Selama bulan suci Ramadhan, seluruh umat muslim, akan menjalani ibadah puasa. Selain puasa dari makan dan minum, pasangan suami-istri pun juga harus dapat menahan nafsu seks. Bagaimanakah caranya?

Puasa bukan halangan untuk melakukan seks, namun perlu diingat agar tidak melakukannya di siang hari saat sedang puasa, melainkan dilakukan pada malam hari.
Dokter spesialis Andrologi, dr. Nugroho Setiawan, Sp.And mengatakan, seks masih bisa dijalani dengan sehat asal tahu caranya. “Apalagi karena tidak mendapat seks di siang hari, jadi malamnya bisa dipuas-puasin,” ujar Nugroho.

Nah, berikut beberapa trik untuk melakukan hubungan bercinta yang sehat dalam bulan puasa:

Mengatur pola makan dengan baik

Makanlah sesuai kebutuhan, yaitu dengan mengkonsumsi karbohidrat, protein, lemak dan vitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama berpuasa di siang hari. Banyak-banyaklah minum air putih, karbohidrat, makanan berserat dan konsumsi vitamin atau suplemen agar stamina tetap terjaga.

Ada beberapa orang yang percaya bahwa dengan mengurangi protein mampu menahan libido agar tidak naik selama berpuasa, namun Nugroho mengatakan agar tidak perlu terlalu merisaukan hal itu.

“Yang dapat menahan nafsu itu kan hanya pikiran saja, jadi tidak perlu mengurangi asupan nutrisi,” ujarnya.

Istirahat cukup

Selama menjalankan puasa seseorang hendaknya tidak bekerja terlalu berlebihan, karena hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan seksualnya. Saat sang suami sudah merasa capek karena bekerja di kantor seharian, dan istri juga kecapekan karena harus menyiapkan makanan, baik saat buka atau sahur, acara seks biasanya batal karena masing-masing memilih beristirahat.

Oleh karena itu, tidur yang cukup serta menghindari pekerjaan-pekerjaan berat supaya stamina tetap terjaga saat akan bercinta dengan pasangan.

Lakukan hubungan seksual minimal 2 jam setelah buka puasa

Saat waktu berbuka tiba, setelah memuaskan perut, suami yang sudah tidak tahan lagi biasanya langsung ingin berhubungan dengan istri. Namun kita sebaiknya menunda dulu melakukan seks, karena perut yang baru diisi dan langsung dilanjutkan dengan seks tidak akan baik untuk kesehatan, perut akan terasa sakit.

"Tunda dulu minimal dua jam setelah berbuka atau sehabis Tarawih,” ujar Nugroho.

Melakukan seks sebelum sahur

Di bulan puasa, pasangan suami istri memang harus pandai memanfaatkan waktu karena waktu untuk bercinta sangat terbatas. Lakukanlah seks kilat tapi berkualitas sebelum sahur, karena istri harus menyiapkan sahur dan kita juga tidak ingin ketinggalan acara sahur.

"Sebelum sahur adalah waktu yang tepat untuk melakukan seks, karena tubuh sudah dalam keadaan yang fit dan optimal. Sebaiknya lakukan seks setelah melakukan salat tahajud atau witir pada waktu dini hari,” saran Nugroho.

Namun perlu diingat, janganlah kita bercinta lagi setelah sahur, karena selain tidak baik untuk perut, puasa kita juga dapat batal apalagi jika ketiduran.

Bulan puasa adalah bulan menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu. Tapi bukan berarti kita tidak dapat berhubungan seks. Dengan mengatur waktu yang baik, menerapkan pola hidup sehat, serta tidak menjadikannya beban, seks pun masih dapat dinikmati selama bulan puasa, bahkan lebih baik lagi.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar