Mengapa kita perlu minum air putih 8 gelas sehari? Ya..tentu saja supaya tidak dehidrasi, tapi selain itu ternyata air putih mempunyai manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Kalau kita ingat pelajaran Biologi yang kita pernah pelajari di SMU dulu, bahwa sebagian besar tubuh kita atau sekitar 80% tubuh kita terdiri dari air, bahkan ada 2 bagian tubuh kita yang mempunyai kadar air lebih dari 80% dan ini merupakan bagian tubuh yang penting untuk hidup kita, yaitu otak sebanyak 90% sedangkan darah 95%.

Karena sebegitu pentingnya tubuh manusia memerlukan banyak air, maka kita diwajibkan untuk mengkonsumsi air minimal 2 liter atau setara 8 gelas perhari, untuk perokok jumlah itu ditambah setengahnya. Bayangkan apabila kita kurang memberikan asupan air pada tubuh kita, jawabannya adalah tubuh akan menyeimbangkan diri dengan “mengambil” komponen air dalam bagian tubuh yang terdekat, yaitu darah.

Ketika air didalam darah diambil oleh komponen tubuh yang lain, otomatis kebutuhan darah akan air berkurang dan ini yang mengakibatkan darah menjadi kental, dan peredaran darah didalam tubuh akan kurang lancar. Apakah berbaya?dipastikan jawabannya iya.. pada proses ini, ginjal akan sangat menderita, karena dalam menjalankan tugasnya menyaring racun dari darah, ia akan mengalami kesulitan saat harus menyaring darah yang kental. Tak jarang darah ini akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Sel-sel otak adalah organ yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen Nah saat darah mengalir lewat otak, perjalanannya pun juga tak lancar sama saat ia melewati ginjal. Akibatnya otak tidak lagi “encer” .. kebayang kan apa yang dimaksud otak tidak encer?, dan bila anda juga mengidap penyakit jantung, maka sempurnalah penderitaan anda dengan adanya serangan stroke. Berikut 8 manfaat air putih bagi tubuh dan kesehatan :

1. Memperlancar Sistem Percenaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari, akan memperlancar system pencernaan, sehingga kita terhindar dari masalah pencernaan, seperti maag dan sembelit, dan untuk pembakaran kalori akan berjalan efisien.

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

Kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

4. Untuk Kesuburan

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

5. Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan, dll. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai obat stroke

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

7. Menguruskan badan

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

8. Tubuh lebih bugar

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Kita sebagai manusia pasti mempunyai aktivitas yang berbeda-beda, semakin banyak aktivitas yang anda lakukan, semakin banyak pula kebutuhan tubuh anda. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus.

Sedangkan untuk anda yang lebih banyak beraktivitas didalam ruangan ber AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak, karena udara yang dingin membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. Selain itu juga dapat membantu kelembapan kulit.



BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA DIBAWAH INI :



Posting Komentar