1. Hongkong





Hongkong merupakan salah satu negara di Asia Timur. Negara Hongkong memiliki luas wilayah hanya 1.092 km². Jumlah penduduknya sekitar 7,903,334. Namun dengan semua keterbatasan itu Hongkong menjelma menjadi salah satu kekuatan besar di Asia. Negara ini sangat terkenal sebagai pusat perdagangan. Selain itu Hongkong juga menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai negara. Apalagi semenjak dibukanya Hong Kong Disneyland Resort. Tidak kurang 20 juta lebih turis asing mengunjungi Hongkong setiap tahun. Hongkong memiliki Bandara Internasional yang bernama Kai Tak. Bandara ini bahkan bisa menampung 36 juta penumpang yang jauh lebih besar daripada penduduk Hongkong sendiri. Hampir semua mode transportasi sudah terdapat di Hongkong seperti kereta api, bus, trem, MRT, monorail, feri, dan taksi. Saat ini Hongkong meraih predikat sebagai negara dengan kota terjangkung di dunia. Dengan lebih dari 7.500 gedung pencakar langit yang tertancap di bumi Hongkong. mengalahkan pesaingnya terdahulu kota New York, Amerika Serikat.
2. Singapura




Singapura merupakan salah satu negara yang terdapat di Asia Tenggara. Singapura memiliki jumlah wilayah yang lebih kecil daripada Hongkong yaitu 704 km². Jumlah penduduknya juga lebih kecil yaitu sekitar 4,608,167 juta jiwa. Namun kemajuan negara Singapura tidak kalah daripada Hongkong. Kalau Hongkong memiliki bandara internasional Kai Tak maka singapura memiliki bandara internasional Cangi. Bandara internasional Cangi mampu menampung 32 juta lebih penumpang. Pelabuhan di Singapura merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan merupakan salah satu pusat pertukaran mata uang terbesar di dunia setelah London, New York dan Tokyo. Perekonomian singapura ditopang oleh ekspor yang besar dan pengolahan bahan mentah yang diimpor dari negara lain termasuk Indonesia yang menjadi salah satu pengimpor bahan mentah terbesar di Singapura. Sama halnya seperti Hongkong, Singapura juga menjadi salah satu negara di Asia dengan mode transportasi terlengkap.

3. Qatar





Qatar merupakan salah satu negara yang terdapat di timur tengah. Qatar memiliki luas wilayah sekitar 11,437 km2. Jumlah penduduk Qatar hanya 1.699.453. Walau tergolong kecil dari jumlah wilayah dan penduduk Namun Qatar sudah resmi jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Qatar merupakan salah satu negara pengekspor minyak terbesar. Namun saat ini pemerintah Qatar sedang fokus dalam mengembangkan usaha yang berbasis teknologi baik di luar maupun di dalam negeri Qatar. Dengan PDB per kapita nomor 2 tertinggi di dunia dengan perkiraan tahun 2008 sekitar $111.000 yang menjadikannya sebagai negara dengan taraf hidup penduduknya bisa disamakan bahkan lebih maju dibandingkan negara-negara Eropa Barat dengan berbagai layanan sosial dan fasilitas modern. Salah satu yang menjadi fokus pemerintah Qatar adalah sektor Komunikasi. Vodafon yang sudah tidak asing lagi ditelinga merupakan perusahaan komunikasi asal Qatar. Selain itu salah satu stasiun TV Internasional yaitu Al Jazeera juga berasal dari negara ini.

4. UEA (Uni Emirat Arab)





Uni Emirat Arab terletak di wilayah Timur Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang paling progresif pembangunannya di dunia terutama sektor properti. Banyak gedung-gedung ternama di dunia yang terdapat di negara ini diantaranya burj al arab yang merupakan hotel dengan tarif termahal di dunia dan burj dubai yang merupakan gedung tertinggi di dunia. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Pemerintah Uni Emirat arab tergolong ambisius. Di saat krisis ekonomi yang terjadi tahun 2008 mereka justru meresmikan berbagai mega proyek. salah satunya adalah dubai waterfront yaitu menciptakan daratan sendiri di luat yang diciptakan sebagai pusat bisnis dan hiburan
5. Jepang





Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang. Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan modern seperti AEGIS serta skuad armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB.Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

6. Indonesia




Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau besar dan kecil, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Indonesia diprediksikan 2020 akan menemui kejayaannya kembali seperti Sriwijaya dan Majapahit. Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis di Indonesia. kini Investor asing berlomba-lomba menanamkan investasinya di bumi Indonesia. Indonesia dengan beragam suku, budaya, agama, dan bahasa membuatnya lebih kaya dan bisa hidup rukun dan bersatu. Bali, Sumatera Barat, Papua, Makassar, Medan, Bandung, Jogja, Surabaya, Maluku, Pontianak, manado merupakan beberapa kota-kota besar di Indonesia dengan kemajuan dan kekayaannya yang berbeda-beda.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar