Musim penghujan seperti sekarang biasanya menjadi awal penyebaran penyakit musiman yang disebabkan oleh nyamuk. Biasanya penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, hingga malaria akan menyerang setelah musim penghujan berlalu. Karenanya kita harus melakukan pencegahan sebelum terlambat.



Saat musim penghujan, banyak genangan air yang digunakan nyamuk untuk menetaskan telur dan berkembang biak. Tentunya jika telur tersebut berhasil menetas, ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk juga semakin besar.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus melakukan pencegahan sebelum terlambat. Langsung saja, berikut adalah cara mencegah demam berdarah yang bisa kamu coba:


1. Hindari ruangan yang lembap dan perbaiki sirkulasi udara.
Ruangan yang lembap sangat suka dihinggapi nyamuk, karenanya hindari ruangan tersebut. Caranya, kamu bisa memperbaiki sirkulasi udara di ruangan tersebut agar udara bisa segar dan tidak lembap. Ini akan membuat nyamuk-nyamuk pergi dari kamar kamu.


2. Jangan biarkan baju kotor menumpuk.
Baju atau celana yang kotor mempunyai banyak kuman dan sangat suka dihinggapi nyamuk. Agar ruangan kamu tidak banyak nyamuknya sebaiknya taruh baju kotor kamu di kardus dan tutup rapat-rapat atau kamu bisa mencucinya langsung agar tidak menumpuk.


3. Cobalah menanam tanaman anti nyamuk.
Kamu bisa menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk, misalnya bunga lafender atau jeruk. Letakan tanaman tersebut di pekarangan atau dekat dengan jendela kamar kamu agar nyamuk tidak berani masuk.


4. Biarkan sinar matahari masuk ke ruangan.
Nyamuk adalah hewan yang beraktivitas di malam hari, itu artinya nyamuk tidak suka dengan matahari. Sinar matahari yang panas bisa membuat nyamuk itu kehilangan cairan dan akhirnya mati. Jadi, biarkanlah sinar matahari masuk ke dalam setiap ruangan di rumahmu agar nyamuk yang ada pergi.


5. Lakukan program 3M.
Setelah melakukan semua hal di atas, sekarang saatnya kamu melakukan program 3M (menguras, menutup dan mengubur). Pemerintah sudah meminta masyarakat dan pihak terkait untuk melakukan program 3M agar bisa membasmi demam berdarah dan perkembang biakan nyamuk.

Itulah lima cara mencegah penyebaran penyakit oleh nyamuk. Jika kita bisa melakukan kelima hal tersebut dengan baik, pasti kesehatan kamu dan keluarga bisa lebih terjaga. Ayo, basmi penyakit nyamuk mulai dari sekarang!



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. sehat selalu gan...

     
  2. demamberdarah bisa diatasi oleh xamthone plus sama jelly gamatt gann

     
  3. tips yang harus di tiru nih gan,,
    terutama kita dan tempat kita harus selalu bersih :)

     
  4. betul sekali, gan kita harus lebih waspada dan berhati-hati.
    jangan sampe sudah terkena penyakit DBD baru menyesali.
    tips-tipsnya boleh juga tuh, hee :)

     
  5. Sangat bermanfaat nih ilmunya makasih nih ilmunya...

     
  6. Sangat bermanfaat nih ilmunya makasih mo berbagi....

     
  7. nice info gan...

     

Poskan Komentar