Tidak kalah menarik kebun binatang menjadi salah satu tempat tujuan Anda dan keluarga ketika berlibur ke sebuah negara. Jika iya, berikut ini ada beberapa kebun binatang yang sudah sangat terkenal di dunia. Mungkin salah satu diantaranya bisa membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya.

1. Kebun binatang Bronx, New York


Kebun binatang ini dibuka pada 1899 dan merupakan kebun binatang metropolitan terbesar di Amerika Serikat dengan luas 265 hektare dan mempunyai lebih dari 4.000 hewan. Kebun binatang ini membuat kemasan habitat yang mengesankan dengan wilayah yang relatif kecil, termasuk replika seperti savana Afrika.

Di tangan Wildlife Conservation Society, Kebun Binatang Bronx juga penting untuk praktik-praktik yang ramah lingkungan dan komitmen terhadap penghijauan. Kebun binatang ini mempunyai harga tiket yang bervariasi mulai dari US$13 (sekitar Rp124 ribu) untuk anak-anak hingga US$27 (sekitar Rp260 ribu) untuk dewasa. Kebun binatang ini buka dari hari Senin-Jumat mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat.

2. Disney's Animal Kingdom (Orlando, Florida)

Lebih dari 1.700 hewan mewakili 250 spesies yang berbeda berada di dalam taman Walt Disney World ini. Dibagi menjadi tujuh area, termasuk Afrika, Asia, Dinoland, dan Amerika Serikat, tempat ini mempunyai fitur kerajaan binatang liar, baik yang nyata maupun yang sudah punah.

Anda juga bisa menggunakan rakit untuk menyusuri Sungai Chakranadi sambil melewati hutan masa lalu, geyser, dan air terjun. Bila ingin pergi ke sini Anda bisa membeli sebuah paket tiket seharga US$135,7 (sekitar Rp1,3 juta) yang meliputi empat tema taman di Walt Disney termasuk di dalamnya ialah Animal Kingdom.

3. National Zoological Gardens (Pretoria, Afrika Selatan)

Didirikan saat Perang Anglo-Boer dimulai pada 1899, kebun binatang nasional Afrika Selatan ini berawal dari peternakan. Namun saat ini ada 209 spesies mamalia, 202 jenis burung, 190 spesies ikan, 4 spesies invertebrata, 93 spesies reptil, dan spesies 7 amfibia telah menjadi penghuni tetap tempat ini.

Kebun binatang ini mempunyai luas 85 hektare, mencakup akuarium dan taman reptil. Di sini juga didirikan tiga lembaga konservasi untuk ratusan jenis mamalia, burung, amfibi, dan reptil. Hal paling menarik yang bisa Anda lakukan adalah petualangan berkemah semalam. Kebun binatang ini buka dari hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.30-17.30 waktu setempat. Dengan menyediakan uang minimal R50 (sekitar Rp62 ribu) Anda sudah bisa memilih untuk mengambil salah satu paket tur yang disediakan.

4. Tiergarten Schonbrunn (Vienna, Austria)

Kebun binatang tertua di dunia, umumnya dikenal sebagai Zoo Vienna yang didirikan pada tahun 1752. Bangunan bergaya baroque yang terawat dengan baik ini, asal-usulnya sebagai kebun binatang Franz Stephan dari Lorraine. Kaisar Kekaisaran Romawi Suci berkebangsaan Jerman yang menugaskan seorang arsitek untuk membangun kebun binatang ini di kediaman musim panasnya. Hingga kini terdapat bangunan paviliun segi delapan yang dibangun pada tahun 1759 sebagai fasilitas ruang sarapan dan tempat pemeran seni yang menjadi titik pusat arsitektur kebun binatang ini.

Kebun binatang Vienna membanggakan diri pada pengabdian lama untuk konservasi alam dan perlindungan spesies, salah satunya pada tahun 1904 dimana kebun binatang ini menjadi rumah kelahiran gajah pertama di penangkaran dan pada tahun 2007, panda pertama yang dibesarkan tanpa inseminasi buatan lahir di sini. Fitur khusus di Kebun binatang ini adalah Rainforest House, Desert House, Aquarium dan Terarium House, Meksiko House, dan Polarium.

Kebun binatang buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.30 waktu setempat. Tiket yang dikenakan untuk dewasa 14 Euro (sekitar Rp170 ribu), anak-anak 6 Euro (sekitar Rp73 ribu), sedangkan anak-anak di bawah umur enam tahun gratis.

5. Zoologischer Garten Basel (Basel, Swiss)

Kebun binatang Basel dibuka pada tahun 1874 dan terkenal di dunia baik untuk pembibitan kuda nil kerdil dan badak bercula satu India. Kebun binatang tertua dan terbesar di Swiss ini juga memfasilitasi berbagai kelahiran cheetah, gorila, dan flamingo.

Kebun binatang yang memiliki luas 13 hektare ini memelihara lebih dari 5.000 spesimen dari hampir 600 spesies. Tiket yang dikenakan untuk orang dewasa adalah 18 Euro (sekitar Rp220 ribu) sedangkan anak-anak 7 Euro (sekitar Rp85 ribu). Anda bisa mengunjungi kebun bintang yang buka setiap hari ini mulai pukul 08.00-17.30 waktu setempat.

6. Zoologischer Garten Berlin (Berlin, Jerman)

Kebun binatang ini mendapat gelar 'spesies kebun binatang paling kaya di dunia' (dengan sekitar 1.500 spesies dan terus bertambah). Berlin Zoological dibuka pada tahun 1844. Kebun binatang tertua di Jerman dan yang paling populer di seluruh Eropa ini menarik sekitar tiga juta pengunjung dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Kebun binatang Berlin menawarkan kombinasi khas arsitektur modern dan bersejarah, termasuk reproduksi aslinya Gajah Gate (sekitar 1899), dan salah satu akuarium keanekaragaman hayati di dunia. Di sini juga ada hewan yang paling dicintai berusia tiga tahun bernama Knut yang merupakan beruang kutub pertama yang lahir di kebun binatang dalam kurun waktu 30 tahun dan Bao Bao yang lahir pada tahun 1978 dan merupakan panda raksasa tertua di penangkaran.

Kebun binatang ini buka setiap hari biasanya dari pukul 09.00 sampai yang paling malam pukul 19.00 waktu setempat. Untuk orang dewasa dikenakan tiket 12 Euro ( sekitar Rp. 145 ribu). Ini hanya tiket masuk kebun binatang saja, kalau ingin melihat akuarium biayanya menjadi 18 Euro (sekitar Rp220 ribu). Anak-anak dikenakan biaya masuk 6 Euro (sekitar Rp73 ribu) untuk masuk kebun binatang saja, sedangkan bila ingin melihat akuarium harganya bertambah menjadi 9 Euro (sekitar Rp109 ribu)


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. Waw, keren.
    Holiday : www.meja-kotak.blogspot.com
    Automotive : www.inex-cars.blogspot.com

     

Poskan Komentar