Memiliki helikopter pribadi saat ini sangat dimungkinkan. Sekarang pun sudah ada pesawat luar angkasa ulang-alik khusus untuk wisatawan yang ingin jalan-jalan di luar angkasa, jadi bukan hanya untuk astronot. Mengapa tidak memiliki helikopter pribadi?




Berapa harga helikopter-helikopter pribadi ini?
EC135 Versi Hermes

Helikopter pertama yang saya bahas adalah helikopter yang tergolong kecil. Harga helikopter ini adalah 6 juta USD hingga 10 juta USD, atau 55,56 milyar Rupiah hingga 92,59 milyar Rupiah. Kisaran harga ini tergantung pada spesifikasi dan modifikasi yang diminta oleh pembeli. Jumlah penumpang yang bisa diangkut berkisar antara 4 hingga 6 penumpang.

Helikopter yang ada didalam gambar ini berjuluk Hermes ini adalah helikopter buatan Eropa, dengan seri produk EC-135 dan bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada produk-produk mewah.

Untuk Asia, helikopter ini sudah dioperasikan di Jepang untuk disewakan antara Tokyo dengan Bandara Internasional Narita, dengan ongkos sewa 790 USD, atau 7,315 juta Rupiah, sekali jalan.

EC145 Versi Mercy

Helikopter ini katanya, adalah helikopter dengan kemewahan ala Mercy. Harganya berkisar 7 hingga 13 juta USD.



Sama dengan helikopter di atas, helikopter ini dapat mengangkut 4 hingga 9 penumpang. Kalau bagian belakangnya digunakan untuk kargo, berarti penumpangnya cuma 4, tapi kalau ruang kargo digunakan untuk penumpang, bisalah helikopter ini mengangkut 9 penumpang.


Helikopter S76C

Helikopter ketiga yang dibahas ini adalah helikopter buatan Amerika yang sudah umum digunakan untuk kendaraan terbang pribadi, yaitu S 76 C. Jumlah penumpang yang diangkut lebih banyak dari helikopter yang dibahas pertama, yaitu 9 penumpang.

Harga dasarnya 7,3 juta USD atau , dan harga ini bisa membengkak hampir dua kali lipat jika sudah dimodifikasi sebagai kendaraan angkasa mewah pribadi.

Super Puma

Helikopter berseri varian AS332L ini harga dasarnya adalah 6,775 juta hingga 17,7 juta USD tergantung spesifikasi dan modifikasi yang diminta oleh pembeli.

Huruf L dibelakangnya menandakan bahwa seri ini dikhususkan untuk keperluan sipil. Helikopter ini memang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk sipil, militer, maupun SAR.

Jumlah penumpang yang bisa diangkut adalah 24 penumpang.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar