Kesadaran manusia akan adanya kekuatan yang tidak tampak, kekuatan yang membimbing mereka sudah ada sejak jaman dahulu. Beberapa diantaranya menyembah berhala, menyembah dewa-dewi, menyembah roh, beberapa diantaranya menjadi agama yang menyembah Tuhan Yang Esa. Untuk Postingan kali ini kita akan melihat 5 agama yang memiliki kepercayaan yang tidak lazim.

1. Sang Pangeran Philip Movement
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/15/HRH_The_Duke_of_Edinburgh_Allan_Warren.jpg
Suku Yaohnanen di selatan pulau Tanna, Vanuatu menganggap Pangeran Philip sebagai dewa, percaya dia menjadi anak roh kuno yang mendiami sebuah gunung di dekatnya.Bagaimana tepatnya mereka mulai percaya keilahian sang pangeran tidak jelas, namun tampak bahwa di tahun 1950-an mereka menggabungkan keyakinan Kristen yaitu kembalinya seorang Messiah dengan rasa hormat kepada Royal Highness otoritas Inggirs penguasa koloni New Hebrides (sekarang Vanuatu).

2. The Jon Frum Movement
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/37/JohnFrumCrossTanna1967.jpg

Juga di Pulau Tanna kultus yang menganggap Amerika sebagai dewa. Gerakan Jon Frum, yang telah aktif sejak tahun 1930-an berpendapat seorang pria Amerika bernama Jon Frum akan membawa kekayaan kepada mereka yang mengikuti-Nya, menurut versi Wikipedia John Frum sebenarnya adalah penduduk lokal bernama Manehivi yang selalu memakai pakaian Barat. Dia kadang-kadang digambarkan sebagai hitam, kadang-kadang putih. David Attenborough melaporkan perjumpaannya dengan Frum: "E terlihat seperti anda". 'E punya wajah putih. 'E pria jangkung. 'E jayalah Amerika Selatan. " Eh kenapa dia pakai E banyak sekali ya?
Ajaran utamanya adalah menolak kehidupan Eropa, uang, pendidikan Eropa, Kristenisasi, dan bekerja di kebun Kopra. Frum lalu ditangkap, dipermalukan, dan diasingkan ke pulau lain oleh pemerintah kolonial. Namun ketika tentara Amerika datang awal 1940-an gerakan ini semakin berkembang dan mengasosiasikan John Frum dengan tentara kulit hitam Amerika.
Pada tahun 1957, seorang pemimpin gerakan John Frum, Nakomaha, menciptakan "Tanna Army", sebuah organisasi ritual non-kekerasan yang menyelenggarakan parade militer, wajah mereka dicat warna ritual, dan memakai t-shirt putih dengan huruf "TA USA" (Tanna Tentara AS). Parade ini masih berlangsung setiap tahun pada tanggal 15 Februari. Kenapa tanggal 15 Februari? karena mereka yakin pada tanggal itulah John Frum akan kembali ke Tanna (tahun tidak diketahui).

3. Jedi-ismhttp://2.bp.blogspot.com/_AWN6dWNl0Os/S9nyJVM1GII/AAAAAAAAAWQ/JY-7nbNGYY4/s400/obi-wan-kenobi-01-large.jpg
George Lucas, pencipta film Star Wars, mungkin tidak mengira bahwa film itu akan menciptakan sebuah agama baru, yang pengikutnya sungguh-sungguh percaya pada adanya "The Force". Menurut mitologi Star Wars, The Force adalah energi yang memegang alam semesta bersama-sama dan mengalir melalui setiap hal yang material. "Real World Jedis", julukan mereka, percaya bahwa mereka dapat memanipulasi Force. Pada tahun 2009, Daniel Jones, pendiri gereja Jedi di Holyhead dilarang masuk ke sebuah supermarket Tesco di Bangor karena menolak membuka tudung karena alasan-alasan religius.

4. Raelism
http://1.bp.blogspot.com/_-rS5pXNsudg/SxW4-9iG0YI/AAAAAAAAAdA/YC_RsvGsz-s/s1600/raelian_swastika_hexigram.jpg
Didirikan oleh seorang pengemudi mobil balap Perancis bernama Claude Vorilhons, yang berganti nama dirinya Rael, Raelians percaya bahwa manusia diciptakan dalam laboratorium makhluk asing 25.000 tahun yang lalu, bahwa alien akan tiba di Yerusalem pada tahun 2025, dan bahwa Rael mengajarkan perdamaian dan "meditasi sensual ". Rael juga mendirikan Clonaid, sebuah perusahaan yang mengklaim telah mengkloning anak manusia.

5. The Church of All Worlds (Gereja Seluruh Dunia)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fb/Dearinth_Goddess.png
Gereja Semua Worlds adalah agama neo-pagan didirikan pada 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart dan istri nya Morning Glory Zell-Ravenheart. Mereka terinspirasi oleh agama fiksi dengan nama yang sama dalam Stranger in Strange Land, sebuah novel oleh Robert A. Heinlein. Baru-baru ini, mengikuti tradisi yang terinspirasi oleh literatur, Zell-Ravenheart mendirikan Sekolah Ilmu Sihir Grey, terinspirasi model Hogwarts, sekolah dalam novel Harry Potter.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar