Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split

Cara menggabungkan file hasil pecahan HJ Split (.001,.. dst), dapat dilakukan sbb:

Yang perlu diperhatikan sebelum menjoin file adalah pastikan bahwa file tidak ada yang korup dan pastikan juga bahwa nama semua file telah sama. Jika terdapat nama yang berbeda maka proses join tidak akan berhasil.

  • Jalankan program HJSplit.exe (tidak perlu diinstall), nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

  • Lalu Klik Join:
  • Kemudian klik Input File dan browse file yang hendak digabung (cukup file yg berekstensi .001 dan sisanya secara otomatis akan diekstrak, tapi pastikan semua file .001 sampai .00x berada pada folder yang sama).
  • Klik Start untuk memulai penggabungan.
  • Perlu diketahui waktu akan join, file yang akan terdeteksi hanya file .001 sedangkan .002 dan seterusnya tidak akan terlihat. Namun file .002 dan seterusnya akan otomatis akan ikut dijoin
  • Jika anda menggunakan Windows 7, maka gunakan HJSPLIT versi 3.0 agar dapat digunakan di win7
Aplikasi HJSPLIT dapat didownload di Aplikas pendukung dipaling bawah.



Cara Menampilkan Subtitle ke Dalam Film

------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika file masih dalam bentuk rar atau zip, maka ekstract lah dahulu dengan menggunakan aplikasi Winrar
  • Pindahkan file film dan subtitlenya ke dalam satu folder. Nama film dan subtitlenya harus sama. Misalkan filmnya berjudul Hancock.avi, maka subtitlenya = Hancock.srt.
  • Kemudian mainin filmnya dengan Windows Media Player. subtitle otomatis akan keluar.
Atau
  • Instal aplikasi VLC Media Player , Jika film dan subtitlenya sudah berada dalam satu folder serta nama film dan subtitlenya sama, maka otomatis teks akan keluar.
  • Namun jika tidak keluar, maka klik menu Video, pilih Subtitle Track, lalu pilih Load File. Cari file subtitlenya terletak di mana, kalau sudah ketemu pilih dan klik OK.
Jika file film berupa MKV, maka bisa diputar dengan menggunakan VLC Media Player atau dengan DVD Cyberlink



Cara Ekstrak File Rar


Sering timbul pertanyaan kenapa file harus dipecah menjadi beberapa bagian sehingga membentuk file part1, part2, part3 dan seterusnya. Hal ini dilakukan karena beberapa server melakukan pembatasan ukuran maksimal yang diperbolehkan dalam sekali upload. Misalnya suatu server hanya memperbolehkan sekali upload file maksimal 100MB. Padahal file yang akan kita upload besarnya mencapai 450MB, apa yang harus dilakukan? Langsung mengupload file sebesar 450MB tersebut, jelas tidak mungkin. Satu-satunya cara adalah dengan membagi file tersebut maksimal 100MB/ file, sehingga file akan terpecah menjadi 5 bagian agar bisa diupload pada server tersebut. Maka akan terbentuk 5 file part yaitu part1, part2, part3, part4 dan part5.

Pada umumnya file part terakhir memiliki ukuran lebih kecil daripada ukuran file sebelumnya yang sama besar. Contoh: Misalnya filenya terdapat 5 buah masing-masing:

part1= 100 MB
part2= 100 MB
part3= 100 MB
part4= 100 MB
part5= 50 MB

Perlu diingat, part1 sampai part4 ukurannya harus sama besar, jika tidak sama besar maka bisa dipastikan file dengan ukuran yang beda (lebih kecil biasanya) adalah file part yang korup .

Perlu diingat juga bahwa sebelum melakukan pengekstrakan file, pastikan nama file di belakang .rar sudah sama semua. Jika terdapat nama file yang berbeda maka dapat menyebabkan kegagalan proses ekstrak.

Perlu diperhatikan, ketika kita mendownload dari idws, biasanya hasil download nama filenya selalu acak berupa angka dan huruf. Untuk itu samakan nama filenya sebelum diekstrak. Langkah paling sederhana mengekstrak file rar hasil download dari idws adalah sbb:

Taruh semua file part dalam satu folder. Lalu rubah nama masing-masing part menjadi:

part1
part2
part3
part4
part5
part6
dst ... sesuai banyaknya part

Setelah itu baru lakukan proses pengekstrakan. Pengekstrakan dapat dilakukan dengan aplikasi winrar atau 7zip.

Cara melakukan ekstrak adalah sangat mudah. Lakukan ekstrak pada salah satu file part maka otomatis file lainnya akan ikut diproses

Jika cara di atas masih belum bisa, coba pada waktu proses ekstrak dengan winrar, checklist bagian Keep Broken File seperti gambar di bawah ini:


* Jika ada pertanyaan, silahkan kirimkan pesan ke: cinema3satu_mail@yahoo.com


Tapi ingat cara ini adalah pemaksaan karena meskipun file korup akan tetap diekstrak, sehingga jika korupnya besar maka hasilnya juga tidak maksimal, bisa jadi film terpotong dan lain sebagiannya




Cara Merubah .rar ke .avi, .mkv dan lain-lain

Pertama kita harus memunculkan ekstention pada file film tersebut, caranya:

Buka windows explorer, lalu klik Tools Folder Options -> View -> lalu uncheck pilihan hide extentions for known file types

Setelah itu baru nanti file film-nya akan keliatan ekstension-nya, misalnya yang semula judul filenya avatar menjadi avatar.rar

nah .rar dibelakang nama file tersebut ganti menjadi .avi atau sesuai keperluannya

Jangan lupa mengembalikan uncheck pilihan hide extentions for known file types supaya nanti tidak terjadi kesalahan dalam merubah nama file pada file yang lain.



Istilah-istilah Kualitas dalam Film

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di bawah ini beberapa istilah kualitas film yang sering muncul ketika kita akan mendownload sebuah film;


  • Bluray/HD : Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.
  • m-HD : mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.
  • BRRip : Ripper dari Bluray. Kualitasnya jauh lebih bagus dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula . Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka film akan terlihat patah-patah.
  • DVDRip : yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720x480 atau 720x576.
  • TC (Telecine) : yaitu metode pengkopian film digital langsung dari pita. Kualitas suara dan gambarnya sudah sangat baik. Namun karena peralatan yang dibutuhkan untuk merekam telecine ini sangat jarang ditemui dan sudah menjadi langka.
  • DVDScr : yaitu merupakan dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.
  • R5 : untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.
  • CAM : kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.
  • TS (Telesync) : kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.
  • Workprint : film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.
  • VCD : biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip (analog) untuk membuat ukuran file yang lebih kecil.
  • PPV : Pay Per View, Jadi bayar setiap kali filmnya, semacam TV Kabel, nah ini di RIP jadi kualitasnya hampir VCDRip --> by anonymous
Biasanya urutan keluarnya sebuah film di internet yaitu sebagai berikut, meskipun tidak selalu :
CAM -> TS -> R5 / DVDScr -> DVDRip -> BRRip




Download di Filesonic


Pada dasarnya, download di Filesonic tidak berbeda jauh dengan di download di wupload dan lainnya. Berikut kami tuliskan langkah2 dalam download di Filesonic:

  • Klik linknya, setelah halaman situs filesonic terbuka, lalu scroll (geser) ke halaman bagian bawah untuk menemukan tombol downloadnya. Kemudian klik tombol bertuliskan "Slow Download"



  • Kemudian agak geser ke atas maka akan terlihat angka countdown dan tunggu sampai 0s.


  • Setelah itu akan muncul kotak untuk memasukkan kode spam, isi sesuai huruf yang tampil saat itu ke dalam kotak yang telah tersedia dan klik tombol submit.

  • Setelah itu akan muncul seperti di bawah ini, kemudian klik Tulisan "Start download now !"


Maka proses download akan dijalankan. Selamat mencoba, semoga sukses.


Panduan Download di Fileserve

  • Klik link downloadnya
  • Setelah itu klik tombol bertuliskan "Download File" seperti pada gambar di bawah ini:

  • Setelah itu masukkan kode spam di kotak yang telah tersedia dan lanjutkan klik tombol Download File seperti pada gambar di bawah ini:

  • Tunggu habis waktu countdown seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

  • Setelah waktu countdown habis maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, pilih tombol slower download bagi yang memiliki akun free (gratis) untuk melanjutkan download.

  • Jika muncul gambar seperti di bawah ini, berarti anda di suruh untuk menunggu beberapa saat lagi untuk download. Biasanya ini terjadi karena adanya jeda waktu antara proses download yang pertama dengan yang berikutnya, atau dalam dalam 1 jaringan terdapat IP yang sedang melakukan proses download.

  • Semoga Berhasil



*Catatan
  • Jika downloadnya tidak dapat menggunakan IDM, maka;

    Klik Option pada IDM >> pilih File Types >> lalu masukkan pada kotak tersebut= MKV 001 002 003 004 005 006 007 008

    Intinya ekstensi yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut akan dikenali oleh IDM sehingga akan didownload dengan menggunakanIDM.


Cara Download di Enterupload

  • Klik link downloadnya
  • Setelah itu klik tombol bertuliskan "REGULAR DOWNLOAD" seperti pada gambar di bawah ini:

  • Setelah itu masukkan kode spam di kotak yang telah tersedia jika ada dan tunggu sekitar 40 detik. Kemudian klik tombol "GENERATE" seperti pada gambar di bawah ini:

  • Jika terjadi "Wrong IP Address atau Skip Countdown", maka ulangi kembali mengklik tombol "GENERATE"di atas atau dengan merefreshnya dengan menekan F5 berulang-ulang sampai muncul tombol "DOWNLOAD" seperti di bawah ini:

  • Klik Tombol "DOWNLOAD" tersebut untuk melanjutkan proses downloadnya.
  • Semoga Berhasil



*Catatan
  • Jika downloadnya tidak dapat menggunakan IDM, maka;

    Klik Option pada IDM >> pilih File Types >> lalu masukkan pada kotak tersebut= MKV 001 002 003 004 005 006 007 008

    Intinya ekstensi yang dimasukkan ke dalam kotak tersebut akan dikenali oleh IDM sehingga akan didownload dengan menggunakanIDM.





BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Halra Says:
  2. makasih Bro,
    saya tadinya bingung, sudah donload file besar besar, eh harus digabung pake program, oh, rupanya pake hjsplit ya softwarenya

     

Poskan Komentar