Hi Sahabat Menurut Anda, Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh sebuah blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang? Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada gunanya.

Barangkali jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda sendiri yang menentukan.

Yang pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal membuat mata siapapun yang melihatnya melotot keluar. ^_^ (berlebihan ya?? tapi ga juga)

Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:

1. TechCrunch.com

TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara Rp.102.650.000!).

2. Mashable.com

Mashable adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.

3. PerezHilton.com

PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not from Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan banner.

4. Gothamist.com

Gothamist adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line “New York City News, Food, Arts and Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

5. TimothySykes.com

Blog ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat. Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

6. VentureBeat.com

VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.

7. LifeHacker.com

LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner.

8. TutsPlus.com

TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang mengusung tag line “Mad Skills” ini menghasilkan $55,000 per bulannya (atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan banner.

9. SmashingMagazine.com

Smashing Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz, seorang web designer asal Jerman.

10. StevePavlina.com

Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for Smart People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. teTuku Says:
  2. Mau penghasilan tambahan dengan bisnis murni?
    Bisnis listing company profile dengan penawaran kepada UKM disekitar anda bisa hasilkan jutaan per bulan. Silahkan pelajari caranya di www.tetuku.com

     

Posting Komentar