Sementara membatasi emisi merupakan cara terbaik untuk menghentikan pemanasan global, para peneliti di seluruh dunia sedang mencoba untuk menemukan cara yang lebih efisien untuk menyelamatkan planet kita dari ujung kehancuran yang tidak jauh lagi jika emisi karbon dioksida global terus meningkat dengan kecepatan yang sama . Kesadaran terhadap lingkungan sudah pasti menyebabkan banyak penemuan, teknologi hemat energi dan konsumsi sumber energi alternatif . Di bawah ini adalah 7 penemuan yang paling menakjubkan bagi Pemanasan Global.

1. RUMAH MENGAPUNG

Pemanasan global tidak hanya meningkatkan suhu global tetapi juga telah mengambil daerah pesisir. Masalah banjir dan kekurangan perumahan secara bersamaan telah menyebabkan pembangunan rumah terapung yang unik. Rumah seperti ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan Dura Vermeer dan dipasang di pantai Maasbommel kota di Tahun 2007. Mereka terdiri dari kubus berongga yang memberikan mereka upthrust dan memungkinkan mereka untuk mengapung di air. Rumah-rumah Terapung ini bisa menahan kenaikan hingga lima meter di permukaan air laut.





2. Gletser Buatan

Negara-negara berkembang yang berbasis Pertanian seperti India sepenuhnya tergantung pada hujan dan sungai. Sungai-sungai di India, Peru, Chili dll dan banyak Negara tergantung gletser dengan mencairnya gletser adalah masalah besar bagi Negara-Negara Pertanian. Untuk mengatasi masalah ini sebuah konsep menciptakan sebuah gletser buatan telah diberikan oleh Chewang Norphel, seorang insinyur sipil pensiunan di wilayah Ladakh India Utara. Gletser-gletser buatan ini menyediakan air bersih di musim panas. Gletser diciptakan dengan mengumpulkan air ke kolam dangkal diblokir dengan tanggul berbatu. Air di kolam dibekukan dengan menurunkan suhu menjadi bentuk lembaran es. Ketika musim panas datang air ini mencair dan digunakan untuk menanam tanaman. Gletser buatan terbesar dengan ukuran satu meter dan lebar dan 45 kilometer.




3. Tanaman Tahan Panas dan Kekeringan

Tidak sulit bagi manusia untuk bertahan hidup di panas yang terik tetapi tidak mungkin untuk tanaman untuk tetap hidup dalam kondisi seperti itu. Peneliti menggunakan metode pemuliaan tanaman selektif untuk beradaptasi dengan kondisi iklim. Perilaku dan karakteristik spesies toleran kekeringan dipelajari dengan seksama dan fitur mereka ditambahkan ke tanaman dengan rekayasa genetika. Para peneliti telah bereksperimen dengan lobak dan jagung, dan tanaman sampel toleransi terhadap iklik panas terik 40 persen lebih baik daripada varietas konvensional. Demikian pula tes yang dilakukan pada gandum di Mesir yang diklaim menggunakan seperdelapan dari air yang digunakan oleh tanaman gandum konvensional.



4. Pembangkit Listrik Gedung Pencakar Langit


Sebuah bangunan yang unik telah dirancang oleh arsitek David Fisher di Dubai, di mana setiap lantai dapat berputar pada sumbu sentral independen dari lantai lain gedung. Bentuk bangunan ini terus-menerus berubah dengan rotasi lantai nya. Bangunan ramah lingkungan ini dilengkapi dengan turbin angin di antara setiap lantai yang menghasilkan sejumlah besar energi yang dapat daya 10 bangunan berukuran serupa. Setelah merancang bangunan hijau untuk Dubai, Fisher adalah merancang menara yang sama untuk London, New York dan Moskow.


Tautan
5. Pertanian Bertingkat


Memproduksi tanaman lebih dekat dengan konsumen dan menggunakan teknik yang efisien akan mengurangi air yang terbuang dan sumber daya lain yang digunakan untuk pertanian. Dickson Despommier di Columbia University di New York City menyatakan bahwa 80 persen dari lahan yang tersedia untuk pertanian sudah digunakan dan untuk memberi makan orang lebih hingga tahun 2050 kita harus memproduksi tanaman di peternakan di Pencakar Langit. Sistem tenaga Matahari akan digunakan untuk menumbuhkan tanaman, dan akan ada ketentuan untuk mendaur ulang air dan sampah dengan cara alami. Tanaman akan aman dari banjir serta kekeringan dan jumlah yang diperlukan irigasi dapat diberikan.




6. AC Bertenaga Matahari

Kenaikan suhu yang tinggi di Australia telah membuat musim panas sangat panas dan tak tertahankan. Demikian pula ada permintaan besar untuk peralatan pendingin udara di California. Mike Dennis, seorang insinyur di Universitas Nasional Australia telah menemukan sebuah eco-friendly udara penyejuk konsep yang bekerja pada energi surya. Desain ini sangat efisien dan memberikan efek pendinginan maksimum ketika Matahari berada pada puncaknya. Ini juga menyediakan air panas yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Udara dikompresi dengan energi termal pendingin semprotan keluar dari pesawat jet, dan panas hilang dalam proses ini sebagai refrigeran menguap.




7. Kota Mengambang


Kita telah membahas rumah-rumah terapung, pada konsep pemikiran serupa untuk meletakkan kota terapung telah dibuat. Kota-kota seperti Sydney, New York, London Jakarta (Maybe) yang harus berinvestasi jumlah besar pada pertahanan banjir berharap untuk menciptakan kota-kota seperti mengambang. Konsep inovatif dan cerdik telah diberikan oleh arsitek Belgia Vincent Callebaut dan diyakini menjadi solusi jangka panjang .Kota laut ini dapat menampung sebanyak 50.000 pengungsi dan bisa menghasilkan listrik dengan menggunakan berbagai sumber terbarukan termasuk angin, gelombang dan matahari panas.

Tautan


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar