Selama ini, dalam menjalin hubungan cinta atau Persahabatan kita sering mengalami pasang surut hubungan, yang pada umumnya terjadi karena adanya ketidakpahaman diantara kedua belah pihak akan sifat atau watak pasangannya. Salah satu metode untuk mengenal watak manusia adalah yang disebut dengan Eneagram, yang berasal dari bahasa Yunani ENNEA yang artinya sembilan. Eneagram menggambarkan tipe energi alam yang melambangkan cara orang dalam menentukan pilihan, bertingkah laku, dan sifat-sifat asli atau watak manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ke-9 sifat itu adalah :

1. Perfeksionis.
Orang dengan watak ini cenderung realistis, memiliki suara hati yang peka dan memiliki prinsip yang amat kuat. Umumnya memiliki idealisme yang tinggi.
2. Helper
Tipe ini memiliki kecenderungan orang yang peduli dengan lingkungannya, suka menolong, peka terhadap kebutuhan orang lain, dan amat bersahabat.
3. Achiever
Ciri-ciri tipe achiever adalah penuh semangat, selalu hidup optimis, punya kepercayaan diri yang kuat, dan memiliki visi atau arah yang akan dicapai. Umumnya orang-orang ini adalah motivator bagi orang lain di lingkungannya.
4. Romantis
Penuh pengertian, peka terhadap perasaan dan pergaulan penuh kehangatan adalah ciri-ciri orang romantis.
5. Observer.
memiliki keingintahuan yang tinggi akan ilmu pengetahuan.
6. Questioner
penuh tanggung jawab, setia pada keluarga atau kelompok – biasa kita sebut loyalis, orangnya dapat dipercaya.
7. Adventurer
Penuh semangat, lincah, dan optimis. Punya ambisi untuk menghasilkan sesuatu didunia.
8. Asserter
Suka terus terang, langsung apa adanya, percaya diri yang tinggi.
9. Peacemaker
Baik hati, mudah menerima, suka mendukung dan suka menyatu dengan lingkungan sekitarnya.
Ke-9 sifat ini tidak ada yang negatif, namun apabila seseorang terlalu dominan pada 1 sifat saja, maka yang terjadi adalah benturan sifat dengan sifat lainnya. Hal inilah yang harus kita mengerti ketika berhubungan dengan orang lain, baik itu pasangan kita ataupun sahabat kita.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. betul sekali gan, terkadang lingkungan baru yang belum mengetahui sifat kita sedang kitanya terlalu dominan memiliki salah satu dari sifat diatas, maka akan sedikit sulit untuk beradaptasi.

     
  2. tapi dari keberagaman sifat dan watak itulah, hubungan persahabatan akan semakin indah.. :D

     
  3. bener gan,,tapi kalau liat/ketemu sama orang yang perfeksionis suka gimana juga,segala sesuatunya harus sempurna,tapi terkadang bisa membuat orang gembira :)

     
  4. hem tiap orang memiliki watak masing-masing,kalau aku temasuk yang mana ya??
    kalau nilai diri sendiri itu sulit ya

     
  5. kayaknya saya termasuk yang aserter

     

Posting Komentar