Suatu tempat yang disebut makam adalah tempat dimana jasad tubuh dikuburkan. Beberapa orang menganggap makam atau situs penguburan dengan tempat menakutkan yang dipercaya menjadi rumah hantu-hantu berkeliaran. Namun di lain pihak, beberapa orang menganggap makam menjadi suatu tempat yang menarik dan menakjubkan seperti makam-makam dibawah ini.

1. Makam Mausolus – Turki

Makam Halicarnassus

Makam Halicarnassus

Salah satu makam yang paling terkenal yang pernah ada. Makam ini disebut Makam Mausolus karena dibuat pada tahun 353 and 350 sebelum masehi di Halicarnassus (sekarang Bodrum, Turkey) untuk Mausolus, seorang gubernur di kerajaan Persia dan Artemisia II dari Caria. Struktur bangunan dirancang oleh arsitek Yunani Satyrus dan Pythius. Memiliki perkiraan tinggi sampai 45 meter dan disetiap empat sudutnya dibuatkan relief yang masing-masing dibuat oleh pemahat terkenal Yunani – Leochares, Bryaxis, Scopas dari Paros dan Timotheus. Makam Mausoleum berdiri dengan kokoh sampai pada awal abad ke-15 Knight of St John dari Malta menyerang daerah tersebut dan menggunakan batu-batu yang ada di makam mausolus untuk membuat benteng. Teori lain menyebutkan makam ini dihancurkan karena melambangkan kesenian politeisme (pagan).

2. Makam Hadrian – Italia

Makam Hadrian

Makam Hadrian

Makam terkenal yang lain adalah Makam Hadrian yang juga disebut Kastil Santa Angelo. Memiliki bentuk silinder di Roma dan pertama kali diperintahkan dibangun oleh Kaisar Roma Hadrian sebagai makam bagi dirinya dan keluarganya. Bangunan ini kemudian digunakan sebagai benteng dan istana dan sekarang dijadikan museum. Dibangun dipinggir sungai Tiber antara tahun 135 dan 139. Awalnya makam ini didekorasi dengan taman dibagian atas dan dihiasi patung kereta berkuda empat. Abu jasad Hadrian diletakkan di sini setahun setelah dirinya meninggal bersama abu istrinya Sabrina dan anak angkatnya Lucius Aelius. Setelahnya, abu kaisar-kaisar besar Roma diletakkan disini dan tercatat kaisar terakhir yang masuk ke makam ini adalah Caracalla pada tahun 217.

3. Makam Lenin – Rusia

Makam Lenin

Makam Lenin

Sebuah makam yang sangat terkenal dikalangan orang Rusia adalah Makam Lenin yang berdiri kokoh di Lapangan Merah (Red Square), Moskow. Makam ini terkenal karena tubuh Lenin yang diberi lapisan lilin di pertunjukkan ke publik sejak setahun dirinya meninggal di tahun 1924. Rancangan granit Aleksey Schusev di makam ini walaupun kecil namun mengabungkan beberapa elemen yang ada di Piramid dan Makam Sirus yang Agung.

4. Taj Mahal – India

Taj Mahal

Taj Mahal

Tidak dapat dipungkiri, Taj Mahal adalah satu diantara makam yang paling terkenal di seluruh dunia. Makam ini terletak di Agra, India dan dibangun saat kekaisaran Mogul yang dipimpin Shah Jahan untuk mengingat istrinya, Mumtaz Mahal. Ditahun 1983, Taj Mahal menjadi situs warisan dunia UNESCO dan diberi nama “Permata kesenian Muslim Di India dan satu dari karya besar warisan dunia sejagat raya”.

5. Makam Grant

Makam Grant

Makam Grant

Makam yang sangat terkenal di kalangan orang Amerika adalah monumen nasional makam Jendral Grant atau yang lebih dikenal sebagai Makam Grant. Makam ini menyimpan jenasah Ulysses S. Grant (1822-1885), seorang Jendral Perang Sipil Amerika dan Presiden Amerika ke-18 beserta istrinya, Julia Dent Grant (1826-1902). Kompleks pemakaman ini terletak dikawasan Morning Heights Manhattan di New York.

6. St. Peter Basilica – Vatikan

St. Peter Basillica

St. Peter Basillica

Situs pemakaman ini diberinama Santa Peter yang merupakan salah satu rasul Yesus. Berdasarkan tradisi merupakan Uskup pertama dari Antioch dan merupakan cikal bakal Kepausan di Vatikan. Terdapat 100 makam di kompleks St. Peter Basilica yang terletak di gua Vatikan dibawah basilica itu sendiri. Makam ini melingkup 91 paus contohnya St. Ignatius dari Antioch, Kaisar Suci Roman Otto II, komposer Giovanni Pierluigi da Palestrina. Keluarga kerajaan katolik yang diasingkan, James Francis Edward Stuart beserta kedua anaknya, Charles Edward Stuart (beserta istrinya Maria Clementina Sobieska) dan Henry Benedict Stuart dimakamkan disini, saat mendapatkan suaka dari Paus Klement XI. Juga makam dari Ratu Christina dari Swedia, yang meletakkan tahtanya untuk masuk agama Katolik. Yang paling terkini adalah makam Paus John Paul II tanggal 8 April 2005.

7. Makam Raja Sirus Yang Agung – Iran

Makam Raja Sirus Yang Agung

Makam Raja Sirus Yang Agung

Makam kuno ini ditemukan di Pasargadae, sebuah kota kuno Persia dan dipercaya sebagai makam salah satu raja besar di Persia, Raja Sirus Yang Agung. Sekarang, situs arkeologi ini menjadi salah satu dari lima situs warisan dunia UNESCO di Iran. Berdasarkan Elamite dari Persepolis sebuah prasasti dibenteng memperkirakan nama bangunan ini adalah Batrakata.

8. Piramida Giza – Mesir

Piramid Giza

Piramid Giza

Piramid agung Giza adalah satu dari 7 keajaiban dunia kuno yang masih ada. Piramida ini juga disebut Piramid Khufu dan Piramid dari Cheops. Makam ini memiliki kepopuleran dan hubungan sejarah dengan tiga piramid terbesar dan tertua di Giza Necropolis. Bangunan ini dipercaya dibangun saat Pharaoh ke-4 Mesir Egyptian selama dua puluh tahun kira-kira 2560 sebelum masehi.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Poskan Komentar