Kalau melihat seorang striker, gelandang dan bek mencetak gol itu sudah biasa. Tapi akan menjadi luar biasa kalau yang mencetak gol itu adalah seorang kiper.

Memang seolah itu tak mungkin. Tapi itu sudah dilakukan oleh kiper Tim Howard baru-baru ini. Kiper asal Amerika Serikat ini mencetak gol spektakuler dari jarak 102 yards saat Everton menghadapi Bolton Wanderers dalam lanjutan Premier League 4 Januari 2012.

Howard melakukan gol itu seperti tidak sengaja. Kiper berusia 32 tahun ini sebenarnya hanya ingin menghalau bola yang datang ke arah kepadanya. Dia langsung menedang dengan keras lewat kaki kanannya.

Di saat bola melambung ke atas ke arah gawang lawan, kiper Bolton Adam Bogdan salah mengambil posisi karena jauh meninggalkan gawangnya. Bola yang sempat memantul ke tanah terlebih dahulu itu akhirnya tidak mampu dihalau oleh Bogdan. Dan, gol spektakuler itu terjadi pada menit 69.

Lihat: video golnya dengan mengklik tautan ini.

Ini adalah gol pertama Howard sebagai seorang kiper. Howard saat ini juga tercatat sebagai kiper keempat yang mampu mencetak gol lewat open playdi sepanjang sejarah Premier League.

Untuk melihat profil lengkap Tim Howard klik di sini.

Tidak hanya Howard yang sukses mencetak gol lewat open play. Ada tiga kiper lainnya seperti Peter Schmeichel, Brad Friedel dan Paul Robinson juga melakukan hal yang sama.

Peter Schmeichel

Siapa yang tidak mengenal Schmeichel. Kiper yang kini usinya sudah 48 tahun ini adalah salah satu kiper tersukses dalam sejarah. Dia juga pernah dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia tahun 1992 dan 1993.

Sama halnya Howard, mantan kiper Manchester United ini juga pernah mencetak gol. Bahkan, sepanjang kariernya sebagai kiper ia sudah mencetak 10 gol dari 643 kali penampilannya. Luar biasa bukan.

Di klub Hvidovre, Schmeichel mencetak 6 gol, di Brondby mencetak 2 gol, di Manchester United mencetak 1 gol, dan terakhir bersama Aston Villa mencetak 1 gol.
Lihat salah satu gol Schmeichel di sini.

Brad Friedel

Kiper berusia 40 tahun ini juga berasal dari Amerika Serikat. Dia mencetak gol saat masih membela Blackburn Rovers. Saat itu timnya menghadapi Charlton.

Friedel mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang. Dengan tenang, Friedel mensontek bola ke gawang Charlton.

Ini adalah gol satu-satunya Friedel sebagai seorang kiper. Pada tahun 2008, Friedel hijrah ke Aston Villa dan kemudian 2011 hijrah lagi ke Tottenham Hotspur hingga sekarang.

Lihat video golnya di sini.

Paul Robinson

Namanya memang tak setenar Tim Howard. Tapi, kiper asal Inggris ini juga pernah mencetak gol yang nyaris sama dengan kiper asal Amerika Serikat tersebut.

Saat itu ia masih memperkuat Tottenham Hotspur. Dia menendang bola dari jarak jauh. Peristiwanya juga mirip dengan gol Howard. Bola yang melambung jauh ke depan gawang salah diantisipati oleh kiper Watford, Ben Foster.

Foster saat itu juga salah posisi karena jauh meninggalkan gawangnya. Bola yang sempat memantul tanah terlebih dahulu itu tidak bisa dijangkau oleh Foster.

Bagi Robinson, ini adalah gol keduanya. Sebelumnya, ia juga pernah mencetak gol saat memperkuat Leeds United.

Lihat video golnya di sini.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar