Mungkin kita tidak asing lagi dengan golongan darah A, B, AB, dan 0 ( sebenernya bukan “ O “ huruf alphabet ke 15 tetapi 0 (nol) ).

Golongan darah A memiliki sel darah dengan antigen A
Golongan darah B memiliki sel darah dengan antigen B
Golongan darah AB memiliki sel darah dengan antigen A dan antigen B
Golongan darah 0 memiliki sel darah tanpa antigen
Jadi penyebutnya itu berasal dari antigen yang dimilikinya.

http://jalod.files.wordpress.com/2009/08/human-body-cells-01.jpg

Saat ini mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa golongan darah 0 bisa dipakai untuk transfusi ke golongan darah lain ( A, B, dan AB ) karena itulah golongan darah 0 disebut sebagai “Universal Donor”. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar, karena pemberian golongan darah 0 kepada golongan darah lain pada kenyataannya bisa memberikan efek samping pada si penerima. Terlebih lagi bila di dalam plasma darah, golongan darah 0 ini terdapat anti A atau anti B yang ber”titer” tinggi ( 1/64 ).

Di Negara – negara lain anggapan golongan darah 0 merupakan “Universal Darah” sudah tidak dianut lagi, kecuali kalau diberikan dalam bentuk Packed Red Cells.

G. B. Elliott dalam jurnalnya: “Transiently Dangerous Universal Blood” mengatakan bahwa Universal donor itu berbahaya. Dan sebenarnya pernyataan Dangerous Universal Donor ini sudah diperkenalkan oleh Levine dan Mabee di tahun 1923.

Sering timbul pertanyaan, golongan darah apa sih terbanyak dan terlangka?

Di seluruh dunia, rata – rata populasi terbanyak adalah golongan darah 0, disusul A, B lalu AB.

OK.. langsung ke point pentingnya

Sebenarya masih ada 1 golongan darah lain dan ini merupakan golongan darah yang langka, yaitu Bombay Type Blood. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau golongan darah ini ditemukan Bhende di Bombay, India pada tahun 1952. Golongan darah ini sangat langka dengan perbandingan 1 : 250.000. Golongan darah ini tidak memiliki ekspresi antigen sistem AB0 di permukaan sel darahnya. Jika diperiksa dengan sistem biasa maka yang akan muncul adalah golongan darah 0, tetapi pada kenyataannya tidak bisa menerima transfusi darah dari golongan darah 0, karena sebenarnya memang berbeda. Jadi, bila di antara kalian memiliki golongan darah Bombay Type, maka disarankan untuk menabung darah anda sedikit demi sedikit, karena bila sewaktu – waktu anda membutuhkan, anda tidak kebingungan untuk mendapat stoknya.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar