Mulai saat ini berhati-hatilah dalam menggunakan pemanas air dan pemanas ruangan, generator portable, perapian, dan arang yang dibakar di rumah atau ruangan tertutup lainnya di sekikart Anda. Kenapa harus berhati-hati? Seorang artis Adesagi dan Temannya Rendi di temukan tak bernyawa tanpa busana di kamar mandi rumah teman mereka, tepatnya di belakang Gedung Sate Bandung pada tanggal 1 Januari 2012. Menurut informasi, mereka meninggal dikarenakan menghirup gas karbon monoksida.

Apa itu karbon monoksida? Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau. Gas beracun ini berasal dari pembakaran tak sempurna, seperti batu bara, kayu, arang, minyak, minyak tanah, propana, dan gas alam. Bagaimana gas karbon monoksida bisa membunuh manusia? Karena sifat CO tidak berbau dan tak berwarna, sulit mendeteksinya dengan indra manusia. Kita pun masih sulit membedakan korban keracunan gas karena gejalanya mirip flu. Gejala keracunan CO antara lain sakit kepala, kelelahan, sesak napas, mual, pusing. Pada tingkat yang lebih parah, keracunan CO bisa menyebabkan muntah, kegilaan, kehilangan koordinasi otot, sampai mati.

Bagaimana mencegah keracunan gas karbon monoksida atau CO ? Berikut adalah beberapa cara yang bisa diperhatikan :
  1. Pastikan peralatan dipasang dan dioperasikan sesuai dengan instruksi pabrik. Kebanyakan peralatan harus dipasang orang yang profesional. Kalau memiliki pemanas, rajin-rajinlah memeriksa dan servis setiap tahun.
  2. Jangan mengoperasikan generator portabel atau mesin dengan bahan bakar bensin dalam ruang tertutup.
  3. Pasang alarm CO yang memenuhi persyaratan standar keselamatan.
  4. Jangan pernah membakar arang di ruang tertutup. Waspada pembakaran tak sempurna dari kompor gas.
  5. Jangan pernah meninggalkan mobil hidup di garasi meski pintu garasi terbuka.
  6. Buatlah ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara di rumah serta konsultasikan dengan ahli.
Yang paling utama adalah kehati-hatian dan jangan lupa untuk selalu memeriksakan semua peralatan sesuai yang di sebutkan di atas. Consumer Product Safety Commission Amerika Serikat mencatat 170 orang meninggal dunia dalam setahun gara-gara keracunan gas karbon monoksida. Ini menandakan bahwa gas karbon monoksida memang sangat berbahaya.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. yap,,bener gan,,
    CO emang berbahaya,yang penting kita harus selalu waspada dan berhati-hati.

     
  2. ooo, ternyata pemakaian minyak tanah pun kurang baik ya...

     
  3. kita juga punya nih artikel mengenai 'Karbon Monoksida', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/870/1/10407976.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

     

Posting Komentar