Ketika Anda mulai mengambil tindakan menuju impian, Anda harus menyadari bahwa tidak setiap tindakan akan sempurna dan menghasilkan sesuatu yang Anda inginkan. Tidak setiap tindakan akan bekerja sesuai impian, terkadang membuat kesalahan, mendapatkan hampir benar, dan percobaab untuk melihat apa yang terjadi adalah bagian dari proses untuk mendapatkan sesuatu dengan benar sesuai dengan impian.

Ada pepatah yang mengatakan “kegagalah adalah awal dari kesuksesan”, tetapi perlu kita ingat bahwa bukan berarti kesuksesan harus dimulai dari kegagalan. Bisa jadi kesuksesan dan impian yang Anda raih adalah hasil dari perenungan, pemikiran yang mendalam, hingga Anda beraksi.

Berikut saya berikan beberapa tips dalam meraih cita – cita dan impian Anda :

1. Kenali kemampuan dan cita – cita Anda

Ini adalah langkah paling awal dari pencapaian cita – cita, Anda harus mengatahui sampai dimana kemampuan Anda dalam mewujudkan sebuah impian, selain itu cita – cita dan impian Anda juga harus terukur sesuai kemampuan Anda.

2. Fokus pada tujuan

Mungkin Anda sering mendengat perkataan “untuk menjadi seorang ahli Anda harus fokus pada satu bidang”, fokus sangat penting diterapkan untuk mencapai suatu tujuan. Jika seseorang mengejar ayam 2 ekor disaat yang bersamaan, maka kemungkinan terbesar adalah ia tidak akan mendapatkan keduanya atau salah satu diantaranya.

3. Terus mengasah bakat

Langkah berikut adalah mengasah apa yang telah Anda kuasai/pelajari, dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik, karena orang terbaik tidak selalu sukses tapi orang terbaik lebih dekat dengan kesuksesan yang diimpikan.

4. Berani mencoba sesuatu yang baru

Hanya sedikit dari kita yang tidak jatuh bangun untuk mewujudkan impian, jadi jangan takut mencoba hal – hal baru yang bisa mendukung pencapaian tujuan / impian kita. Anda jangan melihat seberapa banyak Anda gagal, tetapi lihat seberapa banyak Anda mampu bangkit dari kegagalan tersebut.

5. Tekunlah berlatih

Mungkin kita bukan termasuk orang yang “pintar” namun bila kita memiliki semangat untuk belajar dan berlatih – mengasah tanpa henti kemampuan kita – bisa jadi kita akan lebih baik dari mereka yang “pintar”.

6. Belajar dan bertemanlah dengan orang sukses

Ada sebuah kata bijak “pengalaman adalah guru yang terbaik”, orang yang sukses tentu telah melalui banyak hal termasuk trial dan error dalam mewujudkan impian mereka, belajarlah dan berfikir seperti mereka, mungkin hasil yang kita perolah tidak akan sama dengan mereka, tetapi ini langkah penting agar Anda bisa menemukan cara yang lebih aman dalam mewujudkan impian.

7. Berdoa, Tawakal dan minta doa dari orang – orang yang kita cintai

Tidak bisa dipungkiri bahwa apapun yang kita miliki, apa yang kita raih, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang tidak lepas dari campur tangan Yang Maha Kuasa, jadi mendekatlah kepada-Nya dan minta dukungan dari orang – orang yang Anda cintai.

8. Jangan lupa bersedah

Mungkin Anda merasa belum cukup secara finansial untuk bersedekah, tapi coba Anda renungkan…adakah orang yang lebih menderita dari posisi Anda saat ini, bila Anda masih menemukan mereka – mereka yang berada dibawah Anda maka bersedekahlah – Anda tidak akan jatuh miskin karena bersedekah – justru sebaliknya.

Demikian tips singkat dari saya, semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua yang saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan impian.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar