Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.

Berikut ini daftar 10 air terjun tertinggi tertinggi di dunia. Beberapa nama mungkin nampak asing karena banyak sekali air terjun terkenal dunia ini karena keindahannya dan kebesarannya namun kali ini diurutkan berdasarkan ketinggiannya.

1. Angel Falls

Angel Falls

Angel Falls
Negara: Venezuela
Lokasi: Taman Nasional Canaima
Sungai: Gauja (Rio Gauya), anak sungai Rio Churún
Tinggi: 979 meter (3.212 kaki)
Informasi lain: Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (”Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.

2. Tugela Falls

Tugela Falls

Tugela Falls
Negara: Afrika Selatan
Lokasi: Taman Nasional Natal
Sungai: Tugela River
Tinggi: 948 meter (3,110 kaki)
Informasi lain: Ada terjun tertinggi kedua ini memiliki rata-rata volume 1 meter kubik /detik.

3. Cataratas las Tres Hermanas

Cataratas las Tres Hermanas

Cataratas las Tres Hermanas
Negara: Peru
Lokasi: Cordillera Oriental
Sungai: -
Tinggi: 914 meter (3000 kaki)
Informasi lain: Air Terjun ketiga tertinggi di dunia ini memiliki lingkungan indah yang terletak di hutan Amerika Selatan. Pepohonannya diduga mencapai ketinggian sampai 30 m. Sedangkan di bawah air terjun ini ada sebuah Danau dengan kedalaman mencapai 4 meter. Lingkungan air terjun Cataratas las Tres Hermanas memiliki keanekaragaman vegetasi dan hewan yang beraneka macam.

4. Oloʻupena Falls

Olo'upena FallsCatarata Yumbilla

Catarata Yumbilla
Negara: Peru
Lokasi: Cuispes, Arizonas
Sungai:
Tinggi: 896 meter (2938 kaki)
Informasi lain: Meskipun air terjun itu luar biasa karena ketinggiannya, volume air yang dihasilkan tidak besar karena me. Lokasinya juga cukup terpencil.

6. Vinnufossen

Vinnufossen

Vinnufossen
Negara: Norwegia
Lokasi: Sunndal, More Og Romsdal
Sungai: Vinnu
Tinggi: 860 meter (2822 kaki)
Informasi lain: Merupakan air terjun tertinggi di Eropa dan keenam di dunia.

7. Baläifossen

Baläifossen

Baläifossen

Negara: Norwegia
Lokasi: Ulvik, Hordaland
Sungai: Baläi
Tinggi: 850 meter (2788 kaki)
Informasi lain: Merupakan tertinggi kedua di eropa dan ketujun di dunia. Tetesan air terjun ini menuruni tebing setinggi 3.000 kaki ke perairan Osafjorden, anak sungai dari hulu Hardangerfjorden.

8. Pu’uka’oku Falls

Pu'uka'oku Falls

Pu’uka’oku Falls
Negara: USA
Lokasi: Molokai, Hawaii
Sungai: tak bernama
Tinggi: 840 meter (2756 kaki)
Informasi lain: Pantai utara Molokai memiliki tebing laut tertinggi di dunia. Setiap sungai yang turun atas tebing ini akan jatuh ribuan kaki ke laut. Termasuk air terjun ini.

9. James Bruce Falls

James Bruce Falls

James Bruce Falls
Negara: Canada
Lokasi: Princess Louisa Provincial Marine Park
Sungai: tak bernama
Tinggi: 840 meter (2755 kaki)
Informasi lain: James Bruce Falls adalah sebuah air terjun tinggi semi-musiman yang brasal dari danau salju kecil yang bertengger di atas pegunungan Prince Louisa . Nama James Brown adalah nama kakek dari seorang Surveyor yang meneliti Air Terjun ini.

10. Browne Falls

Browne Falls

Browne Falls
Negara: Selandia Baru
Lokasi: Fiordlands National Park
Sungai: -
Tinggi: 836 meter (2744 kaki)
Informasi lain: berada tengah-tengah pemandangan yang menakjubkan hutan hujan subtropis, jatuh ke teluk sempit di antara tebing tinggi di dekat Arm Hall. Seperti terlihat pada gambar, sumber airt terjun ini adalah adalah sebuah Danau 836 m diatas permukaaan laut yang saat penuh kemudian meluap ke sisi gunung.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar