Ada modus baru penipuan di lokasi automatic teller mechine (ATM). Namanya "Money laundring via ATM". Memang belum ada laporan masuk ke polisi mengenai penipuan ini.

Namun kabar penipuan ini telah menyebar luas melalui situs jejaring sosial, Yahoo Messenger maupun BlackBerry Messenger.

Modus kejahatan ini caranya dengan menukarkan uang palsu yang dimiliki pelaku dengan uang asli yang akan ditransfer korban.

Dalam pesan yang tersebar melalui BlackBerry Messenger, maupun situs jejaring sosial lainnya adalah sebagai berikut:

"Hati-hati apabila di ATM tiba-tiba Anda mendengar orang di sebelah Anda, yang juga sedang di depan ATM, teriak "Wah..! Saya salah! mestinya mau transfer ini malah tarik tunai..!"

Anda akan lihat orang itu memegang segepok uang tunai. Setelah itu, dia akan menoleh ke Anda. "Bisa tolong saya? Uang tunai ini silahkan diambil. Tapi tolong saya ditransferkan uang yang saya berikan ini..!"

Well, sudah tau kan kelanjutannya? Kalau Anda mengikuti perminta orang itu, berarti Anda mentransfer uang asli Anda ke rekening dia. Sementara uang yang Anda terima itu adalah uang palsu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, polisi tengah menyelidiki modus baru ini. Sebab modus ini merupakan cara baru untuk mengedarkan uang palsu.

"Kita minta masyarakat untuk tidak mudah percaya dan terkecoh dengan modus tersebut," katanya saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 8 Oktober 2010.

Namun Boy menduga biasanya yang menjadi target dari modus tersebut adalah wanita, karena mereka bisa mudah percaya. "Lebih mudah diberdaya dan tak tega, sehingga mencoba menolong," ungkapnya.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan siapapun yang baru dikenal. "Ini merupakan modus baru dari sindikat pengedar uang palsu," katanya. (VivaNews)

Berita Diatas emang bener gan, Ane sempat ngalamin juga, waktu ane mau ambil uang di ATM BCA pada malam hari, ada mas-mas yang bilang ke ane, "Mas, Mau ambil Uang ya mas, saya minta tolong transferin uang ke rekening teman saya boleh mas, ini saya kasih uang 200rb buat pengganti transferan saya, tolong ya mas, ini darurat mas bank tutup mas, saya bingung" . Karena ane orangnya pintar (agak songong ) Ane bilang aja, "waduh mas kalo uangnya pecahan 100rb ane ga mau mas, kalo ada tuker dulu yang 20rb-an nnt saya Transfer" Ehh dianya malah bingung dan bilang "yaudah deh kalo ga bisa mas" padahal di depan tuh ATM ada toko kelontong, kalo misalnya emang butuh knapa ga berkorban nukerin uang itu dulu baru di kasih ane. mangkanya Jangan Percaya Ma begituan gan, Ane si bukanya Berprasangka buruk ke orang itu, tapi buat jaga-jaga aja.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. hemp..ternyata di ATM pun bisa ada modus penyebaran uang palsu ya.

     

Poskan Komentar