1. Kuil Taktshang adalah kuil paling terkenal di Bhutan. Bisa jadi salah satunya karena keunikan lokasi kuil ini yang berada di bibir jurang setinggi 3120 meter (10.200 kaki), sebagian berada di 700 meter (2.300 kaki) di atas dasar lembah Paro, 10 kilometer dari kota kabupaten Paro. Biara ini memiliki tujuh candi yang dapat dikunjungi. Namun beberapa bagian biara sedang direnovasi karena rusak parah terbakar. Salah satu cara mencapai biara ini adalah dengan mendaki bukit karang.

2. Candi Buddha Wat Rong Khun di Chiang Rai, Thailand, modelnya tidak seperti candi konvensional. Candi ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat. Konstruksi dimulai tahun 1998 dan diharapkan akan berakhir pada 2008. Wat Rong Khun berbeda dari candi lainnya di Thailand,) dirancang dalam warna putih beberapa bagiannya menggunakan kaca putih. Warna putih dipakai untuk melambangkan kesucian Buddha, sementara penggunaan kaca berwarna putih melambangkan kebijaksanaan Sang Buddha yang menyinari seluruh muka bumi dan segalanya.

3. Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Tengah, Indonesia. Terletak sekitar 18 kilometer sebelah timur kota Yogyakarta. Candi adalah sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Hal ini ditandai dengan arsitekturnya yang tinggi dan runcing, khas arsitektur candi Hindu, dan dengan tinggi 47m.


4. Pagoda Shwedagon yang juga dikenal sebagai Golden Pagoda berada di Yangon, Burma . Stupa setinggi 98 meter (sekitar 321,5 kaki) disepuh warna keemasan. Candi yang terletak di sebelah barat Kandawgyi Lake, di Singuttara Hill, tampak menyolok di kaki langit kota.

5. Temple of Heaven, yang secara harfiah berarti altar surga adalah sebuah kompleks bangunan Tao terletak di tenggara kota Beijing, di Kabupaten Xuanwu. Setiap tahun Kaisar Ming dan Kaisar Dinasti Qing mengunjungi kKompleks candi ini untuk mengikuti upacara syukur atas panen yang baik. Candi ini dianggap candi Tao sekalipun yang datang ke sini bukan hanya mereka yang beragama Tao. Terutama raja-raja yang memerintah sebelum kepercayaan Taoisme masuk.

6. Chion'in Bait di Higashiyama-ku, Kyoto, Jepang adalah pusat dari Jodo Shu (Tanah Murni Sect) yang didirikan oleh Honen (1133-1212). Di ruang Chion yang sangat luas tempat di mana Honen menyebarkan ajaran-ajaran-Nya sampai akhir hayatnya.

7. Sri Harmandir Sahib or Darbar Sahib kerap disebut sebagai The Golden Temple atau Bait Allah. Di sinilah tempat ibadah paling penting dari kaum Sikhs dan salah satu kuil tertua Sikh gurdwaras. Kuil ini terletak di kota Amritsar, yang didirikan oleh Guru Ram Das, dikenal sebagai "Guru Di Nagri" artinya kota Guru Sikh.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar