1. Superstar

Pemain dengan karakter superstar adalah pemain yang memiliki kemampuan luar biasa. Memiliki keahlian untuk mengubah hasil pertandingan. Kehadiran pemain superstar memberikan dampak teknik hingga moril. Dengan keberadaan pemain superstar tim lebih percaya diri.

Memiliki gerakan dengan bola yang luar biasa, mampu mencetak gol di saat krusial dan memberi kemenangan pada tim. Selain itu pemain superstar juga menjadi alasan masyarakat atau penonton untuk datang ke stadion.

Saat ini pemain dengan karakter superstar bisa diberikan ke Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Kehadiran mereka di masing – masing tim sangat besar dan dibutuhkan. Tanpa kehadiran mereka tim bisa kehilangan point.


2. Jendral Lapangan

Pemain dengan karakter jendral lapangan adalah pemain yang memiliki visi yang luar biasa. Mereka memiliki kemampuan membangun serangan, memiliki umpan dan operan yang memanjakan strikter untuk mencetak gol. Gerakan dengan bola atau tanpa bola pemain ini sangat luar biasa sehingga mampu membuka ruang gerak untuk striker mencetak gol.

Pemain ini biasanya berada di lapangan tengah. Selain itu sebagian besar dari mereka selalu bermain full selama 90 menit. Karena tanpa kehadiran jendral lapangan arah serangan tim bisa berantakan dan jika digantikan dengan pemain yang tidak memiliki kemampuan yang sama baik bisa merugikan tim itu sendiri.

Di dalam negri kita kita memiliki jendral lapangan seperti Firman Utina sedangkan di luar negri kita bisa sebut Xavi Hernandez. Kedua pemain ini adalah figure yang sangat penting dalam tim dalam menentukan serangan dan variasi serangan.


3. Penyeimbang

Pemain dengan tipe penyeimbang adalah karakter pemain yang memiliki seperti angin, tidak terlihat namun terasa hembusanya. Terkadang peran mereka sering tidak dianggap atau terlupakan oleh penonton atau supporter. Biasanya mereka memiliki daya analisa arah pertandingan.

Mereka menjadi titik awal serangan dan titik awal pertahanan. Mereka memiliki perang menentukan arah serangan yang digunakan, serangan cepat, serangan sayap, umpang lambung atau umpan pendek ketika dalam kondisi bertahan mereka menjadi orang pertama yang menahan serangan lawan.

Biasanya pemain ini bisa bermain di banyak posisi, dari penyerang lubang hingga pemain bertahan. Karakter yang bisa bermain di banyak posisi ini terlihat pada diri Tony Sucipto jika dalam negri atau Sergio Busquets di luar negri.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar