanya. “Ketika anda berpikir tentang pernafasan, anda benar-benar tidak dapat terlalu banyak memikirkannya, karena ia membawakan sesuatu yang positif.”
  • Duduk dengan tegak. Seperti bernafas, sadar dengan posisi postur tubuh yang benar juga akan membantu anda menghilangkan pikiran negatif anda. “pastikan pundak anda bersandar dengan sandaran bangku dan bagian punggung bawah anda juga tersandar. Naikkan pinggul anda sedikit ke dalam bangku sehingga posisi pinggul menjadi lebih tinggi dari lutut anda, dan jangan banyak berpikir. Anda tentunya tidak menginginkan adanya rasa tengang, “kata Maryanna Klatt, asisten profesor dan peneliti meditasi di Universitas Ohio.
  • Ambilah sebuah rute alternatif. Para pengemudi yang bisa memilih rute mereka sendiri akan merasa lebih terkendali dalam perjalanan mereka, dan sebuah pemandangan yang baru akan dapat membantu anda mengurangi kebosanan. Bahkan sebuah rute yang biasa-biasa aja akan membawakan sebuah suasana yang baru buat anda ketika anda menemukan sebuah perubahan kecil seperti adanya bunga yang bermekaran di taman rumah seseorang atau di sebuah gedung baru yang sedang dibangun, atau restoran baru yang akan dibuka.
  • Dengarkan buku yang dicetak dalam bentuk kaset audio, podcast atau pun musik untuk relaksasi. Cara ini dapat membuat anda mempunyai pikiran yang jernih, dan merupakan sebuah alternatif yang sangat bagus ketika anda barusan mendapatkan kabar yang sangat buruk atau kabar yang dapat mendatangkan frustasi. “Pilihlah sesuatu yang dapat memperkaya kehidupan anda sehingga perjalanan anda juga akan memperkaya anda dan bukan menenggelamkan anda, “ kata Klatt.
  • Jangan mengerjakan banyak hal secara bersamaan (multitasking: sambil menyetir juga menjawab telepon, apalagi mengetik sms!). Setiap kali anda tidak melihat ke arah jalan, maka kemungkinan anda untuk tertabrak menjadi dua kali lebih besar, ini menurut Asosiasi Automobil Amerika. Jadi letakan semua peralatan elektronik genggam anda, dan kenyangkan diri anda dulu sebelum menempuh sebuah perjalanan.
  • Hindari ribut-ribut di jalan dengan pengendara lain. Ini adalah agar anda bisa mempunyai pikiran yang jernih. Jika anda tidak terburu-buru dan tidak melakukan banyak hal secara bersamaan waktu mengendarai kendaraan, anda akan lebih rileks dan cenderung tidak akan mempunyai pikiran negatif. Gunakan latihan pernafasan untuk mencegah diri anda dari bertingkah laku negatif. “Berhenti sejenak (pause) dan katakan, “ Bagaimana saya harus menghadapi ini dengan hati yang sabar?” Hal ini bisa membuat anda sedikit tenang, “ kata dr. Mendoza Temple.
  • Buatlah sebuah rencana, gunakan GPS yang ada di mobil anda untuk menunjuk rute jalan dan lengkapi diri anda dengan sebuah peta. Anda akan selalu siap jika anda terpaksa harus menghadapi sesuatu yang tak terbayangkan oleh anda sebelumnya yang membuat anda harus menempuh rute alternatif.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar