Tidur tidak perlu lama, yang penting berkualitas. Begitu nasihat ahli konsultasi tentang tidur dari Inggris, Dr Nerina Ramlakan. Menurut dia, tidur cerdas sangat penting untuk menyegarkan tubuh. Ramlakhan pun berbagi tips untuk memudahkan tidur cerdas. Beberapa hal yang dinilainya sangat penting diperhatikan untuk bisa tidur dengan cerdas adalah sebagai berikut.

Diet

Sebaiknya tidak makan menjelang tidur malam. Kata dia, lebih baik mengutamakan sarapan pagi dibanding makan di malam hari. Makan pada kondisi yang tepat akan membantu tubuh untuk menciptakan metabolisme yang sempurna. Yang harus dipastikan menjelang tidur adalah kondisi tubuh cukup mendapatkan suplai makanan, dan tidak berlebihan.

Durasi

Untuk bisa menyegarkan tubuh, tidur tidak harus lama. Mantan perdana menteri Inggris, Margaret Thatcher, juga mantan presiden RI, BJ Habibie, konon hanya memerlukan waktu empat jam untuk memejamkan mata dalam sehari semalam. Namun demikian, Ramlakhan, menyatakan bahwa kebutuhan masing-masing orang bisa jadi berbeda. Orang yang secara fisik bekerja lebih keras, boleh jadi memerlukan waktu tidur lebih lama. Yang penting masing-masing orang bisa mengukur kebutuhan waktu tidur sesuai kondisi fisiknya, dan tidak berlebihan.

Pejam Sekejap

Memanfaatkan sedikit waktu di siang hari untuk bisa istirahat sejenak, dinilainya, juga akan membantu menyegarkan tubuh. Lelap sejenak di siang hari akan membantu menetralkan kondisi tubuh. Winston Churchill, mantan perdana menteri Inggris, termasuk tokoh yang senang lelap sebentar di siang hari.



Mimpi

Mimpi dalam tibur juga tidak boleh diabaikan untuk tidur cerdas. Mimpi bisa jadi merupakan pancaran memori yang tersimpan dalam otak. "Saya menyarankan semua orang agar memperhatikan mimpi seperti memperhatikan teman sendiri," kata Ramlakhan. Menurut dia, mimpi juga bisa menjadi cermin dari persoalan hidup yang dihadapi seseorang. Dengan mengingat mimpi, orang bisa mendapat alat bantu untuk memecahkan masalahnya.

Lokasi

Tempat untuk tidur juga menjadi faktor yang menentukan. Orang yang tidur dengan tidak sengaja di sembarang tempat akan sulit mendapatkan kesegaran saat bangun. Mereka yang bisa dengan sengaja memilih tempat yang nyaman untuk tidur, akan lebih cerah kondisi fisiknya saat terbangun.

Gerak Badan



Menggerakkan badan atau olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Olahraga akan melancarkan peredaran darah, dan menambah semangat untuk beraktivitas. "Selain itu, olahraga juga membantu menormalkan produksi hormon yang bisa membantu kenyamanan saat tidur," ujar dia.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



  1. ooo, seperti itu ya. tapi rasanya sulit bagi saya untuk memejamkan mata sekejap pada waktu siang hari, meskipun rasa kantuk itu datang.

     

Posting Komentar