Termasuk dalam wilayah DAOP III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun Bunga mas, panjang terowongan ini sekitar 368 m.

2. Terowongan Tebing Tinggi (424 m)
Terowongan ini terletak di Talang Banyu Desa Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan. Terowongan yang masih aktif ini memiliki panjang sekitar 424 m.

3. Terowongan Ijo (580 m)
Terletak di di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa. Memiliki panjang sekitar 580 m.
4. Terowongan Lampegan (687 m)
Terowongan ini terletak di Kec. Cibeber, perbatasan Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi. Pada tanggal 8 Februari 2001, terowongan ini runtuh, namun saat ini terowongan yang memiliki panjang sekitar 687 m ini telah direnovasi.

5. Terowongan Mrawan (690 m)
Terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Kalibaru, Banyuwangi. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 690 m dan dibangun pada tahun 1901.

6. Terowongan Eka Bakti Karya (760 m)
Terowongan ini terletak di Sumberpucung, malang. Lima kilometer setelah stasiun Sumberpucung. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga terdapat terowongan Dwi Bhakti Karya dengan panjang 400 m. Disebelah terowongan ini terdapat Bendungan Ir. Sutami.

7. Terowongan Sawahlunto (835 m)
Terowongan Sawahlunto terletak di antara stasiun Muara Kalaban dan Sawahlunto, Sumatera Barat. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 827 m dikenal juga dengan sebutan Lubang Kalam.

8. Terowongan Sasaksaat (949 m)
Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukita Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan stasiun Maswati maka jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan).

9. Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber (1208 m)
Terowongan Wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m. terowongan kereta api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang, kini keberadaanya sungguh memprihatinkan, dengan rel yang hilang dan muka terowongan yang tak terurus, di rambati akar-akar tanaman semak belukar, semakin menghilangkan pamor dari sejarah maupun aset wisata dari terowongan terpanjang di Indonesia ini.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :
bangunan
- KUMPULAN GAMBAR DESAIN RUMAH MINIMALIS TERLENGKAP
- 7 MEGA PROYEK KONSTRUKSI TERLAMA DI DUNIA
- 3 KONSTRUKSI MENAKJUBKAN DI DUNIA
- INILAH JEMBATAN JEMBATAN EKSTRIM DI DUNIA
- INILAH 12 RUMAH TERMAHAL DI DUNIA
- 10 TAMAN KOTA TERBESAR DI DUNIA
- MUSEUM MUSEUM TERBAIK DI DUNIA
- SPBU SPBU UNIK DI DUNIA
- 5 MONUMEN TERANEH DI DUNIA
- RESTAURANT UNIK DI DUNIA
- 10 TAMAN PALING UNIK DI DUNIA
- 10 HOTEL TEREKSOTIK DI DUNIA
indonesia
- 5 GAME ONLINE PERTAMA DI INDONESIA
- 5 KOMUNITAS UNIK INDONESIA
- ORANG ORANG INDONESIA YANG PALING DIBENCI KARENA KELAKUANNYA
- 7 BERITA HOAX YANG PALING MENGHEBOHKAN INDONESIA
- 5 KENAIKAN PANGKAT POLISI YANG LUAR BIASA
- 10 JENIS HANTU PALING SERAM DI INDONESIA
- 10 LAGU INDONESIA YANG PERNAH DI CEKAL
- 7 SENI BELA DIRI ASLI INDONESIA
- 5 CALON PRESIDEN YANG MENDUKUNG KENAIKAN BBM
- FENOMENA ROKOK DI INDONESIA
- SENJATA BUATAN INDONESIA YANG DIJUAL KELUAR NEGERI
- SITUS SOSIAL MEDIA ANAK INDONESIA