kita hidup di bumi yang ekstrem dan penuh dengan fenomena serta keanehan.bumi adalah planet yang liar, yang penuh dengan gunung berapi dan gempa bumi mematikan, serta terdapat berbagai bencana alam lainnya. Tapi apakah anda tahu yang mana yang lebih buruk??Beberapa lembah di bumi terdapat di dsar laut.Gunung2x menjulang tinggi di langit. dapatkah anda menyebutkan tempat terendah di bumi?puncak tertinggi? Tahukah anda berapa jauh jarak ke perut bumi dan ada apa saja di sana??Dimanakah tempat terpanas,terdingin,tergersang dan paling berangin di bumi ini??Beberapa paparan mengenai bumi kita yang ekstrem dan beberapa fakta mengagumkan lainnya disajikan dalam format Tanya dan Jawab.sumber dari paparan ini adalah dari US Geological Survey dan National Oceanic and Atmospheric Administration degan beberapa laporan dari SPACE.com.
1.Dimanakah tempat terpanas di bumi??

mungkin anda akan menebak Death Valley di California. mungkin benar untuk beberapa waktu yang lalu.Tapi El Azizia di Libya tercatat mencapai suhu 136 derajat farenheit (57,8 derajat celcius)pada 13 september 1922. suhu terpanas yang pernah diukur.di Death Valley suhunya tercatat 134 derajat fahrenheit pada 10 juli 1913.
2.Dimanakah tempat terdingin di bumi??

temperatur terendah yang pernah diukur di bumi adalah -129 derajat fahrenheit (-89 derajat celcius) di VOSTOK Antartica pada 21 Juli 1983.
3.apa yang menyebabkan Guntur/Geledek?

Udara di sekitar petir/kilat sangat panas sekitar 5 kali temperatur matahari.peningkatan panas secara tiba tiba ini menyebabkan udara mengembang lebih cepat dari kecepatan suara, yang menekan udara sehingga membentuk shockwave/gelombang kejut;kita mendengarnya sebagai Geledek.
4.Dapatkah batuan mengambang/mengapung??

Pada Ledakan vulkanik, pemisahan gas dari lava menciptakan batuan yang disebut pumice, yang berisi gelembung gas.Beberapa dari pumice bisa mengambang
5.Dapatkah Batuan bertumbuh ?

ya..tetapi melihatnya tumbuh tidak lebih menarik dari melihat cat mengering. Batuan yang disebut kerak Iron-manganese bertumbuh di gunung2x bawah laut.kerak tersebut mngendapkan material dari air laut secara perlahan, tumbuh sekitar 1 millimeter setiap 1000th. Kuku pada jari anda tumbuh dengan ukuran yang sama setiap dua minggu.
6.Berapa banyak debu luar angkasa yang jatuh ke bumi seiap tahun??

diestimasikan bervariasi, tapi USGS mengatakan paling sedikit 1000 juta gram, atau kurang lebih 1000 ton material luar angkasa memasuki atmosfir bumi setiap tahun dan menuju ke permukaan bumi. Satu grup ilmuan mengklaim microba yang menyebabkan epidemik flu juga berasal dari material asingdari ruang angkasa.belum ada bukti mngenai teori ini.
7.Seberapa jauh debu biasa tertiup oleh angin??

penelitian pada 1999 menunjukan bahwa debu dari africa dapat mencapai florida AS. debu ini telah tertiup oleh angin dari africa utara dan terbawa setinggi 20.000feet ( 6.100 m).dimana debu ini terperangkap di trade winds dan terbawa sepanjang lautan.Debu dari cina juga dapat mencapaiAmerika utara.
8.Dimana Air terjun Tertinggi di dunia??

Air Terjun Angel Falls di Venezuela. dengan tinggi mencapai 3.212 feet (979 meter).
9.Kota terbesar apa di AS yang ditakdirkan "menyatu"??


Patahan San Andreas yang membentang dari utara-Selatan, bergeser 2 inchi (5 cm) per tahun, menyebabkan Los Angeles bergerak menuju San Fransisco. Para Ilmuan meramalkan LA akan menjadi bagian dari San Fransisco dalam 15 juta tahun lagi.
10.Apakah Bumi Bulat??

karena planet berputar dan lebih fleksibel dari yang kita bayangkan,planet membengkak di bagian tengah, menciptakan bentuk seperti labu (lonjong).pembengkakan ini berlangsung selama berabad-abad tetapi sekarang, tiba2x pembengkakan itu terus tumbuh.Penelitian baru-baru ini menunjukan mencairnya glacier es di bumi yang lebih cepat dipercaya menjadi penyebab "pembengkakan equatorial" ini.
11.Berapa berat manusia 100 pounds di mars??

Gravitasi di mars adalah 38% dari gravitasi di dasar laut di bumi.jadi manusia berbobot 100 pounds di bumi menjadi 38 pounds di Mars.berdasarkan perhitungan NASA. tetapi akan butuh beberapa dekade lagi untuk membuktikan asumsi ini.
12.Berapa lama 1 tahun Mars??

Planet merah ini membutuhkan waktu 687 hari bumi untuk mengitari matahari sementara bumi membutuhkan 365 hari. Calendar di Mars sekitar 670 hari dengan beberapa hari dilompat untuk menyamakannya. dan akan lebih menariklagi bagaimana meraka menetukan perhitungan bulan di mars,mnegingat mars memiliki 2 bulan sbg satelit mrk.
13.Berapa lama rata2 1 hari di Mars

Ornga Mars dapat tidur/bekerja setengah jam lebih banyak dari anda.1 Hari di mars adalah 24 jam 37 menit, sementara di bumi 23 jam 56 menit. Satu hari di planet nanapun di tata surya kita ditentukan dari berapa lama bumi/planet berputar sekali pada porosnya, membuat matahari terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari.
14.gunung berapi apa yang terbesar di bumi??

Gunung Mauna Loa di Hawaii menyandang gelar itu di bumi.berdiri dangan ketinggian lebih dari 50.000 kaki (9.5 miles atau 15,2 kilometer) dari dasarnya, yang berada di dasar lautan.Tetapi record itu berubah.Gunung Olympus di Planet Mars menjulang 16 miles (26 kilometer) di atas langit Mars dan dasarnya hampir seluas negara bagian Arizona.
15.Dimanakah gempa bumi paling mematikan di bumi??


gempa paling mematikan yang tercatat terjadi pada tahun 1557 di china bag tengah. gempa ini menyerang daerah dimana sebagian besar orang hidup di gua2x yang dipahat dari batuan yang lunak.pemukiman itu runtuh,diperkirakan membunuh sekitar 830.000 orang. di tahun 1976 gempa mematikan lainnya melanda Tangshan, China.lebih dari 250.000 orang terbunuh.
16.Gempa apakah yang terkuat di bumi??


gempa bumi di chili tahun 1960, yang terjadi di lepas pantai, memiliki daya 9.6 skala richter dan mnyebabkan patahan sepanjang lebih dari 1.600 km.
18.Berapa jauh ke dalam perut bumi??

jarak dari permukaan bumi ke dalam perut bumi(pusat bumi) sekitar 3.963 miles ( 6.378 kilometer). kebanyakan dari bumi adalah cairan.kebanyakan bagian keras bumi hanya setebal 41 miles (66 kilometer)-atau berbicara relatif lebih tipis dari kulit apel.
19. Apa gunung tertinggi di bumi??

Gunung tertinggi di bumi adalah Mount Everest di bagian Nepal-Tibet pegunungan Himalaya mencapai tinggi sekitar 29.035 feet ( hapir 9 kilometer) di atas permukaan laut. Tingginya kemudian direvisi lebih tinggi 7 feet berdasarkan pengukuran melalui GPS satelit pada tahun 1999.
20.Apakah Bulan selalu begitu dekatnya??

beberapa juta tahun yang lalu bulan lebih dekat dengan bumi.Bulan ada pada orbit terdekatnya. membutuhkan hanya 20hari untuk berputar mengelilingi kita menandai satu bulan calendar.Satu hari di bumi pada saat itu hanya 18 jam lamanya.Bulan masih bergerak menjauh sekitar 1,6 inci (4 cm) per tahun.Sementara rotasi bumi semakin pelan, memperpanjang hari kita. di masa depan 1 hari 960 jam lamanya.
21.Dimanakah titik daratan terendah di bumi??

Pantai Laut Mati di Timur tengah sekitar 1300 feet atau 400 meter di bawah permukaan laut.yang kedua Bad Water di Death Valley, California hanya 282 feet di bawah permukaan laut.
22.Sungai Apakah yang terpanjang di bumi??

Sungai Nil di Africa membentang 4.160 miles atau 6.695 kilometer.
23.Tempat apakah yang ter gersang di bumi??

sebuah tempat bernama Arica di Chile, hanya memiliki curah hujan sebesar 0.76 milimeter per tahun. dengan tingkat seperti itu akan membutuhkan 1 abad untuk mengisi 1 cangkir kopi
24.Apa yang menyebabkan Tanah Longsor?

hujan yang terus menerus dalam waktu singkat menyebabkan pendangkalan.lumpur dan reruntuhan mengalir.Secara perlahan,hujan yangterus menerus pada periode yang lama akan menyebabkan longsor yang dalam dan bergerak lambat.material berbeda akan berperilaku berbeda pula.Setiap tahun di amerika terjadi gempa yang menyebabkan kerugian $ 2milyar di AS.Dalam badai besar di wilayah San Fransisco pada Januari 1982 sekitar 18.000 reruntuhan mengalir dalam 1 malam.kerugian diperkirakan $ 66 juta dan 25 orang meinggal.
25.Apakah benda di perut bumi kita bergerak??

ya…bahkan pada tahun 1999 para ilmuan menemukan bahwa material cair di dalam dan di sekeliling perut bumi bergerak. pergerakan dinamik tersebut sama seperti tornado.dan planet kita bergerak dengan cara yang aneh.
26.Apakah Lembah Terbesar di bumi ?

Grand Canyon adalah lembah terbesar di bumi.Panjang cabang utamanya 277 mil (446 km).Tapi mari kita bandingkan.Valles Marinesis di Mars tersebar mencapai sekitar 3000 mil (4.800 km). Jika ditambahkan pada peta AS, maka akan membentang dari New York Ke kota Los Angeles. Di Mars celah dari lembah ini mencapai kedalaman 8 kilometer.
27.Berapa banyak gunung berapa di bumi yang telah meletus selama sejarah??

terdapat 540 gunung berapi di darat yang diketahui.tidak ada yang mengetahui berapa banyak gunung berapi bawah laut yang meletus dalamsejarah
28.Apakah sebagian besar udara adalah oksigen??

Atmosfir Bumi sebenarnya 80 persen nitrogen. kebanyakan sisanya oksigen dengan beberapa bgian kecil material lain di dalam nya.
29.Berapa persenkah Air di Bumi berada di lautan?

Sekitar 97 %. Lautan menutupi hampir 2/3 dari permukaan bumi.yang artinya jika asteroid menabrak bumi kita kemungkinan terbesarnya adalah menghantam lautan.
30.Bagian Bumi manakah yang memiliki Persediaan air tawar terbesar?
antartika

greenland

Hampir 70% Persediaan air tawar di bumi tersimpan di lempengan es Antartica dan Greenland. Sisa dari persediaan air tawar tersebut terdapat di atmosfir, sungai, danau air bawah tanah yang hanya 1% dari persediaan air di bumi.
31.Berapa banyak daratan yang terdapat di bumi??

ada sekitar 196.950.711 mil persegi atau sekitar 510.100.000 km persegi.
32. Danau apakah yang terbesar di bumi??

berdasarkan ukuran dan volumenya adalah Laut Caspian, terletak diantara Eropa Timur dan Asia Barat.
33.Seberapa Panaskah di dalam bumi kita??

Temperatur bumi meningkat 36 derajat farenheit (20 derajat celcius) setiap kilometernya (0.62 MIL) kita turun ke dasar bumi kita. mendekati perut bumi,tmperatur diperkirakan paling sedikit mencapai 7000 derajat fartenheit (3.870 derajat celcius).
34.Negara mana saja yang memiliki jumlah Gunung berapi paing aktif di bumi?



Negara tersebut adalah Indonesia, Jepang dan Amerika serikat diurut berdasarkan aktivitas vulkaniknya.
35.Berapa banyak orang yang terbunuh oleh letusan gunung berapi selama 500 tahun ini?

sekitar 300.000 antara 1980 s/d 1990,aktivitas volcanic membunuh paling sedikit 26.000 orang.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. obat mioma Says:
  2. subhanallah, ternyata banyak sekali hal2 yang belum kita ketahui selama kita di bumi ini, terima kasih sudah berbagi informasinya.

     
  3. TOP banget deh gannn ini info mengenaiii bumii,,,

     
  4. nice info gan pokoknya...

     

Posting Komentar