Menjual rumah kini tak hanya dengan memasang iklan di surat kabar ataupun hanya didepan pagar rumah itu sendiri. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti mengiklankan pada situs online properti, E-mail, E-Flyer, dan sebagainya. Selain direct marketing, salah satu sarana untuk cara promosi atau menjual rumah adalah lewat internet, hal ini pastinya menjadi suatu keuntungan bagi Anda, Banyaknya jasa atau situs jual beli internet membuat urusan Anda menjadi mudah dalam menjual rumah. Untuk dapat memasarkan rumah dengan baik dan mencapai harga yang Anda inginkan di website properti, ada tips berikut yang bisa Anda coba :



Sebelum memasang iklan rumah Anda, pastikan apa saja yang perlu Anda beritahu mengenai data-data rumah seperti status rumah, SHM, Luas tanah, luas bangunan, dan sepsifikasi bangunan.


Lengkapi dengan foto rumah, baik tampak luar, samping, ruang dalam rumah, denah rumah sehingga pembeli bisa mengetahui detail setiap ruangan.

Kini, banyak calon pembeli rumah yang mencari rumah dari situs online. Hal ini diimbangi dengan semakin maraknya situs penjualan properti melalui dunia maya. Namun. banyak rumah yang tanpa foto kehilangan calon pembeli. Jangan sampai rumah Anda bernasib sama. Sertakan foto rumah Anda agar info jual rumah semakin menarik:

Saat memotret rumah :
  1. Hanya ambil gambar rumah dan halaman ( tidak termasuk jalan atau jalan setapak)
  2. Keluarkan dulu mobil dari carport
  3. Ambil angle rumah yang terbaik menurut Anda
  4. Hindari bayangan sinar matahari (karena rumah jadi tampak gelap)
  5. Bersihkan semak-semak di halaman


Lalu, bagaimana kalau properti yang dijual adalah apartemen atau paviliun? Jangan lupakan yang ini:
Cari angle menarik seputar fasilitas umum seperti tempat gym, taman, kolam renang, dsb.
Pindahkan dulu hewan peliharaan Anda dan mainan anak agar rumah terlihat rapi dan elegan
Hindari memotret taman ketika matahari bersinar terik


  1. Masuk kedalam rumah, ambil foto semua ruangan atau hanya yang Anda anggap penting. Jika ruangan ini sudah tak begitu menarik, tetap ambil gambar. Siapa tahu masih tetap berguna buat calon pembeli.
  2. Buka jendela dan gorden
  3. Nyalakan lampu
  4. Ambil gambar dan tetaplah fokus pada ruangan/perabot yang Anda foto, misalnya lantai kayu atau kamar mandi bergaya etnik
  5. Singkirkan keranjang sampah
  6. Rangkai bunga dalam vas dan letakkan di meja makan dan ruang tamu
  7. Hindari memotret kearah cermin karena sinar blits akan memantul dan membuat foto Anda menjadi bias (tidak jelas).


Bila sebuah situs properti memungkinkan Anda untuk memasukkan sederet foto-foto diatas kedalam sebuah tur, lakukan saja hal ini. Masukkan juga musik atau lagu yang bisa menjadi pengantar slide gambar ruangan tersebut.


Spanduk/plang bertuliskan “rumah dijual” yang ada didepan rumah/ruko/properti Anda akan mempermudah untuk menarik calon pembeli. Jika Anda mendaftarkan rumah pada sebuah agen properti, maka Anda akan dengan mudah memperoleh spanduk ini dan tinggal memasangnya pada rumah.


Iklan rumah Anda bisa dikatakan berhasil jika kerabat terdekat mengatakan,”Saya melihat iklan rumah Anda dimana-mana”. Nah, ini media yang membantu Anda :

Surat kabar nasional dan lokal dengan tiras terbesar. Cari tahu, penempatan iklan properti pada hari apa saja berikut harga pemasangan iklan, dsb.

Situs online properti. Kini, ada banyak website yang menyediakan pasang listing rumah secara gratis


E-mail juga bisa menjadi media Anda untuk menjual rumah. Sebelum mengirimkan E-mail, Anda harus menetapkan :
  • Apakah Anda menjual secara langsung (tanpa perantara)
  • Atau Anda mempercayakan pada agen properti?

Sebagai pilihan pertama, Anda bisa membeli daftar listing rumah dari agen. Namun jika penjualan Anda dibantu agen, tanyakan apakah perlu membuat E-mail langsung dikirimkan kepada para calon pembeli :
  1. Tetangga
  2. Agen properti
  3. Calon pembeli yang tinggal di dekat rumah anda
  4. Bisa juga Anda daftarkan E-mail Anda pada milis properti dan segeralah beriklan rumah dengan gratis, mudah dan cepat di milis tersebut


Anda bisa melakukan penjualan rumah dengan menggelar open house :
  1. Terutama jika lokasi rumah dapat dijangkau dengan mudah oleh calon pembeli
  2. Anda mengiklankannya juga di surat kabar
  3. Sertakan juga pengumuman ini di situs online
  4. Ciptakan daya tarik sekaligus keramaian dengan mengundang tetangga


Anda pasti pernah membaca flyer, misalnya yang dibagikan di perempatan jalan ataupun tempat-tempat umum lainnya. Nah, manfaatkan juga flyer untuk mengiklankan rumah Anda. Atau, coba saja E-Flyer.
  1. Jangan lupa gunakan foto istimewa rumah hasil karya fotografer. Dijamin rumah “jualan” Anda akan tampil lebih menarik dan cepat direspon calon pembeli.
  2. Budget yang akan Anda keluarkan biasanya bervariasi, tergantung kebutuhan dan keinginan Anda sendiri.
  3. Lalu, kemana sebaiknya menyebarkan flyer dan E-Flyer ini?
  4. Agen properti yang berdekatan lokasinya dengan rumah Anda
  5. Bisa juga pada agen properti yang telah memiliki nama (reputasi baik)
  6. Teman, saudara dan kerabat Anda

Survey posisi harga tanah di daerah Anda, karena apabila terlalu tinggi orang juga enggan untuk menawar, kasih harga yang wajar dengan memberikan nilai lebih rumah yang Anda jual, seperti lokasi yang strategis, akses toll, dekat pusat perbelanjaan, sekolah.

Beritahukan Lokasi Anda secara tepat, bisa menggunakan peta yang ada di google maps, sehingga calon pembeli tahu persis posisi rumah Anda, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk calon pembeli.

  1. Carilah jasa iklan gratis yang tepat dan terpercaya , seperti 88DB.com atau kaskus, karena banyak pengunjung yang akan melihat iklan yang Anda
  2. Beritahu status rumah dan spesifikasinya denga lengkap dan jelas.
  3. Tampilkan denah, lokasi, dan lengkapi dengan foto rumah yang ingin Anda jual sehingga memudahkan calon pembeli melihatnya.
  4. Berilah keterangan yang jujur, sesuai denga kondisi rumah, tanpa dikurangi atau pun dilebih-lebihkan.
  5. Sertakan juga peta lokasi rumah Anda dengan menggunakan fasilitas wikimapia atau Google maps.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar