Bukan perkara mudah bagi para fresh graduate untuk mencari pekerjaan. Kurangnya pengalaman seringkali membuat peluang mereka untuk diterima bekerja, terutama di perusahaan besar, menjadi tipis. Namun, Anda yang baru lulus dari kuliah dan sedang mencari pekerjaan pertama, tak perlu gundah. Menurut Brandon Labman, pendiri Responsible Outgoing College Students (ROCS), agen layanan pencari kerja untuk kelas entry-level di Northern Virginia, energi dan antusiasme para lulusan baru bisa saja mengalahkan faktor pengalaman.

“Kami merekrut karyawan berdasarkan potensi mereka. Tunjukkan bahwa Anda bergairah dan menginginkan posisi yang Anda incar. Anda tidak perlu mengatakan bahwa Anda sudah berpengalaman 10 tahun, dan punya kemampuan yang hebat. Tunjukkan saja bahwa dalam 10 tahun ke depan Anda akan hebat dalam melakukan pekerjaan tersebut,” katanya. Oleh karena itu, Labman tidak segan membocorkan rahasia untuk memenangkan pekerjaan pertama bagi para lulusan baru.

1. Ajukan pertanyaan
Siapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepada sang pewawancara nanti. Orang yang tidak mempunyai pertanyaan pada akhir wawancara menunjukkan kurangnya antusias terhadap pekerjaan atau perusahaan yang dilamarnya.

2 . Lakukan riset lebih dahulu
Riset dahulu jenis pekerjaan yang Anda inginkan, atau perusahaan mana yang menyediakan jabatan atau posisi yang cocok dengan kita. Setelah kita mendapatkan perusahaan yang kita inginkan, jangan lupa untuk mencari data tentang perusahaan tersebut. Informasi mengenai seluk-beluk perusahaan tersebut berguna agar Anda dapat melontarkan pertanyaan lebih jauh saat sesi wawancara. Banyak informasi yang Anda kumpulkan akan membuat Anda semakin yakin bahwa pekerjaan itulah yang cocok untuk Anda, atau justru sebaliknya.

3. Jangan takut menggunakan cara biasa
Apabila kita sering menggunakan internet, Anda dapat melihat bahwa tidak sedikit para pencari pekerja membuka lowongan pekerjaan. Apabila kita telah mengirimkan CV, jangan takut atau merasa sia-sia apabila kita masih menggunakan cara sederhana untuk menyampaikan ucapan terima kasih kita, baik dengan surat, telepon, atau faksimili. Cara ini dapat menunjukkan bahwa Anda sangat berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Tunjukkan semangat Anda
Tidak peduli berapa banyak perusahaan yang telah Anda datangi, jaga sikap Anda agar selalu semangat dan antusias terhadap masing-masing perusahaan tersebut. Jangan mentang-mentang perusahaan yang merespons berkas lamaran Anda hanya sebuah perusahaan kecil, lantas Anda menunjukkan tampang bosan atau kurang berminat.

5. Jangan terlalu berlebihan
Bersikaplah ambisius terhadap niat Anda untuk melamar pekerjaan, namun jangan terlalu berharap berlebihan bahwa Anda dengan mudah akan mendapatkan pekerjaan itu. Selain itu, tetaplah menjaga mental Anda apabila Anda ternyata tidak diterima. Setelah itu, segera siapkan diri Anda untuk melamar di tempat lain.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. bener banget,yang belum punya pengalaman kerja bisa mengandalkan kemampuannya

     

Posting Komentar